Strategi Perluasan Pasar Pada Penjualan Ikan Asin Di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Penjualan Ikan Asin Di Desa Torosiaje Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo)

Sri Mulyani Wakiden, Ramlan Amir Isa, Andi Juanna

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis strategi perluasan pasar pada penjualan ikan asin di tengah pandemi covid-19 studi kasus pada penjualan ikan asin di Desa Torosiaje Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo. Data-data yang dibutuhkan atau digunakan dalam penelitian ini adalah data-data tentang strategi perluasan pasar dalam penjualan ikan asin pada masa pandemi covid-19 yang didapatkan dari wawancara dengan pemilik usaha rumahan ikan asin di Desa Torosiaje. Dan data tentang faktor penentu dalam penjualan ikan asin pada masa pandemi covid-19 yang didapatkan dari wawancara dengan pemilik usaha rumahan ikan asin di Desa Torosiaje. Pengambilan sampel yang dilakukan peneliti yaitu dengan non-probability sampling, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data bersifat kualitatif, prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dalam hal ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akibat pandemi covid-19 sebagian besar pelaku usaha ikan asin di Desa Torosiaje untuk sementara tidak beroperasi, hanya ada satu pelaku usaha yang bertahan yaitu Rita Apunye. Dan strategi perluasan pasar dalam masa pandemi covid-19 yang dilakukan adalah tambah produk, tingkatkan volume penjualan pada pelanggan yang sudah ada, serta lebarkan pasar kedaerah baru.

Keywords


Perluasan Pasar; Penjualan Ikan Asin; Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Adawyah, Robiatul. 2014. Pegolahan dan Pengawetan Ikan. Jakarta: Sinar Grafika Offset

Alyani, Noshratina. 2019. Pengaruh Kemasan (Packaging) Terhadap Minat Beli Konsumen Tahun 2017-2018 Home Industry Cutecake Jl. Nyai Enat Palangka Raya. Jurusan Ekonomi Dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syari’ah. Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya.

Andayani, Indah dkk. 2021. Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa Pandemi Covid-19.

Arikunto, S. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta. Aviliani

Assauri, Sofjan. 2014. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Asy’ari, R. Oktavia. 2020. Pengertian Covid-19 Dan Bentuk Partisipasi Dalam Memeranginya, Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Bungin, Burhan. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Depok : PT Raja Grafindo

Christian Michael et al, 2021. Business Performance Determinants of Salted Fish Distribution in Kapuk During the COVID-19

FAO - UN Rome, 2021. Impact of COVID-19 on fishery and aquaculture food systems Possible responses

Hadiwardoyo, Wibowo. 2020. Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19. BASKARA: Journal of Business and Entrepreneurship.

Hafizah, Nurul. 2020. Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Kepuasan Pedagang Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pasar Bambu Kuning Bandar Lampung). Universitas Islam Negeri Raden Intan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam . Bandar Lampung.

Harman, Malau. 2017. Manajememn Pemasaran. CV Alfabeta. Bandung. Malayu.

Hasanah, N.U. 2021. Strategi Pemasaran Pada Pedagang Pakaian Selama Pandemi Covid-19 Di Pasar Rakyat Rengat Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Indrastuti, Nindya Atika ., Wulandari, Nur., Palupi, Nurheni Sri. 2019. Profil Pengolahan Ikan Asin di Wilayah Pengolahan Hasil Perikanan Tradisional (PHPT) Muara Angke. Masyarakat Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia 218. Jphpi 2019, Volume 22 Nomor 2

Indrawati, Mei., Utari, Woro., Prasetyo, Indra., Rusdiyanto., dan Kalbuana, Nawang., 2021. Household Business Strategy During The Covid 19 Pandemic. Journal of Management Information and Decision Sciences Volume 24, Special Issue 1, 2021

Irawan, Rudi. 2019. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Keterampilan Wirausaha Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Umkm Kuliner Jalan Halat Medan. Medan : Universitas Sumatera Usaha

J. Winardi, 2015. Manajemen Perubahan : (The Management Of Change) Edisi Pertama, Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

KBBI-Online. 2021. Kamus Besar Bahasa Indonesia. [Online]. http:// bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php. Terakhir dimutakhirkan April 2021, diakses 10 September 2021.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kusuma, Stella dan Sujana. 2014. Pengaruh Strategi Pengembangan Produk dan Perluasan Pasar Terhadap Peningkatan Market Share. Marketing Research View Project.

Lestari, R. Putri, 2019. Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Kepuasan Pedagang (Studi Kasus Pasar Baru Stabat). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Lesri, E.J. 2021. Strategi Pedagang Ikan Asin Dalam Menjaga Komunikasi Yang Baik Kepada Konsumen Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Kelurahan Malabro Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu Bengkulu.

Manap, Abdul. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama, Mitra Wacana Media, Jakarta.

Margie, Yulianto, Triputra dan Darmansyah. 2020. Pengantar Bisnis. Pamulang : UNPAM PRESS

Maryani,Sili., dkk. 2021. Strategi Pemasaran Pedagang Ikan Asin pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Kelurahan Malabro Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu). Journal of Indonesian Management, Vol. 1 No. 3 September 2021 page: 310-315

Moleong, L.J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mooduto, Nelcy. 2020. Manajemen UMKM Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. UPBJJ Gorontalo UT.

Muarif, Samsul. 2020. Strategi Usaha Home Industry Ikan Asin Dalam Peningkatan Ekonomi Keluarga Masyarakat Desa Sungai Bakau. Palangka Raya : Institut Agama Islam Negeri.

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta Selatan : Referensi (GP Press Group).

Naiu, Asri Silvana., Koniyo,Y., Nursinar, S., Kasim, F. 2018. Penanganan dan Pengolahan Hasil Perikanan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Negeri Gorontalo.

Nastain, Muhamad. 2017. Branding Dan Eksistensi Produk (Kajian Teoritik Konsep Branding Dan Tantangan Eksistensi Produk). Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Channel Vol. 5, Nomor 1, April 2017, halaman 14-26.

Nasution, M. Amri. 2019. Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Alat Kesehatan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. Dyza Sejahtera Medan. Jurnal Warta Edisi : 59 Januari 2019| ISSN : 1829-7463.

Nazarudin. 2020. Manajemen Strategik. Palembang : Noerfikri Offset.

Noviyanto. 2021. Strategi Memperluas Pangsa Pasar. https://koinworks.com/blog/ strategi-memperluas-pangsa-pasar, (diakses 01 Desember 2021).

Palar, Pangemanan dan Tangkere. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Cabai Rawit Di Kota Manado. Agri-Sosioekonomi – Volume 12 Nomor 2, Mei 2016 : 105 - 120

Panjaitan, Riniyanti., Hendrik dan Darwis. 2016. Analisis Produksi Dan Distribusi Usaha Pengolahan Ikan Asin Gulamah (Pseudocienna Amovensis) Di Kelurahan Belawan Bahari Kecamatan Medan Belawan Kota Medan Provinsi Sumatera Utara.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 112 Tahun 2007 tentang Pembangunan, Penataan Dan Pembinaan Pasar Tradisional

Pianti, Neni. 2017. Bauran Pemasaran dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Volume Penjualan (Studi pada PT. Citra Pangan Sejahtera Kecamatan Bone-Bone). Fakultas Ekonomi dan Bisnis. IAIN Palopo.

Priansa, D. Junni. 2017. Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung : Alfabeta

Putri, T.R.B. 2017. Manajemen Pemasaran. Bali : Universitas Udayana

Rahardjo, Mudjia. 2017. Mengenal studi etnografi : Sebuah Pengantar. Disampaikan pada mata kuliah Metodologi Penelitian, Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Rahmawati. 2016. Manajemen Pemasaran. Samarinda : Mulawarman University Press.

Ram Avtar et al, 2021. Impact of COVID-19 Lockdown on the Fisheries Sector: A Case Study from Three Harbors in Western India

Reswita. 2014. Kelayakan Usaha Pengolahan Ikan Asin Di Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu. AGRISEP 14 No. 2 September 2014 Hal: 247 - 255 ISSN: 1412-8837

Ridwan dan Desi. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mebel Pada Collection Furniture di Pondok Bambu. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajeen Universitas Islam As-Syafiiyah, Jakarta.

Rukmana, R.H. 2019. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada Apotek Citra Sehat Di Samarinda. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda.

Sari, Yulianti dan Lamsah. 2019. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Tanaka PT . Sumber Digital Media Banjarmasin Elektronik. Artikel Ilmiah. Fakultas Ekonomi Program Studi Manjemen Universitas Islam Kalimantan M A B Banjarmasin

Satriyani. 2021. Peran Modal Usaha, Strategi Pemasaran Dan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Keberhasilan Usaha Online Mahabbah Syar’i Menurut Perspektif Ekonomi Syariah. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin

Simamora, Henry. 2013. Paduan Perilaku Konsumen, Jakarta: Gramedia.

Sinaga, Y. Yasyah., 2021. Strategi Pedagang Ikan Kering Melalui Media Sosial Dimasa Pandemi Covid 19 Dalam Mempertahankan Hidup di Desa Tualang Barat Kabupaten Siak. Jurnal Dakwatul Islam Vol.6, No.1, Desember 2021

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif R & D. Bandung : Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2014. Dasar-dasar Manajemem Pemasaran : Konsep, Strategi dan Kasus. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Tisnawati dan Kurniawan. 2019. Pengantar Manajemen. Jakarta : Kenaran Prenada Media

Wijaya, Mochammad . S. 2018. Pengaruh Selera Konsumen, Permintaan Barang, Distribusi, Dan Risiko Perjalanan Terhadap Harga Cabai Dipasar Induk Jakabaring Palembang. Palembang : UIN Raden Fatah

Yulianti, Farida., Lamsah., dan Feriyadi. 2019. Manajemen Pemasaran. Sleman : Penerbit Deepublish.

Yunus, Rasid., dkk. 2020. Membangun Karakter Bangsa Suku Bajo Dalam Perspektif Identitas Etnik (Studi Kasus di Desa Torosiaje Kabupaten Pohuwato). Program Studi PPKN, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Ssosial. Universitas Negeri Gorontalo




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i2.16534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo