Identifikasi Resiko Kerja Menggunakan Metode HIRARC Pada UMKM Pabrik Tahu Mokar Jaya Di Desa Tilango

Valentina Monoarfa, Ridwan Nur Bahri Miolo

Abstract


Penelitian ini membahas tentang penerapan Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dalam aktivitas proses pembuatan tahu pada pabrik tahu mokar jaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bahaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3), mengetahui risiko potensi bahaya serta pengendalian risiko pada tenaga kerja pabrik dengan menggunakan metode HIRARC (Hazard Identification Risk Assesment and Risk Control). Hasil penilaian resiko dari 14 bahaya dari 10 proses kegiatan produksi tahu yang di klarifikasikan resiki rendah 57%, sedang 36%, tinggi 43%, extrim 0%. Risiko rendah merupakan prioritas pengendalian diri dari resiko tertinggi karena tidak ditemukan resiko dengan kategori ekstrim. Hasil pengendalian resiko disarankan pada setiap kegiatan wajib memakai APD (Alat Pelindung Diri) dan merubah posisi tubuh agar tidak terjadi resiko ergonomi.

Keywords


Resiko Kerja; Kesehatan Keselamatan Kerja (K3); Metode HIRARC

Full Text:

PDF

References


Indrayani, Rina., dkk., 2021.Identifikasi Resiko kerja Menggunakan Metode HIRARC Pada UMKM Tahu Di Bandung. Jurnal Ilmiah Nasional Bidang Ilmu Teknik.Vol.09 No.01.

Ramadhan, Fazri., 2017. Analisis Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Menggunakan metode Hazard Identifacition Risk Assesment and Risk Control (HIRARC). Jurnal Seminar Nasional Riset Terapan. Vol.02, No.01.

Safi’i, Imam,. dkk., 2020. Analisis Resiko pada UMKM Tahu Takwa Kediri terhadap Dampak Pandemi COVID-19. Jurnal Rekayasa Sistem Industri. Vol. 09,. No .02.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i2.16546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo