Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Atribut Produk Terhadap Loyalitas Di Hoky Mart Bima

Eby Hidayat, Irma Mardian

Abstract


Atribut produk adalah unsur-unsur produk yang dianggap penting oleh konsumen yang dijadikan dasar pengambilan keputusan pembelian, selain itu kualitas pelayanan yang baik dapat menarik konsumen untuk melakukan pembelian. Karena atribut produk dan kualitas pelayanan dapat merubah persepsi konsumen terhadap produk yang ditawarkan sehingga dapat memudahkan konsumen dalam mengambil keputusan. Atas dasar itulah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan atribut produk terhadap loyalitas konsumen, baik secara parsial maupun secara simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif dengan dengan pendekatan kuantitatif.  Sampel pada penelitian ini sebanyak 96 orang responden. Teknik pengumpulan data yaitu dengan kuesioner. Pengujian instrumen data dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan analisis datanya adalah analisis regresi berganda, koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F dengan pengolahan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk kualitas pelayanan berada dalam cukup baik, atribut produk berada dalam kategori sangat baik dan untuk loyalitas konsumen berada dalam kategori sedang. Hasil uji parsial kualitas pelayanan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen. Atribut produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Hasil uji simultan kualitas pelayanan dan atribut produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Hoky Mart Kota Bima.

Keywords


Kualitas Pelayanan; Atribut Produk; Loyalitas

Full Text:

PDF

References


Abubakar, Rusydi. 2017. Manajemen Pemasaran. Sayed Mahdi, ALFABETA, Bandung.

Aditya Taufan P.A, 2014. Analisis Pengaruh Atribut Produk Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada Tabungan BritAma BRI Kantor Cabang Pattimura Semarang). Jurnal Studi Manajemen & Organisasi Vo. 11 No. 23

Anoraga, Pandji. 2014. Manajemen Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.

Ananda. 2016. Pengaruh Atribut Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Susu. Jurnal Bisnis Vo. 3 No. 2.

Aryani, Dwi dan Rosinta, Febrina. 2010. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. Volume 17, Nomor 2 hlm. 114-126.

Evans, Joel R, Laskin, Richard L. 2015. The Relationship Marketing Process: A Conceptualization and Application, Industrial Marketing Management, Vol. 23.

Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Haryeni., Yofina Mulyati, dan Laoli, EF. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan Nasabah dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Tabungan Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK Kantor Cabang Khatib Sulaiman. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 19, No. 2.

Husein, Umar. 2014. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Kolonio, Jeremia & Djurwati Soepeno, 2019. Pengaruh Service Quality, Trust dan Consumer Satisfaction terhadap Consumer Loyalty pada CV Sarana Marine Fiberglass. Jurnal EMBA Vol. 7, No. 1

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. 2013., Manajemen Pemasaran. Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016: Marketing Management, 15 th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat.

Pipih Sopiyan, 2018. Pengaruh Atribut Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Panineungan Maja Kabupaten Majalengka. Jurnal Ilmiah Manajemen & Akuntansi. Vol. 5 No. 2.

Robby. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Padang Tour Wisata Pulau Padang. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi. Vol. 6, No. 2.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet

Susi Evanita & Okki Trinanda 2017. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Minat Beli Makanan Ringan Tradisional Pada Remaja Di PerKotaan Sumatera Barat. Economac, Vol 1 Issue 2.

Starini, Hygid. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumendengan Kepuasan sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Toko Basuki JayaYogyakarta). Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Tri Palupi Robustin, 2018. Pengaruh Atribut Produk Dan Kualitas Pelayanan Dalam Menciptakan Kepuasan Pelanggan Produk Sophie Paris Di Kecamatan Kaliwates Jember. Jurnal Global, Vol. 2 No. 2

Uswatun Hasanah. 2012. Pengaruh Keragaman Menu, Harga dan Kualitias Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening pada Waroeng “SS”. Artikel Jurnal Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.

Wijayanto dan Iriani, 2013. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 1 Nomor 3

Zeithaml, V.A., M.J. Bitner, D.D. Gremler. 2013. Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm 6 thed. Mc.Graw-Hill. Boston.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i2.16548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo