Analisis Sistem Akuntansi Piutang Anggota Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Wiyowa

Sitti Ta’mirullah A. Popalo, Rio Monoarfa, Mahdalena Mahdalena

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Sistem Akuntansi Piutang Anggota Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Wiyowa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang menggambarkan sistem akuntansi piutang anggota pada KPRI Wiyowa. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari observasi dan wawancara secara langsung dengan Pengurus dan Staf KPRI Wiyowa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahapan analisis data kualitatif, yakni kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem akuntansi piutang pada KPRI Wiyowa sudah menerapkan sistem akuntansi. Namun pada pelaksanaan prosedur sistem akuntansi piutang, KPRI Wiyowa belum sepenuhnya mengoptimalkan ketentuan yang ada pada prosedur tersebut, diantaranya pembagian tugas dan fungsi yang masih terdapat perangkapan fungsi oleh manajer di bagian otoriasi dan bagian akuntansi, kemudian catatan yang digunakan belum menerapkan buku kas harian, selain itu kurangnya penegasan terhadap verifikasi dan otorisasi pemberian pinjaman, selain itu penggunaan dokumen dan catatan sebagian besar masih manual. Sehingga untuk mengoptimalkan ketentuan tersebut dan memenuhi kebutuhan internal maupun eksternal KPRI Wiyowa, maka diperlukan rancangan sistem akuntansi piutang sebagai alternatif untuk lebih mengoptimalkan sistem akuntansi piutang.

Keywords


Sistem Akuntansi Piutang; Koperasi

Full Text:

PDF

References


Andrayanti, Iin. Analysis of Internal Control of the Accounts Receivable System at Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia (STIAMI). Technium Social Sciences Journal, vol. 18, 2021, pp. 395-403.

Jatiningsih, C. K. (2020). Analisis Perlakuan Akuntansi Atas Piutang Usaha Pada Koperasi Simpan Pinjam Karya Jasa. Palembang: Politeknik PalComTech.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Muhammad, S., & Kiki, F. (2020). Analisis Pengendalian Piutang Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Karya Dharma Kabupaten Tolitoli Analysis. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2(1), 33–42.

Mulyadi. 2016. Sistem Akuntansi. Edisi Keempat. Jakarta: Salemba Empat.

Naibaho, E., Supitriyani, S., Manurung, S., & Ervina, N. (2019). Pengendalian Intern Piutang Untuk Meminimalkan Piutang Tak Tertagih Kp-Ri Jaya Dinas P Dan K Kabupaten Simalungun. Financial: Jurnal Akuntansi, 5(2), 11–21.

Renaldo, N., Sudarno, S., & Hutahuruk, M. B. (2020). Internal Control System Analysis on Accounts Receivable in Sp Corporation. The Accounting Journal of Binaniaga, 5(2), 73.

Republik Indonesia. 1992. Undang-Undang No 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian. Jakarta: Sekretariat Negara.

Republik Indonesia. 2012. Undang- Undang No 17 Tahun 2012 tentang Koperasi. Jakarta: Sekretariat Negara.

Rudianto. 2018. Akuntansi Intermediate IFRS. Jakarta: Erlangga

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, W. J. (2020). Penerapan Sistim Akuntansi Piutang Dalam Meningkatkan Penerimaan Kas Pada Cu. Bina Kasih Pematangsiantar. Jurnal Ilmiah AccUsi, 2(1), 16–27.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i2.16549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo