Pengaruh Strategi Diferensiasi Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian

Apniati Kiraman, Zainal Abidin Umar, Andi Juanna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahhui apakah strategi diferensiasi produk dan persepsi harga berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian dabu-dabu roa “Om Pulu”. Penelitian ini melibatkan 96 orang responden, dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan metode survey dengan kuesioner sebagai instrument pengumpulan data. Data diuji dan analisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi diferensiasi produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian dabu-dabu roa “om pulu”. Dimana dapat disimpulkan bahwa konsumen melakukan keputusan pembelian produk dabu-dabu roa “Om Pulu” ini berdasarkan manfaat yang mereka dapatkan baik dari segi bentuk, keistimewaan, kualitas dan juga daya tahan dari produk tersebut. Persepsi harga juga terbukti berpengaruh terhadap keputusan pembelian dabu-dabu roa “Om Pulu” hal ini dikarenakan bukan hanya dari segi rasa maupun kualitas yang baik namun juga harga yang sangat terjangkau bagi konsumen. Strategi diferensiasi produk dan persepsi harga mampu mempengaruhi keputusan pembelian dabu-dabu roa “Om Pulu”, yang berarti variabel strategi diferensiasi produk mampu memberikan dukungan jika dikombinasikan dengan harga. Dari kesimpulan tersebut, peneliti merekomendasikan untuk tetap mempertahankan serta meningkatkan strategi diferensiasi produk serta harga agar dapat memenangkan persaingan.

Keywords


Diferensiasi Produk; Persepsi Harga; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Abarca, Roberto Maldonado. 2021. “済無No Title No Title No Title.” Nuevos sistemas de comunicación e información: 2013–15.

Ayu Erica. 2013. “Pengaruh Kualitas Poduk Dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Teh Botol Sosro Pada Swalayan Mitra Kauma Sumoroto Porogo.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.

Brama Kumbara, Vicky. 2021. “Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse.” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan 2(5): 604–30.

Dicky Fahriansyah Rasyid, Idris Yanto Niode, Ramlan Amir Isa. (2021). Pengaruh Strategi Difrensiasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen. JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS, Vol.2 (1).

Diferensiasi, Strategi, Produk Line, and Untuk Menarik. 2020. “JBEE : Journal Business Economics and Entrepreneurship.” 2(2).

Hanaysha Rajel Jala (2017). Examination of the factors affecting consumer’s purchase decision in the Malaysian retail market. PSU Research Review, vol.2 (1). Halaman 7-23.

Keputusan, Terhadap et al. 2018. “Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Di Gallery Smartfren Jalan Pulau Kawe No.03 Denpasar. Penelitian Ini Dilatar Belakangi Dengan Adanya Peningkatan Pen.” : 31–42.

Kevin Marcelino. 2020. “Pengaruh Citra Merek, Faktor Emosional Pelanggan, Dan Nilai Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Coffee Shop Kopi Wolu G-Walk Di Surabaya.” Bab Ii Kajian Pustaka 2.1 (2004): 6–25.

Konsumen, Pembelian. 2021. “Jurnal Ekobistek.” 10(2): 1–4.

Kotler. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1, Edisi Kedua Belas, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & K.L. Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1. (Terjemahan Bob Sabran). Cetakan Ketigabelas. Jakarta: Erlangga. (Edisi asli diterbitkan tahun 2009 oleh Pearson Education Inc. New Jersey Upper Saddle River).

Maesaroh, Ani. 2020. “Guna Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada Batik Pringmas, Desa Papringan, Banyumas).”: 24–33.

Mark Brian, rizan Machmud, Andi Juanna. (2020). Pengaruh Retailing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Gerai Indomaret Kota Gorontalo. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, vol 3 (2).

No, Vol, Case Study, O N Toyota, and Agung Harapan. 2019. “Procuration: Jurnal Ilmiah Manajemen.” 7(3): 286–96.

Nurmi, N. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kacang Telor Ayam Pada PT. Cahaya Anugrah Sentosa Di Kota Makasar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Pamungkas, Binar Dwiyanto, and Nurul Astuti. 2019. “Analisis Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi Konsumen Tupperware Di Kelurahan Bugis Kecamatan Sumbawa ).” 16(1): 91–101.

Pradana, and Rahfsan. 2018. “Pengaruh Promosi, Persepsi Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Xenia Pada Asco Daihatsu Di Kabupaten Jember.” Jounlan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya 53(9): 1689–99.

Smith DKK. (2016). Product Differentiation And Market Segmentation As Alternative Marketing Strategies. The Journal Of Marketing, vol.21 (1). Halaman 3-8.

Strategi, Pengaruh et al. 2020. Pengaruh Strategi Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Ayam o’chicken Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah.

Sugiyono. 2013. “Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D (Bandung:Alfabeta, 2013), Hlm 6. 54.” : 54–71.

Sugiyono. (2018). Cara Mudah Menyusun : Skripsi, Tesis, Dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taan, H. (2017). Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Karawo Di Kota Gorontalo. Jurnal Bisnis & Kewirausahaan, halaman 150.

Wiastuti, Rachel Dyah, and Sarrah Kimberlee. 2018. “Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Di Simetri Coffee Roaster Puri, Jakarta.” Jurnal Pariwisata 5(2): 133–46.

Wibisono, Ekky Suti. 2019. 53 Journal of Chemical Information and Modeling Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen UD. Rizky Barokah Di Balongbendo.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i2.16553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo