Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Samsat Kabupaten Gorontalo

Windiyani Ishak, Hais Dama, Lisda L. Asi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan publik pada kantor Samsat Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui kuisioner yang disebarkan kepada 24 responden yang menjadi sampel. Data dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara statistik memenuhi kriteria hipotesisnya dimana H0 ditolak dan Ha diterima atau budaya organisasi memiliki pengaruh positif terhadap kualitas pelayanan publik. Untuk pengaruh budaya organisasi (X) adalah sebesar 0,00 < 0,05 dan thitung 4,377 > ttabel 2,073. Yang apabila nilai keduanya dibandingkan maka thitung lebih besar dari ttabel, yang menjelaskan budaya organisasi memiliki pengaruh terhadap kualitas pelayanan publik pada kantor Samsat Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa jika semakin baik budaya organisasi maka akan semakin baik tingkat kualitas pelayanan publik. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai R square 0,465 atau 46,5% dapat menentukan besaran pengaruh yang diberikan oleh budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan publik, 53,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti kinerja, efektivitas kerja, akuntabilitas dan transparansi.

Keywords


Budaya Organisasi; Kualitas Pelayanan Publik

Full Text:

PDF

References


A.Yuli Yuniarti , Ihyani Malik, Nuriyanti Mustari. 2021. “Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Surat Tanda Nomor Kendaraan Di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kabupaten Soppeng.” Unismush.Ac.Id.

Agustina, E. (2019). Pelaksanaan Pelayanan Publik Berkualitas Bagi Masyarakat. Jurnal Literasi Hukum, 3(2), 10.

Ansari Paujan, Herman Murdiansyah, Fibriyanita Fika. 2019. “Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Marahaban Kota.” Concept And Communication (23):301–16. Doi: 10.15797/Concom.2019..23.009.

Ansari, P. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Marabahan Kota (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Kalimantan Mab).

Arikunto, Suharsimi.2003. Manajemen Penelitian, Edisi Revisi.Jakarta: Rineka Cipta

Dahlan, And Hermanu Iriawan. 2018. “Pengaruh Manajemen Sdm Dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Kantor Kecamatan Tamalate Kota Makassar.” Jakpp: Jurnal Analisis Kebijakan Dan Pelayanan Publik 4(2):113–22.

Gantsho, Yonela, And Nita Sukdeo. 2018. “Impact Of Organizational Culture On Service Quality.” Proceedings Of The International Conference On Industrial Engineering And Operations Management 2018(Jul):1659–67.

Hadian, D. 2017. “The Relationship Organizational Culture And Organizational Commitment On Public Service Quality; Perspective Local Government In Bandung, Indonesia.” International Review Of Management And Marketing 7 Number 1(1):230–37.

Hardiyansyah, H. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator Dan Implementasinya. Gava Media.

Hery Winoto Tj. 2020. “The Impact Of Organizational Culture On Public Service Employee Success In Bandung City.” Endless : International Journal Of Future Studies 3(1):48–54. Doi: 10.54783/Endless.V3i1.31.

Indriyani, I. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kecamatan Kalijati Kabupaten Subang.

Isabella, C. T. P., & Susilowati, T. (2020). Hubungan Antara Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda.

Kuswati, Yeti. 2020. “The Influence Of Organizational Culture On Employee Performance.” Budapest International Research And Critics Institute (Birci-Journal) : Humanities And Social Sciences 3(1):296–302. Doi: 10.33258/Birci.V3i1.761.

Nalendra, A. R. A., Waty, S., & Suhaila, A. (2018). Implementasi Kebijakan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(1), 141-148.

Pathony, T., & Yuhana, K. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kecamatan Kalijati Kabupaten Subang. The World Of Public Administration Journal.

Sholahudin, Ade, Adi Setiawan, And Muhamad Alwi. 2019. “The Influence Of Organizational Culture On Organizational Commitment And Its Implications On The Performance Of City Public Service.” 306(Isseh 2018):206–8. Doi: 10.2991/Isseh-18.2019.48.

Singarimbun, Masri & Sifian Efendi, 2006. Metode Penelitian Survey. Jakarta : Lpes

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi, Bandung :Alfabeta

Sutrisno, H. E. (2019). Budaya Organisasi. Prenada Media.

Tika, Pabundu. 2006. Budaya Organisasi Dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta : Pt. Bumi Aksara.

Wahyudinata, I., Indrianto, D. S., Hidayati, D. A., Astuti, R. F., & Daswara, Y. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Mutu Pelayanan Program Pembangunan Di Bappppeda Kabupaten Sumedang. Journal Of Regional Public Administration (Jrpa), 5(2), 11-23.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i2.16554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo