Pengaruh Kepercayaan Dan Harga Terhadap Minat Beli Fashion Secara Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo)

Siti Chairunnisa, Andi Juanna, Yulinda L. Ismail

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar 1) kepercayaan konsumen berpengaruh terhadap minat beli fashion pakaian secara online pada mahasiswa jurusan manajemen, 2) harga berpengaruh terhadap minat beli fashion pakaian secara online pada mahasiswa jurusan manajemen, 3) harga dan kepercayaan berpengaruh terhadap minat beli fashion pakaian secara online pada mahasiswa jurusan manajemen. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin yaitu sebanyak 66 responden. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan populasi mahasiswa jurusan manajemen angkatan 2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Alat uji analisis yang digunakan dalam menguji penelitian ini yaitu uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji t (parsial) 1) kepercayaan konsumen berpengaruh terhadap minat beli ditunjukkan dengan nilai thitung 2.958 > ttabel 1. 669, 2) harga berpengaruh terhadap minat beli ditunjukkan dengan nilai thitung 5.017 > ttabel 1.669, sedangkan hasil penelitian uji F menunjukkan Fhitung 52.873 > Ftabel 3.14 dengan taraf signifikansi 0,05. Artinya kepercayaan konsumen dan harga secara simultan mempengaruhi minat beli fashion secara online pada. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan R Square sebesar 62,7% dikategori tinggi, dapat disimpulkan bahwa 3) kepercayaan konsumen dan harga secara simultan berpengaruh terhadap minat beli fashion secara online pada   sedangkan sisanya 37,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti variabel promosi, kualitas informasi, kualitas produk, dan kualitas layanan.

Keywords


Kepercayaan; Harga; Minat beli

Full Text:

PDF

References


Agus Supandi Soegoto. (2013). persepsi nilai dan kepercayaan terhadap kepuasan dan dampaknya terhadap loyalitas konsumen. EMBA, 1(3), 1271–1283.

Amanah, D., Hurriyati, R., Gaffar, V., Layla, A. A., & Harahap, D. A. (2018). Effect of Price and Product Completeness to Consumer Purchase Decision at Tokopedia. com. In Proceedings of the 2nd Global Conference on Business, Management and Entrepreneurship 2017 (Vol. 1, pp. 34-37).

Amilia, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek xiaomi di kota langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(1), 660-669.

Arifin, Z. (2021). Pengaruh Orientasi Belanja, Kepercayaan online, dan Pengalaman Pembelian Terhadap Minat Beli Secara online (Studi Pada KonsumenToko online JD, ID) (Doctoral dissertation, STIE Malangkucecwara).

Astuti, R., Zakaria, W. A., & Endaryanto, T. (2019). Analisis Biaya dan Pendapatan Usaha Pedagang Sayuran di Pasar Tamin Kota Bandar Lampung. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis: Journal of Agribusiness Science, 6(3), 288-295.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Kotler, dan Amstrong. 2001. Manajemen Pemasaran. Edisi II. Jakarta : PT. Indeks.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Nio, S. W., Kosasi, D. W., & Nugroho, A. (2013). Analisa Persepsi Atas Five Aspect Meal Model Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Folks Coffee and Tea. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 1(2), 191-203.

Pudjarti, S., Nurchayati, N., & Dwi Putranti, H. R. (2019). Penguatan Kepuasan Model Hubungan E-Service Quality Dan E-Loyalty Pada Konsumen Go-Jek Dan Grab.

Purnomo, E. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Membeli Beras Lokal (Studi Kasus Desa Rambah Utama) (Doctoral dissertation, Universitas Pasir Pengaraian).

Rizky, M. F., & Yasin, H. (2014). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen & Bisnis, 14(02)

Rondonuwu, P. D. (2013). Kualitas produk, harga dan kualitas layanan pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen pengguna mobil Nissan March pada PT. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).

Simatupang, S., Efendi, E., & Putri, D. E. (2021). Facebook Marketplace Serta Pengaruhnya Terhadap Minat Beli. Jurnal Ekbis, 22(1), 28-41.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i2.16578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo