Pengaruh Kemampuan Manajemen Terhadap Kinerja Bisnis Ikm Pangan Di Kabupaten Bone Bolango (Studi Kasus Pada Industri Gula Aren Kecamatan Bulango Ulu)

Rahmawaty Hasim, Andi Yusniar Mendo, Idris Yanto Niode

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Kemampuan Manajemen terhadap Kinerja Bisnis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui kuisioner yang disebarkan kepada 77 responden yang termasuk dalam Sentra IKM Gula Aren. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non Probability Sampling dan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Analisis Data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Kemampuan Manajemen berpengaruh terhadap Kinerja Bisnis ditunjukkan dengan nilai t hitung 8,380 > 1,665 dengan tingkat signifikan 5%. Artinya Kemampuan Manajemen secara parsial mempengaruhi Kinerja Bisnis Industri Gula Aren Di Kecamatan Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango. nilai R Square dalam penelitian ini adalah variabel Kemampuan Manajemen dalam menjelaskan Kinerja Bisnis sebesar 0,484 atau 48,4% masuk kategori cukup baik, 51,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Keywords


Kemampuan Manajemen; Kinerja Bisnis

Full Text:

PDF

References


Anomsari, M. A. (2018). Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Kemampuan Manajemen dan Staregi Bisnis Dalam Peningkatan Kinerjaq Perusahaan (Studi pada usaha kecil menengah di kawasan usaha barito semarang). Semantik, (1).

Anggai, A. M., Wolok, T., & Yanto Niode, I. (2021). Membangun Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Padar Dan Inovasi Produk (Studi Empiris Pada Industri Pengolahan Makanan Jadi Skala Kecil Dan Menengah Di Kotamobagu) JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. 3(3), 147-157.

Darsono dan Tjatjuk, Siswandoko, Manajemen Sumber Daya Manusia Abad 21, Nusantara Consulting, Jakarta, 2011.

Emadzade, Mashatekhi, Abdar, 2012. Knowledge Management Capabilities and Organizational Performance. Interdisciplinary Journal of Contemporary research in Business, Vol 3, No 11 March 2012.

Giovani, G., & Purwohandoyo, J. (2016). Pengaruh Industri Gula Aren terhadap Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Pemilik Industri di Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak. Jurnal Bumi Indonesia, 5(4).

Ilham, D. J. (2018). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi dan Karakteristik Wirausahawan terhadap Kinerja Usaha (Studi UKM Laundry yang terdaftar Di Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar) (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Latif, Daviz, A. (2002). Model for Teaching The Management Skills Component of Managerial Effectiveness to Pharmacy Student, Review, p. 377

Muis, I. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Bisnis dan Dimensi Kinerja Bisnis. Journal Insan Akuntansi, 3(6), 28-30.

Murwatiningsih, M. (2016). Pengaruh Kemampuan Manajemen dan Karakteristik Usaha Terhadap Kinerja Usaha UKM Olahan Produk Salak di Kabupaten Banjarnegara. Management Analysis Journal, 5(2).

Nuthail, P. L. (2001). Managerial A-review of it’s Basis and Potential Improvement Using Psychological Concept, Agriculture Economics, Vol. 24, pp247-262.

Selaras, R. (2018). Pengaruh Strategi Fungsional Terhadap Kinerja Bisnis Perusahaan Bagi UKM Di Yogyakarta.

Suci. (2008). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Dinamika Lingkungan, Kemampuan Manajemen Serta Strategi Bisnis Terhadap Kinerja Disertasi, Program Doktor Ilmu Manajemen, Program Pascasarjana Universitas Brawijaya, Malang.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Cv. Alfabeta.

Udayana, I. G. B. U. (2011). Peran agroindustri dalam pembangunan pertanian. Singhadwala. 44, 3-8

Umar, Z. A. (2015). Peran Kemampuan Manajemen dan Orientasi Pasar Sebagai Mediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Bisnis (Studi Pada Perusahaan Industri Kecil Pangan Di Provinsi Gorontalo). Dissertasi Doktor (DP2M), 2(998).

Yuliana, R., & Filatrovi, E. W. (2019). Peningkatan Kinerja Bisnis UMKM Batik Semarang DenganMenciptakan Keunggulan Bersaing. Tirtayasa Ekonomika, 14(1), 90- 106.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i2.16583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo