Pengaruh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Iluta Kecamatan Batuda’a Kabupaten Gorontalo

Nur’ain Musa Husain, Usman Moonti, Abdulrahim Maruwae

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh BUMDes terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat di Desa Iluta, Kecamatan Batuda’a, Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif kolerasional dengan jumlah sampel 62 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, kuesioner, dokumentasi serta teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh BUMDes terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat di Desa Iluta, Kecamatan Batuda’a, Kabupaten Gorontalo. Nilai koefisien determinasi dari mode lregresi yang telah diperoleh sebelumnya sebesar 0.537. Nilai ini berarti bahwa sebesar 53,7% variasi kesejahteraan masyarakat dijelaskan oleh BUMDes yang diterapkan sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


BUMDes; Tingkat Kesejahteraan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Bumi Aksara

Alwi, W., & Hasrul, M. (2018).Analisis Klaster Untuk Pengelompokkan Kabupaten/Kota Di Provinsi Sulawesi Selatan Berdasarkan Indikator Kesejahteraan Rakyat. Jurnal MSA (Matematika Dan Statistika Serta Aplikasinya), 6(1), 35.

Astuti, Sidharta Adyatama dan Ellyn Normelani. (2017). Pemetaan tingkat kesejahteraan keluarga di kecamatan banjarmasin selatan. Banjarmasin : pendidikan geografi universitas lambung mangkurat. Jurnal pendidikan geografi Vol. 4 No.2.e-ISSN :2356-5225

Azzahra, S. (2018). Peranan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kesejahteraan Sosial dalam meningkatkan kemampuan sumber daya manusia pekerja sosial: Penelitian di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial RI (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Fauzi, M. I., & Akbar, M. (2020).Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja, Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan. Administraus, 4(1), 173-208.

Irsandi, M. R. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang (Doctoral dissertation, Universitas Dharmawangsa).

Mustakim, M. Z. (2015). Kepemimpinan Desa. Jakarta, Kementerian Desa PDTT RI.

Nur Rohman, R. H. I. (2019). Peningkatan kesejahteraan masyarakat berbasis kearifan lokal di Pasar Kuna Lereng Desa Petir Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

Pathony, T. (2019).Proses Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kabupaten Subang. International Journal of Demos, 1(2), 262-289.

Puspitawati, H. (2015). Kajian Akademik Pengertian Kesejahteraan dan Ketahanan Keluarga. Bogor: Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor.

Rosni, R. (2017). Analisis tingkat kesejahteraan masyarakat nelayan di desa dahari selebar kecamatan talawi kabupaten batubara. Jurnal Geografi, 9(1), 53-66.

Rahmat, H. K., Banjarhanor, J., Ma'rufah, N., & Widana, I. D. K. K. (2020).Pemberdayaan Masyarakat oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(1), 91-107.

Rosni, R. (2017). Analisis tingkat kesejahteraan masyarakat nelayan di desa dahari selebar kecamatan talawi kabupaten batubara. Jurnal Geografi, 9(1), 53-66.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Cetakan Ke). Bandung: CV Alfabeta.

........... (2016).Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:CV Alfabeta.

……….(2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta

Statistik, B. P. (2012). Perkembangan beberapa indikator utama sosial-ekonomi Indonesia. Jakarta. Katalog BPS/BPS Catalogue, 3101015.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i2.16584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo