Pengaruh Kreativitas Produk Dan Pemanfataan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kebijakan PSBB Sebagai Variabel Moderating Pada UMKM Di Jakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kreativitas produk dan pemanfaatan media sosial terhadap keputusan pembelian dengan kebijakan PSBB sebagai variabel moderating. Populasi dalam penelitian ini menggunakan sampel responden 100 responden, yang merupakan masyarakat yang ada di Jakarta. Teknik pengambilan data menggunakan simple random sampling dengan menyebar kuisioner google form dan di sebar ke media sosial dan Whatsapp Group. Metode pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan software Smart PLS3 yang digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, pemanfaatan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kebijakan PSBB berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, moderasi kebijakan PSBB tidak mampu memperkuat pengaruh kreativitas produk terhadap keputusan pembelian dan moderasi kebijakan PSBB tidak mampu memperkuat pengaruh pemanfaatan media sosial terhadap keputusan pembelian. Metode penentuan jumlah kelayakan responden menggunakan Metode Hair yang menyatakan bahwa responden itu boleh 5 sampai 10 kali jumlah indikator variabel penelitian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abel, T., & McQueen, D. (2020). The COVID-19 pandemic calls for spatial distancing and social closeness: not for social distancing! International Journal of Public Health, 65(3), 231. https://doi.org/10.1007/s00038-020-01366-7
Alvionita, V. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pepsodent Pada Konsumen Indomaret Plus Di Jalan M. Yamin Samarinda. Ilmu Dan Riset Manajemen.
Angelini, C. (2018). Hypothesis testing. In Encyclopedia of Bioinformatics and Computational Biology: ABC of Bioinformatics. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-809633-8.20356-7
Anić, I. D., Ciunova-Shuleska, A., Rajh, S., Rajh, E., & Bevanda, A. (2016). Differences in consumer decision-making styles among selected south-east European countries. Economic Research-Ekonomska Istrazivanja , 29(1), 665–681. https://doi.org/10.1080/1331677X.2016.1193949
Anjaningrum, W. D., & Sidi, A. P. (2018). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Dan Kreativitas Produk Terhadap Kinerja Industri Kreatif Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia. https://doi.org/10.32812/jibeka.v12i2.22
Armstrong, P. K. and G. (2014). Principle Of Marketing (15th Editi). Pearsin Pretice Hall.
Attreya, B. (2018). Consumer Buying Behaviour. Journal of Advances and Scholarly Researches in Allied Education. https://doi.org/10.29070/15/57885
Bachri, S. (2020). Belanja Online Meningkat 400 Persen, BPKN : Masih Banyak Dikeluhkan Konsumen. 11 Juni 2020. https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-01399518/belanja-online-meningkat-400-persen-bpkn-masih-banyak-dikeluhkan-konsumen?page=2
Belia, B. (2020). BI Catat Ada 140 Juta Transaksi di E-commerce Hingga Agustus 2020. Rabu, 21 Oktober 2020. https://www.merdeka.com/uang/bi-catat-ada-140-juta-transaksi-di-e-commerce-hingga-agustus-2020.html
Bohlen, B., Carlotti, S., & Mihas, L. (2010). How the recession has changed US consumer behavior. McKinsey Quarterly, 1, 17–20.
Boon-Long, S., & Wongsurawat, W. (2015). Social media marketing evaluation using social network comments as an indicator for identifying consumer purchasing decision effectiveness. Journal of Direct, Data and Digital Marketing Practice. https://doi.org/10.1057/dddmp.2015.51
Busca, L., & Bertrandias, L. (2020). A Framework for Digital Marketing Research: Investigating the Four Cultural Eras of Digital Marketing. Journal of Interactive Marketing. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2019.08.002
Dwivedi, Y. K., Ismagilova, E., Hughes, D. L., Carlson, J., Filieri, R., Jacobson, J., Jain, V., Karjaluoto, H., Kefi, H., Krishen, A. S., Kumar, V., Rahman, M. M., Raman, R., Rauschnabel, P. A., Rowley, J., Salo, J., Tran, G. A., & Wang, Y. (2020). Setting the future of digital and social media marketing research: Perspectives and research propositions. International Journal of Information Management. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102168
Ernawati, S., & Kurniawati, U. (2020). Pengaruh Kreatifitas Produk Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Steak House Noodles. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 4(1), 112. https://doi.org/10.24269/iso.v4i1.399
Huremović, D. (2019). Social Distancing, Quarantine, and Isolation. In Psychiatry of Pandemics. https://doi.org/10.1007/978-3-030-15346-5_8
Hutauruk, M. R. (2020). Pengaruh pandemi covid-19 terhadap faktor yang menentukan perilaku konsumen untuk membeli barang kebutuhan pokok di Samarinda. Jurnal Riset Inossa.
Kannan, P. K., & Li, H. “Alice.” (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2016.11.006
Kartikasari, D. (2013). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya.
Khoernnikmah, A. W. (2018). Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian konsumen (Studi kasus pada konsumen Toko Sinar Muda Busa). Riset Manajemen, 16.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Rokok MILD. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis.
Kotler, P., Kartajaya, H., & Hooi, D. H. (2019). Marketing 4.0: Moving From Traditional To Digital. In Asian Competitors. https://doi.org/10.1142/9789813275478_0004
Kulter Demirgunes, B., & Ozsacmaci, B. (2017). Exploring the Effect of Consumers’ Food-Related Decision Making Styles on National Brand vs. Store Brand Choice. International Journal of Marketing Studies, 9(1), 46. https://doi.org/10.5539/ijms.v9n1p46
Lawi, G. F. K. (2020). UMKM Harus Andalkan Pemasaran Daring Saat Pandemi. 11 April 2020. https://ekonomi.bisnis.com/read/20200411/12/1225587/umkm-harus-andalkan-pemasaran-daring-saat-pandemi
Leeflang, P. S. H., Verhoef, P. C., Dahlström, P., & Freundt, T. (2014). Challenges and solutions for marketing in a digital era. European Management Journal. https://doi.org/10.1016/j.emj.2013.12.001
Mewoh, F. M., Tampi, J. R. E., & Mukuan, D. D. S. (2019). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis.
Patrutiu Baltes, L. (2015). Content marketing - the fundamental tool of digital marketing. Bulletin of the Transilvania University of Brasov. Series V: Economic Sciences.
Prasetya, H. Y., & Nurmahdi, A. (2015). Pengaruh Kegiatan Pemasaran Digital Dan Perilaku Online Konsumen Pada Peningkatan Kesadaran Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Via Website. Jurnal Administrasi Bisnis.
Saputri, M. E. (2016). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Online Produk Fashion Pada Zalora Indonesia. Jurnal Sosioteknologi. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2016.15.02.11
Setiyawan. (2013). Grand Theory Consumer Decision Model. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Shimp. (2004). Advertising, Promotion and Supplemental Aspects of Integrated Marketing Communication. In Journal of Marketing Communications (8th ed., Vol. 290, Issue December). Nelson Education.Ltd. https://doi.org/10.1080/1352726042000250498
Srikalimah. (2017). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Handphone Android. Journal of Social Science and Business. Vol.1 (2) Pp. 52-59, 4(2), 101–112.
Stankevich, A. (2017). Explaining the Consumer Decision-Making Process: Critical Literature Review. Journal Of International Business Research And Marketing. https://doi.org/10.18775/jibrm.1849-8558.2015.26.3001
Stephen, A. T. (2016). The role of digital and social media marketing in consumer behavior. In Current Opinion in Psychology. https://doi.org/10.1016/j.copsyc.2015.10.016
Subianto, T. (2007). Studi Tentang Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi Modernsasi.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung).
Syaifudin, M. (2016). Jurnal Manajemen Pemasaran, FEB Universitas Brawijaya. Jurnal Manajemen Pemasaran.
Tanksale, D., Neelam, N., & Venkatachalam, R. (2014). Consumer Decision Making Styles of Young Adult Consumers in India. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 133, 211–218. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.186
Tiago, M. T. P. M. B., & Veríssimo, J. M. C. (2014). Digital marketing and social media: Why bother? Business Horizons. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2014.07.002
Yasmin, A., Tasneem, S., & Fatema, K. (2015). Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age: An Empirical Study. The International Journal of Management Science and Business Administration. https://doi.org/10.18775/ijmsba.1849-5664-5419.2014.15.1006
Yogia, A. R. dan M. A. (2015). Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Dikalangan Mahasiswa (Study Kasus Mahasiswa Fisipol Universitas Islam Riau). Administrasi Bisnis Fisipol UIR.
Yuliani, T., Izmuddin, L., & Putri, A. (2020). Pengaruh Inovasi Dan Kreativitas Produk Terhadap Ketahanan Ekonomi Masyarakat Pada Industri Kerajinan Kapuk. EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies. https://doi.org/10.30983/es.v4i1.2074
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100
DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i1.16780
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.