Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Toko Az-Zahra Kota Gorontalo

Widyawati Husain, Hapsawati Taan, Idris Yanto Niode

Abstract


Kepuasan pelanggan menjadi perhatian yang utama bagi kebanyakan perusahaan. Nilai pelanggan merupakan fokus utama dalam perancangan program pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan di toko Az-zahra. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada pelanggan di toko Az-zahra. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui jumlahnya atau infinity. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non probability dengan menggunakan rumus slovin dan jumlah responden berjumlah 94. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan program SPSS 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai pelanggan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Toko Az-zahra. Hal ini menunjukkan bahwa nilai pelanggan akan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Nilai pelanggan merupakan kunci produk untuk meraih kesuksesan perusahaan.

Keywords


Nilai Pelanggan; Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Arikunto,2010. Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan Praktik (Edisi Revisi), Jakarta : Rineka Cipta

Firmansyah, M. A., Didin, & Fatihudin. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Deepublish.

Harpadeles, I. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Trans Metro Pekanbaru Oleh: Journal of Chemical Information and Modeling, 3(9), 1689–1699.

Hayani. (2020). Loyalitas Pelanggan Berdasarkan Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan. Journal Of Management And Bussiness (Jomb), 2, 136.

Ilmi, N., & Khuzaini. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (STUDI KASUS PADA PELANGGAN M22 MINI CAFÉ SURABAYA). Ilmu Dan Riset Manajemen, 10, 1–15.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2009) Prinsip-Prinsip Pemasaran (ke-13 jilid). PT. Penerbit Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Manajemen Pemasaran. PT. Indeks.

Krisnanto, A. (2021). Pengaruh nilai pelanggan dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa gojek di kota singaraja. 3(1), 74–80.

Lovelock, C., & wirtz, jochen. (2007). Services marketing: people, technology, strategy. new jersey: pearson prentice hall.

Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat

Nurhalimah, N., & Nurhayati, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Saung Manglid. P - ISSN: 2503-4413 E - ISSN: 2654-5837, Hal 1 - 5. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 6, No. 2 September 2019, 6(2), 1–5.

Rio Adhi Saputra, Osly Usman, M. Bus. 2020. The influence of prices, product quality and service quality on telkomsel card customer satisfaction.

Taan, H. (2017). Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Karawo Di Kota Gorontalo.pdf (pp. 148–158). https://e-jurnal.stienobel-indonesia.ac.id/index.php/jbk/article/view/92 diakses 24 maret 2021

Taan, H., & Radji, D. L. (2019). How Does The Relationship Between Lifestyle With Consumer Decisions In Buying Motorbikes ? 1(2). https://e-jurnal.ung.ac.id/index.php/jsm/article/view/2495 diakses 24 maret 2021

Taan, H., & Machmud, R (2020). The Improvement Of Purchase Decisions Of Putra Kusuma Pia Cake Through Product Quality, Product Variations, And Packaging. 17 (9) 504516.https://www.archives.palarch.nl/index.php/jae/aricle/view/

Wijanarko, K. S. (n.d.). Pengaruh nilai pelanggan terhadap kepuasan serta dampaknya terhadap loyalitas menggunakan smartphone samsung galaxy series di kota palu. 34–46.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i3.17943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo