Membangun Brand Equity Bagi Organisasi Bisnis

Ida Miharti

Abstract


Tulisan ini mencoba untuk menunjukkan bahwa membangun merek yang kuat merupakan prioritas bagi kegiatan pemasaran di berbagai organisasi bisnis saat ini karena memiliki banyak manfaat. Merek merupakan hasil persepsi dari konsumen yang dipengaruhi oleh banyak faktor. Brand equity tidak akan dapat dipahami secara penuh oleh konsumen, oleh karena itu banyak faktor yang akan mempengaruhi pikiran konsumen. Brand equity muncul dari kesadaran konsumen akan merek, kesetiaan pada merek dan kualitas dari suatu merek yang akan memberikan keuntungan bagi laba masa depan. Semenjak negara asal produk dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pilihan konsumen, maka pengaruh citra negara asal termasuk sebagai hal yang membentuk brand equity.

Keywords


Modal Merek; Asset Merek; Negara Asal Merek

Full Text:

PDF

References


Bogart, L. and C. Lehman (1973), “What Makes A Brand Name Familiar?,” Journal of Marketing Research, Vol. X, pp. 17-22.

Chaudhuri, A. and M. B. Holbrook (2001), “The Chain of Effects from Brand Trust and Brand Affect to Brand Performance : The Role of Brand Loyalty,” Journal of Marketing, Vol. 65, pp. 81-93.

Kotler, P. and K. L. Keller (2006), Marketing Management, 12th ed. Upper Saddle River, N.J. : Pearson Education, Inc.

Osselaer, V. J. M. S. and J. W. Alba (2000), “Consumer Learning and Brand Equity,” Journal of Consumer Research, Vol. 27, pp. 1-17.

Slotegraaf, J. R. and K. Pauwels (2008), “The Impact of Brand Equity and Innovation on the Long-Term Effectiveness of Promotions,” Journal of Marketing Research, Vol. XLV, pp. 293-306.

Yasin, M. N., Noor, N. M. and O. Mohamad (2007), “Does Image of Country-of-Origin Matter to Brand Equity?,” Journal of Product and Brand Management, Vol. 16, No. 1, pp. 38-48.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i3.17955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor