Penempatan Dan Beban Kerja Mempengaruhi Kinerja Pegawai Di Pengadilan Negeri Gorontalo

Sintiya Payu, Muchtar Ahmad, Valentina Monoarfa

Abstract


Suatu organisasi sangat bergantung pada sumber daya manusia untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Tidak ada artinya sarana dan prasarana, tanpa adanya sumber daya manusia didalamnya. Tuntutan terhadap kinerja sangatlah dirasakan apalagi organisasi di instansi terutama peradilan dimana dituntut untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang tranparan dan akuntabel. adapun penempatan pegawai harus sesuai dengan keahlian yang dimiliki kemudian untuk beban kerja juga harus sesuai dengan tupoksi yang telah ditentukan oleh instansi yang ditempati. Untuk itu peran sumber daya manusia dalam sebuah organisasi sangatlah berpengaruh terhadap pencapaian kinerja organisasi. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penempatan dan beban kerja terhadap kinerja di PN Gorontalo Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dan penyebaran angket Kuisioner, dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penempatan dan beban kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai di Pengadilan Negeri Gorontalo. Secara parsial, Penempatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, dan Beban kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai. Secara simultan variabel bebas (Penempatan dan beban kerja) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat (kinerja pegawai).

Keywords


Penempatan; Beban Kerja; Kinerja

Full Text:

PDF

References


A.A, Anwar Prabu Mangkunegara, 2013, Manjemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

------------------2012.evaluasi kinerja sumber daya manusia. Bandung: PT. Refika Aditama.

Ahmad, M. (2021). The Impact Of Work Culture On The Apparatus Work Performance. DIA: Jurnal Administrasi Publik, 19(1), 253-261.

Alam, Vanni Heldy. 2017. “Buku Kinerja Dosen”. Yogyakarta: Zahir Publishing

Amstrong, M dan Baron, A. 2010. Ferformance Manajemen – The New Realities. London: Institute of Personnel Dan Development.

-----------------------2014. “Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi

Arika Dila. 2016. “Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Badan Prencanaan Engembangan Daerah (BAPPEDA) Kota Bandung”. Universitas Pasudan Bandung.

Asianto, Anggit dan Suprihadi, Heru. (2014). Pengaruh stress kerja dan beban kerja terhadap kinerja karyawan PDAM Surabaya. Jurnal ilmu dan riset manajemen. Vol. 3. No. 7, 2014. (http://download. Portalgaruda.org/article=90046&val=4992, diakses 23 juni 2017).

Bangun, Wilson. 2012. “manajemen sumber daya manusia”. Jakarta: Erlangga.

Fahmi, Irham. 2014. Manajemen Teori, Kasus dan Solusi. Bandung. Alfabeta.

Fahmi, Irham. (2014). “Analisa Kinerja Keuangan”. Bandung: Alfabeta

Hasibuan, malayu. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara

--------------------.2014. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hamali, Arif Yusuf. 2018. “Pemahaman Sumber Daya Manusia”. Yogyakarta: CAPS.

Mangkuprawira, Sjafri. 2011. Manajmen Sumber Daya Manusia Strategic (Edisi Kedua). Ghalia Indonesia: Bogor.

Mathis, R.L. & J.H Jackson. 2006. Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Dian Angelia. Jakarta: Salemba Empat.

Munandar. 2014. Psikologi Kepribadian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Rivai, Veithzal Dan Sagala, Ella Jauvani. 2011. Manajmen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sastrohadiwiryo, Bejo Siswanto (2002). Manajmen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrasif Dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Soeprihanto, Jhon. 2001. Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karyawan, Edisi Pertama, Cetakan Kelima BPFE, Yogyakarta.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. alfabeta.

-------------- 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D

Sutalaksana, Iftikar Z., (2006), Teknik Tata Cara Kerja. Laboratorium Tata Cara Kerja & Ergonomi, Department Teknik Industry ITB, Bandung.

Siswatno. 2003. Manajmen sumber daya manusia, Jakarta: Erlangga.

Tarwaka. (2015). Ergonomic industry dasar-dasar pengetahuan ergonomic dan aplikasi di tempat kerja. Surakarta: harapan press.

Matindas Rygienia, south fransil lery, nelwan ester jeini. 2018. Hubungan Antara Beban Kerja Fisik dan Stress Kerja Dengan Produktivitas Pekerja Di PT. Adhi Karya (Persero) TBK. Jurnal kesmas. VOL.7 no 5, 2018.

Nova Ellyzar, Mukhlis Yunus, Amri. 2017, pengaruh mutasi kerja, Beban kerja dan konflik interpersonal terhadap stress kerja serta dampaknya pada kinerja karyawan Bpkp Perwakilan Provinsi Aceh, Jurnal Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisyiah Vol. 1, 37.

Pambudi Bayu. 2017. “Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Dan Kompetensi Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Kontrak Home Industry Knalpot Mms Dan Drc Dipurbalingga”. Universitas muhamadiyah purwokerto.

Ramdhan Gilang. 2016. “Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Bank BNI Syriah Kantor Cabang Jakarta Barat”. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rivai Dan Basri, 2015, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Edisi Kedua, Rajawali Press, Edisi Kedua, Jakarta.

Suwatno. 2005. Pengaruh penempatan terhadap produktivitas kerja pegawai administrasi. Jurnal




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i3.17968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo