Punishment Mampu Meningkatkan Disiplin Kerja Karyawan Paramedis Di RSIA Sitti Khadidjah Kota Gorontalo

Rila Septiana Hanapi, Heldy Vanni Alam, Valentina Monoarfa

Abstract


Suatu organisasi sangat bergantung pada sumber daya manusia untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Tidak akan ada artinya sarana dan prasarana, dan sumber daya lainnya dalam suatu organisasi apabila tidak dibarengi dengan sumber daya manusia yang handal. Tuntutan terhadap kinerja sangat dirasakan apalagi pada organisasi rumah sakit yang tentunya membutuhkan perhatian yang serius terutama dalam hal memberikan pelayanan medis. Salah satu yang perlu diseriusi adalah dengan meningkatkan disiplin kerja karyawannya guna memberikan pelayanan yang optimal bagi pasien. Oleh karena itu, peran sumber daya manusia dalam sebuah organisasi sangat berpengaruh terhadap pesona suasana organisasi. Adapun tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh reward dan punishment terhadap disiplin kerja karyawan paramedis RSIA Sitti Khadidjah Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah survey dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar kepada 54 responden yang terdiri dari 30 orang bidan dan 24 orang perawat. Data diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS dan dianalisis dengan Multiple Regression. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) secara parsial reward tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap disiplin kerja karyawan paramedis di RSIA Sitti Khadidjah Kota Gorontalo; 2) secara parsial punishment berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja karyawan paramedis di RSIA Sitti Khadidjah Kota Gorontalo; 3) reward dan punishment secara simultan berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja paramedis di RSIA “Sitti Khadidjah” Kota Gorontalo.

Keywords


Disiplin Kerja; Rewards; Punishment

Full Text:

PDF

References


Fahmi, Irham. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Alfabeta

Hasibuan, Malayu. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Iheanacho, Maryjoan. U, Alfred J. M. Edema And Ekpe Oyono Ekpe. 2016. Perceived Discipline, Punishment and Organizational Performance Among Employees Of Federal Ministries In Cross River State. Global Journal Of Educational Research. Bachudo Science Co. Ltd Printed In Nigeria.

Panekenan, Regitha M., Willem J.F Alfa Tumbuan, Farlane S. Rumokoy. 2019. The Influence Of Reward and Punishment Toward Employee’s Performance at Bank Indonesia Branch Manado. Jurnal EMBA. Faculty of Economics and Business,International Business Administration, Management Program. Sam Ratulangi University.

Rivai, Veithzal. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Edisi Ke-7. Depok: PT. Rajagrafindo.

Wahyuni, Syanti., Sabran, M. Hermanto. 2018. Pengaruh Punishment dan Reward Terhadap Disiplin Kerja Pada PT. Tri Mandiri Selaras di Tenggarong. JEMI Vol. 18/No.2/Desember/2018. Mahasiswa dan Dosen Pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kutai Kartanegara.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i3.17973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo