Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT. Delta Pasific Indotuna Bitung

Nada Alzaniah Anjali Santana, Tineke Wolok, Idris Yanto Niode

Abstract


Penelitian ini bertujuan merumuskan strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada PT. Delta Pasific Indotuna Bitung dengan cara menyebar kuesioner kepada responden. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, kuisioner dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan analisis swot untuk mengetahui IFA san EFAS, matriks SWOT dan digram strategi dalam SWOT.Hasil Penelitian menunjukan bahwaposisi strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada PT. Delta Pasific Indotuna Bitung saat ini berada pada kuadran 2 yakni startegi Diversifikasi. Strategi ini menekankan bahwa pentingnya peningkatan kekuatan dan potensi perushaan untuk mereduksi berbagai ancaman terkait dengan pemasaran produk, dimana langkah itu dilakukan melalui upaya (1) Mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk agar masyarakat terus percaya dan meningkatkan citra positif perusahan maupun produk dengan higienitas yang baik. (2) Meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama untuk mencapai ketelitian yang baik agar tida terjadi reject atau return produk yang dijual. (3) Mengupdate secara berkala apa saja yang sedang dibutuhkan konsumen atau pelanggan. (4) Meningkatkan hubungan baik dengan berbagai mitra penjualan bahkan menerapkan sistem bonus dan diskon bagi distributor atau orderan pada wilayah tertentu. Berbagai strategi ini apabila diupayakan maka akan berdampak pada berbagai aspek perushaan yang bukan hanya pada pemasaran dan volume penjualan namun juga bisa meningkatkan capaian laba, meningkatkan efsiensi operasional dan mereduksi produk yang direject ataupun direturn dalam proses pemasaran produk perusahaan.

Keywords


Pemasaran; Volume Penjualan; SWOT

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofyan (2014). Manajemen Pemasaran (Edisi 1-13). Jakarta : Rajawali Pers

Atmoko, T. P. H. (2018) Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourims, Hospitality and Recreation Vol.1 No.2

Danang, Sunyoto (2013). Manajemen Pemasaran. CAPS. Yogyakarta

Ichwanda, F.I., Arifin, Z., dan Yulianto, E. (2015). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan Ekspor (Studi pada PT Petrokimia Gresik). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol.24 No.1.

Kotler dan Keller (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi 13). Jakarta : Erlangga

Mullins, John W dan Walker Jr, Orville C. 2013. Marketing Management: A Strategic Decision-Making Approach, 8th Edition, McGraw-HillInternational Edition.

Prastiwi, Q.(2019). Analisis Strategi Pemasaran Strategi dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada UMKM Pabrik Roti Alfaris Bakery Medan.

Raznilawati, I. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Cafe Enzyme Palopo. Jurnal Penelitian Hunamo,Vol.8 No.1

Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Perusahaan Genting Ud. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen Vol. 6 No. 2

Sari, I. A., Riniwati, H., dan Harahap, N. (2015). Strategi Pemasaran dalam Meningkatan Volume Penjualan pada PT Hatni (Hasil Alam Tani Nelayan Indonesia) di Desa Tlogosadang Kecamatan Paciran Kabupaten Lmongan Jawa Timur. Jurnal ECSOFiM Vol.3 No 1.

Siregar, Y. H. L., Sunarti., dan Mawardi, M. K. (2017). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan Ekspor (Studi pada Perusahaan PT Kaltim Prima Coal). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol.42 No.1

Zebua, A. J. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Shopie Paris BC. Yenni Kecamatan Muara Bulian. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi Vol. 18 No.2

Zevi, I. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Pada PT. Proderma Sukses Mandiri




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i3.18131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo