Analisis Lingkungan Bisnis Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Café Kopilabs

Nurain Mootalu

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Lingkungan Bisnis dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Café Kopilabs. Data yang digunakan dalam penelitian ini: pertama sumber data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari objek penelitian, yaitu dari wawancara kepada direktur Kopilabs, manajer, karyawan dan kedua data sekunder yaitu data-data yang diperoleh dari pengusaha Kopilabs. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentsi, wawancara. Alat analisis yang digunakan untuk strategi keunggulan bersaing adalah dengan teori lima kekuatan persaingan dari porter (1980). Hasil penelitian menunjukan bahwa Café Kopilabs dalam meningkatkan keunggulan bersaing pada praktiknya melakukan tiga strategi bersaing yang dikemukakan oleh Porter yaitu yang paling memberikan dampak pada straegi fokus dengan konsep ngopi asik tanpa music sesuai dengan segmentasi pasar yaitu konsumen yang produktif. kemudian cost low, dan juga diferensiasi. Kopilabs dalam memenangkan persaingan dilihat dari analisis lima kekuatan porter berhasil meraih konsumen yakni pada cita rasa coffe yang banyak diminati yang dibuat memiliki signature tersendiri dimana faktor tersebut berasal dari lingkungan internal itu sendiri. Selain itu harga juga menjadi salah satu faktor penting yang dilihat konsumen dalam memilih cafe. Kopilabs selain menawarkan menu yang banyak diminati konsumen dari sisi desain cafe juga bisa unggul dari cafe pesaing dimana kopilabs menawarkan konsep kopi asik tanpa musik dengan arah sasaran market yang tepat yakni orang-orang yang produktif. Bisa dilihat dari faktor-faktor diatas yang paling memberikan dampak besar dalam meninkatkan keunggulan bersaing berasal dari lingkungan internal.


Keywords


Lingkungan Bisnis; Strategi Bersaing

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchory., dan Saladin, Djaslim. (2010). Manajemen Pemasaran : Ringkasan Praktis, Teori, Aplikasi Dan Tanya Jawab. Bandung : CV. Linda Karya.

Barney,J.B. (2010). Gaining and Sustaining Competitive Advantage, Fourth Edition. AddisonWesley, Massachusetts.

Biodi, M., & Sanawiri, B. (2017). Analisis Lingkungan Industri Guna Menentukan Business Strategy Dalam Rangka Mencapai Keunggulan Bersaing (Studi pada PR. ALFI PUTRA). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 50(3), 172–181.

Novita, M. D., & Nurleli. (2020). Pengaruh Lingkungan Internal terhadap Keunggulan Kompetitif. Prosiding Akuntansi, 6(2), 780–783.

Porter, M.E. (ed.) (1986) Competition in Global Industries, Harvard Business School Press, Boston, 1986.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, (2006). Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses, Edisi Ketiga, Penerbit Salemba, Jakarta

Taan, H. (2017). Pengaruh inovasi produk dan harga terhadap keunggulan bersaing usaha karawo di kota gorontalo. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 148–158.

Taan, H. (2021). Konsep Dasar Perencanaan Pemasaran Dan Proses Proses Penyusunannya. Manajemen, 5(oktober).

Taan, H., Abdussamad, Z. K., & Palangka, I. (2020). Fasilitas dan Lokasi terhadap Keputusan Konsumen Menginap di Grand Q Hotel Kota Gorontalo. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 2(2), 53. https://doi.org/10.47201/jamin.v2i2.50

Thomas L. Wheelen Hunger and J. David Hunger 2008. Strategic Management and Business Policy, Prentice Hall International, New Jersey.

Umar, Z. A. (2021). Manajemen UMKM/IKM dan Daya Saing. Tahta Media Group.

Wahyu, N. (2018). Analisis Lingkungan Terhadap Keunggulan. Majalah Ilmiah BIJAK, 15(1), 22–41.

Wheelen Thomas L., dan David Hunger J. 2000, “Strategic Management and Bussiness Policy,” Fourth Edition, New York: Addison Wesley Publishing Company.

Williams, Chuck. 2001. Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Wispandono. (2010). Pengaruh Lingkungan Bisnis Terhadap Kinerja Pengrajin Industri Batik Di Kabupaten Bangkalan, jurnal mitra ekonomi dan manajemen bisnis, Universitas Trunojoyo, Vol. 1, (2), 152-162 ISSN 2087-1090.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i3.18133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo