Pengaruh Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Kesehatan Pada Rumah Sakit Umum Banggai Laut

Faiz Djibran, Lisda L Asi, Robiyati Podungge

Abstract


Tujuan penelitian yaitu untuk menguji dan menganalisis pengaruh fasilitas kerja terhadap kinerja tenaga kesehatan Rumah Sakit Kabupaten Banggai Laut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survey, di mana peneliti diharapkan bisa menjelaskan hubungan kausalitas antara fasilitas kerja dengan kinerja tenaga kesehatan rumah sakit Kabupaten Banggai Laut. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh tenaga kesehatan pada rumah sakit di Kab. Banggai Laut. Peneliti membatasi jumlah responden dengan hanya mengambil tenaga keperawatan saja yang menjadi sampel yang berjumlah 161 orang sedangkan populasi berjumlah 232 tenaga kerja. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menyimpulkan bahwa fasilitas kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja tenaga medis pada Rumah Sakit Umum Banggai Laut. Simpulan ini mengandung arti bahwa semakin baik ketersediaan fasilitas kerja akan semakin meningkatkan kinerja tenaga kesehatan pada Rumah Sakit Umum Banggai Laut. Fasilitas Kerja berada pada kategori cukup baik dari kempat aspek yang diujikan. Seperti kesusuaian fasilitas dan kebutuhan, fasilitas kerja terbilang cukup baik dengan frekuensi jawaban berkisar di angka 67%. Dari aspek kelengkapan peralatanpun demikian, frekuensi jawaban beroleh dikisaran 72%. Juga lebih dari 70% juga menggambarkan bahwa fasilitas kerja yang di rumah sakit dalam kondisi baik dan tidak rusak serta jika terdapat fasilitas yang rusak, maka manajemen rumah sakit segera melakukan perbaikan. Kinerja para pegawai rumah sakit berada pada kategori baik dan cukup baik berdasarkan empat aspek yang diujikan. Dari aspek kuantitas, sekitaran 78% tenaga medis menggambarkan bahwa ketika beban kerja meningkat maka mereka akan bekerja lebih intens lagi, namun disisi lain 80% tenaga medis menjawab bahwa walaupun pekerjaanya banyak mereka tetap melaksanakan pekerjaan itu dengan teliti. Dari aspek kualitas, para tenaga medis menyatakan bahwa mereka membangun semangat kerja sama antar tenaga medis. 80% juga menggambarkan bahwa efisiensi kerja para tenaga medis sudah cukup baik. nilai R2 atau R square yang senilai 0.186. Nilai ini mengindikasikan besaran pengaruh fasilitas kerja terhadap kinerja tenaga kesehatan pada Rumah Sakit Umum Banggai Laut adalah sebesar 0.186 atau jika dipersenkan sama dengan 18,6%. Sedangkan sisanya 81,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan secara rinci dalam penelitian ini.

Keywords


Fasilitas Kerja; Kinerja

Full Text:

PDF

References


A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Adityo, Benito dan Khasanah, Imroatul. 2010. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Situs Kaskus. Jurnal. Semarang: Universitas Diponegoro

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Arikunto, Suharsimi.dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Astadi Pangarso, Putri Intan Susanti. 2016. Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Biro Pelayanan Sosial Dasar Sekertariat Daerah Provinsi Jawa Barat. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan Tahun 9. No. 2

auri, Sofyan. (2004). Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Barry, Cushway. 2012. Human Resource Mnagement. Jakarta : PT.Elex Media.

Beny Mutiara Wardani, 2013 Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dari Sudut Pandang Pasien Dan Pendamping Pasien (Studi Kasus di RS Medistra, Jakarta)

Edy, Sutrisno, (2016), Manajemen Sumber Daya Manusia, Kencana Prenada Media Group, Jakarta

Fahmi, Irham. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2012. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20”. Semarang: UNDIP.

Henry Simamora, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi kedua, STIE, Yogyakarta, 1999

Marwansyah.(2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.

Moenir, H.AS, Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia, Bumi Aksara. Jakarta 2008

Ovidiu, (2013), “Employee motivation and organizational performance. Review of Applied Socio- Economic Research”, Vol. 5, No. 1 ISSN 2247-6172.

Purwanto. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sinungan, Muchdarsya. (2014). Produktivitas Apa dan Bagaimana cetakan ke9 Jakarta, Bumi Aksara

Sudarmanto, Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wirawan. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta. Penerbit: Salemba Empat




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i3.18136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo