Pengaruh Empowerment Dan Self Efficacy Terhadap Kinerja Karyawan PDAM Kabupaten Bone Bolango

Rahmantyo Pambi, Raflin Hinelo, Endi Rahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Empowerment dan Self efficacy Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada karyawan PDAM Kabupaten Bone Bolango). Pendekatan dalam penelitian ini yakni kuantitatif dengan metode ex-post facto. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner. Adapun jumlah sampel sebanyak 75 orang yang diperoleh proses sampling jenuh. Analisis data dalam penelitian ini yakni analisis kuantitatif inferensial regresi berganda. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Empowerment berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bone Bolango. (2) Self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bone Bolango. (3) Empowerment dan self efficacy secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bone Bolango dengan koefisien determinasi sebesar 51,50% variabilitas kinerja karyawan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bone Bolango dapat dijelaskan oleh empowerment dan self efficacy, sedangkan sisanya sebesar 48,50% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti variabel lingkungan kerja, budaya organisasi, komitmen kerja karyawan, peran kepemimpinan dan kompetensi kerja karyawan.

Keywords


Kinerja Karyawan; Empowerment; Self efficacy

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. ProsedurPenelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka

Bandura, A. 1997. Self Efficacy Mechanism in Psychological and Health Promoting Behavior. Prentice Hall, New Jersey.

BPKP. 2000. Pengukuran Kinerja, Suatu Tinjauan Pada Instansi Pemerintah, Tim Study Pengembangan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Jakarta.

Cacciope, R. 1998. “Structured empowerment: an award-winning program at The Brunswood Resort:.Leadership and Organization Development Journal. 17:4:29-36.

Cook, Sarah dan Steve Macaulay. 1997. Perfect Empowerment (alih bahasa oleh Paloepityas R.). Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Dessler, G. 1997. Manajemen Personalia Edisi 3, Terjemahan Agus Dharma. Jakarta: Penerbit Erlangga. (studi kasus pada karawan PT. SINAR SOSRO wilayah Semarang). Jurnal Manajemen dan Bisnis.

Eylon, Muilenburg. 1996. Creating Lifelong Science Learners: What Models Form a Firm Foundation? Education Research, 25 (5), 18-24.

Fadzilah.2006. Pengaruh Pemberdayaan dan Self Efficacy Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Penjualan. Diakses November 2015.

Gibson, James John M, Ivancevich and James H, Donnelly, Jr. 2000. Organizations, Boston: McGraw-Hill Companies, Inc.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Greenberg, dan Robbert A. Baron 2003. Behavior in Organizations. New Jersey: Prentice hall

Hansen dan Mowen. 2007. Akuntansi Manajemen, Edisi 7 Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Hasibuan, M. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara Jakarta.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/sumber-daya-manusia/

Jogiyanto, Hartono. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis, BPFE Yogyakarta, Edisi keenam. Jakarta

Jones, R. N dan A. Kamp. 1986. Introducing Genetics. London: John Murkay Publisher. Ltd

Khan, Sharafat. 1997. They Key to being a Leader Company: Empowerment, Journal Personality and Partisipation,p.44-45.

Kotter dan Heskett. 1990. Dampak Budaya Perusahaan terhadao Kinerja.

Jakarta: Prenhallindo.

Kreitner, R., dan Kinicki, A. 2005. Perilaku Organisasi. Jakarta : Salemba Empat.

Kuncoro, Mudrajat. 2003. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Lako, Andreans. 2004. Kepemimpinan dan Kinerja Organisasi :Isu, Teori, dan Solusi. Cetakan Pertama. Penerbit Amara Books.Yogyakarta.

Luthans, Fred. 1998. Organizational Behavior Elevent edition, Mc Growth-Hill Book co, Singapore.

Mas’ud, Fuad. 2004. Survei Diagnosis Organisasional Konsepdan Aplikasi.

Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Newstrom, dan Keith Davis. 1997. Organiszational Behavior. New York: Mc.Graw- Hill Companies.

Pramudyo, Anung. 2012. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Intervening. JMBA, Vol. 1, No. 1, Hal.1-16.

Rivai, Velthzal. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: dari Teori ke Praktik. Edisi Pertama. Penerbit : PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Robbins, Stepen. 2007. Perilaku Organisasi. Terj: Benyamin Molan. New Jersey Prentice Hall, Inc.

Rustono dan Agnesi.2015. Pengaruh Budaya Organisasi dan Self Efficacy terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten.

Siagaan, Sondang P. 2003. Organisasi dan Manajemen.Jakarta: PT. Gunung Agung.

Sihotang, dkk. 2014. Pengaruh Kompensasi, Pelatihan Kerja, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Bagian Penjualan (studi kasus pada karyawan PT. NJONJA MENEER wilayah Semarang). Jurnal Manajemen dan Bisnis

Smith, Jane. 2000. Empowering People. London: Kogan

Soetjipto, Budi W. 2002. Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia.

Yogyakarta: Amara Books.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sutanto, Aftoni. 2002. Peran Budaya Organisasi untuk Meningkatkan Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan. Benefit, Vol 6, No.2.

Thomas, K. W., Velthouse, B.A. 1990. Cognitive Elements of Empowerment: an Enterpretative Model of Intrinsic Task Motivation, Academy of Management Review, Vol:15, p: 4-666.

Umar, Husein. 2002. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Cetakan Kedua. Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i3.18220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo