Pengaruh Kualitas Sistem Informasi (BSG Touch) Terhadap Kepuasan Pengguna (Studi Kasus Pada Nasabah Bank SulutGo Cabang Boroko)

Titin S. Pakaya, Rizan Machmud, Djoko Lesmana Radji

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Sistem Informasi (BSGTouch) Terhadap Kepuasan Pengguna. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakanadalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada nasabah Bank SulutGo Cabang Boroko. Penarikan sampel dalam penelitian menggunakan rumus Lameshow dikarenakan jumlah populasi tidak diketahui banyaknya dan jumlah responden berjumlah 96. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 21. Hasil penelitian menunjukan kualitas system informasi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengguna. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 68,4% yang berarti variabilitas kepuasan pengguna dapat dijelaskan oleh kualitas system informasi sebesar 68,4%.

Keywords


Kualitas Sistem Informasi; Kepuasan Pengguna

Full Text:

PDF

References


Asnawi, M. F. (2017). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Dan Partisipasi Pengguna Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem : Studi Kasus Pada Bagian Operasional Vsat Ip Pt. Semesta Citra Media. Jurnal Lentera Ict, 2(1), 37–50.

Buana, I. B. G. M., & Wirawati, N. G. P. (2018). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi , Kualitas Informasi , dan Perceived Usefulness Pada Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 22(1), 683–713.

Davis, Fred D. 1988. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use and User Acceptance of Information Technology, MIS Quarterly, 13 (30): 319-340.

Farid, I. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Wifi Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. 8–29. https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8908

Fendini, K. R. 2010. Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna. Malang: Jurnal Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.

Hasibuan, Asrina Waty. 2018. Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi Dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi (Studi Pada Kantor PT. Bank Sumut Kota Medan). Skripsi. Universitas Negeri Medan.

Istianingsih, dan S.H Wijayanto, I. d. 2008. Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Perceived Usefulness, dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi. Pontianak: Simposium Nasional Akuntansi XI, Hal: 1-51.

Maryana, F., Ridhawati, R., & Sayekti, T. A. (2018). Pengaruh Kualitas Sistem Dan Kualitas Informasi Terhadap Pengguna Aplikasi Pelayanan Pelangggan Terpusat (AP2T) PT PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Tengah Dan Kalimantan Selatan Area Barabai. DINAMIKA EKONOMI Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(2), 213–229. https://stienas-ypb.ac.id/jurnal/index.php/jdeb/article/view/123/130

Nilasari, Nancy. 2012. Hubungan Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi dengan Kepuasan Pengguna Sistem (Survei pada Karyawan Pengguna Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T) di PT. PLN (Persero) Area Kediri). Universitas Brawijaya. Malang: skripsi tidak dipublikasikan

O’Brien, James. 2001. “ Pengantar Sistem Informasi”, Edisi 12, Badan Penerbit Salemba Empat, McGraw Hill, Jakarta.

Raymond McLeod, Jr. 2001. “Sistem Informasi Manajemen Edisi 7 Jilid 2”. Prenhallindo, Jakarta.

Rahmawati, D. (2010). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai Administrasi Dan Pengaruh Kualitas Pelayanan Pegawai Administrasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Lingkungan Fise Uny. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 18–31. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.951

Rukhmiati, ni made sri, & Budiartha, i ketut. (2016). INFORMASI DAN PERCEIVED USEFULNESS PADA KEPUASAN PENGGUNA AKHIR SOFTWARE AKUNTANSI ( STUDI EMPIRIS PADA HOTEL BERBINTANG DI PROVINSI BALI ). Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis , Universitas Udayana ( Unud ), Bali Akuntansi merupakan suatu sist. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 5.1, 1, 115–142.

Wahyudi, R., Astuti, E., & Riyadi, R. (2013). Pengaruh Kualitas Sistem, Informasi Dan Pelayanan Siakad Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 1(1), 28–39.

Wargadalam, W. W. (2019). Influence of Information Quality, System Quality, Service Quality and Security on User Satisfaction in Using E-Money Based Paytren Applications. Journal of Applied Managerial Accounting, 3(2), 288–299. https://doi.org/10.30871/jama.v3i2.1463




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i3.18223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo