Pengaruh Media Sosial Dan E-WOM Terhadap Daya Tarik Wisata Di Gorontalo (Studi Kasus: Wisata Hiu Paus Botubarani)

Villy Epifania Suruata, Andi Juanna, Yulinda L. Ismail, Melan Anggriani Asnawi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Sosial dan e-WOM Terhadap Daya Tarik Wisata di Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada wisatawan atau pengunjung yang pernah mendatangi tempat wisata hiu paus di desa Botubarani. Penarikan sampel dalam penelitian menggunakan rumus Lemeshow karena jumlah populasi tidak diketahui dengan pendekatan mobile population dimana jumlah sampel 92 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) Media social berperngaruh positif signifikan terhadap daya tarik wisata Botubarani Gorontalo, 2) e-WOM berperngaruh positif signifikan terhadap dayatarik wisata Botubarani Gorontalo, dan 3) Media social dan e-WOM secara simultan berpengaruh signifikan terhadap daya tarik wisata Botubarani. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 57,4% yang berarti variabilitas daya tarik wisata dapat dijelaskan oleh media social dan e-WOM sebesar 57,4%.

Keywords


Media Sosial; E-WOM; Daya Tarik Wisata

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i1.19046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo