Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restaurant Tiara Di Kota Gorontalo

Lidya Hikolo, Hapsawati Taan, Andi Juanna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yaitu konsumen di Restaurant Tiara. Populasi penelitian ini tidak diketahui jumlahnya atau infinit. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling insidental berjumlah 110 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier bergandaHasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, 2) promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan 3) harga dan promosi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 33,4% yang berarti variabilitas keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh harga dan promosi sebesar 33,4%. Hal ini menunjukkan bahwa harga dan promosi akan mempengaruhi keputusan pembelian. Harga dan promosi merupakan kunci peran strategi yang penting dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup Restaurant.


Keywords


Harga; Promosi; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Thamrin dan Francis, Tantri. 2014. Manajemen Pemasaran.PT. Raja Grafindo Persada: Depok.

Aisya, S., & Riyadi, A. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Masyarakat Kelurahan Siranindi Di Bank Muamalat Indonesia Palu Sulawei Tengah. 02(2), 16–33.

Alma, Buchari. 2011. Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa edisi revisi, Alfabeta : Bandung

Andriyanti, E., & Farida, S. N. (2022). Pengaruh Viral Marketing Shopee Affiliate, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee Indonesia (Studi Pada Generasi Z Pengguna Tiktok Di Sidoarjo). FORBISWIRA: Forum Bisnis Dan Kewirausahaan (Vol. 11, No. 2, pp. 228- 241).

Gerung, Christy Jacklin, Jantje Sepang, Sjendry Loindong. 2017. Pengaruh Kualitas Produk arga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail Pada PT. Wahana Wirawan Manado. Manado: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi

Kotler dan Armstrong. 2012. Manajamen pemasaran dan strategi pemasaran.Jakarta: Erlangga

Kotler and Armstrong. 2016. Marketing an Introduction, Edisi 13, USA: Perason Education.

Kotlerdan Keller. 2009. ManajemenPemasaran, Jilid I EdisiKe 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Alih Bahasa: A.B. Susanto. Jilid 1dan 2. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Ketiga. SalembaEmpat: Jakarta.

Maulidina, Karina Aura. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Pondok Mataram Di Kota Tebing Tinggi. Medan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Sumatera Utara.

Prilano, Kelvin Andriasan Sudarso, Fajrillah. 2020. Pengaruh Harga, Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. Medan: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IBBI

Ramadhan, A., & Sofiyah, F. R. (2013). Analisis SWOT sebagai landasan dalam menentukan strategi pemasaran (studi McDonald's Ring Road). Jurnal Media Informasi Manajemen.

Safitri, Dwi. 2020. Pengaruh Harga Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Burger King Jemursari. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

Sari, R. M. (2020). Kualitas produk, promosi, dan harga terhadap keputusan pembelian pada makanan cepat saji. Bab II Kajian Pustaka 2.1, 5(2004), 6–25.

Schiffman, Leon Dan Leslie Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Cetakan Keempat. Jakarta. Pt. Indeks.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi Empat. Yogyakarta: Andi.

Subagyo. 2010. Manajemen. Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu

Taan, H. 2017. Pengaruh Inovasi Produk dan Harga terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Karawo dikota Gorontalo. Jurnal Bisnis & kewirausahaan, 6(2),148-158. http://www.ejournal.aibpm.org/index.php/APJM. Di akses 26 desember 2022

Taan, H. 2021. Konsep Dasar Perencanaan Pemasaran Dan Proses Penyusunannya.Jurnal Manajemen, Vol 5 (2) Oktober 2021 p-ISSN : 2303 - 3495 e-ISSN : 2746 - 685X 347e- journal.unmuhkupang.ac.id 640-Article%20Text-1452-1-10-20220210.pdf. di akses november 2022

Taan, H. 2021. Kemudahan Penggunaan dan Harga terhadap Minat Beli Online Konsumen. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 8 (1): 89-96. jurnal.unej.ac.id 19502- 169-55175-1-10- 20210508.pdf. di akses 12 desember 2022

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Tulangow, S. G., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pada Pembelian PT. Shopee International Indonesia Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(3), 35–43.

Tumuju, N. S., & Rogi, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Strategi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Di Pt. Deho Canning Company Bitung. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 78-90.

Vicky. 2021. Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pada Top 100 Grand Batam Mall. Batam: Universitas Putera Batam




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i1.19193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo