Analisis Bauran Pemasaran Yang Mempengaruhi Mahasiswa Memilih Program Studi: Studi Pada Program Studi Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Madiun

Farida Tri Hastuti, Sekar Ayu Wulandari, Aminudin Azis, Niza Nurmalasari, Hendrick Hernando

Abstract


Bauran pemasaran merupakan salah satu strategi pemasaran yang dilakukan oleh lembaga jasa pendidikan untuk memenuhi tanggung jawab jasa pendidikan dalam rangka memenuhi kebutuhan pelanggan. Penelitian ini menguji pengaruh langsung bauran pemasaran terhadap pengambilan keputusan calon mahasiswa dalam memilih Program Studi Bisnis Politeknik Negeri Madiun. Teknik analisis data menggunakan Regresi Linier Berganda untuk menguji pengaruh parsial dan silmultan variabel bauran pemasaran terhadap Pengambilan Keputusan mahasiswa dalam memilih program studi. Sebanyak 200 responden merupakan mahasiswa aktif Program Studi Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Madiun. Product (X1), Promotion (X3), Process (X6), dan Physical Evidence (X7) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Pengambilan Keputusan (Y). Price (X2), Place (X4), dan People (X5) tidak mempunyai pengaruh siginifikan terhadap Pengambilan Keputusan (Y). Bauran Pemasaran (X) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Pengambilan Keputusan (Y), yaitu sebanyak 57,5%.

Keywords


Bauran Pemasaran; Pengambilan Keputusan; Regresi Berganda

Full Text:

PDF

References


Agrey, L., & Lampadan, N. (2014). Determinant Factors Contributing to Student Choice in Selecting a University. Journal of Education and Human Development, 3(2), 391–404.

Ary, M. (2016). Analisis Faktor Pemilihan Program Studi untuk Meraih Keunggulan Bersaing. Jurnal Informatika, 3(1), 81–90.

BAK. (2022). Jumlah Mahasiswa.

Brier, J., & Lia Dwi Jayanti. (2020). Indikator Kesejahteraan Rakyat Kota Madiun 2020. 21(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Dally, D., Sinaga, O., & Saudi, M. H. B. M. (2021). The Impact Of 7p’s Of Marketing on The Performance of The Higher Education Institutions. Review of International Geographical Education Online, 11(3), 235–252. https://doi.org/10.33403/rigeo.800488

Eprillison, V. (2015). Analisis Faktor Dominan Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Melanjutkan Pendidikan Ke Program Studi Pips Pascasarjana Unp. Economica, 3(1), 53–63. https://doi.org/10.22202/economica.2014.v3.i1.236

Hagu, R. K. A., Dama, H., & Machmud, R. (2023). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Keputusan Di Hotel Maqna Gorontalo Terhadap Pengambilan. 5(3), 953–962.

Halim, Fitria., Adhariksa Zukhruf K., Marisi Butarbutar., D. (2021). Manajemen Pemasaran Jasa. Yayasan Kita Menulis.

Handayani, T. (2015). Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi Di Indonesia Dengan Kebutuhan Tenaga Kerja Di Era Global. Jurnal Kependudukan Indonesia, 10(1), 53. https://doi.org/10.14203/jki.v10i1.57

Harahap, D. A., Hurriyati, R., Gaffar, V., Wibowo, L. A., & Amanah, D. (2018). Effect of Word of Mouth on Students Decision to Choose Studies in College. November, 793–797. https://doi.org/10.5220/0007090007930797

Hoffman, K. D. & J. E. G. B. (2017). Services Marketing: Concepts, Strategies, & Cases (Fifth Edit). Cengage Learning.

Irawan, A., & Ikhwan, F. (2017). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Memilih Progam Studi (Studi pada Jurusan Akuntansi dan Jurusan Administrasi Bisnis di Politeknik Negeri Banjarmasin). Jurnal Wawasan Manajemen, 2, 155–170.

Kemendikbud. (2020). Statistik Pendidikan Tinggi (Higer Education Statistic) 2020.

PDDikti Kemendikbud, 81–85. https://pddikti.kemdikbud.go.id/publikasi

Kotler, P. & K. L. K. (2016). Marketing Management (15 Global ). Pearson.

Kurniawati, D. (2013). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Katolik Widya Mandala Madiun. Widya Warta: Jurnal Ilmiah Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, 01, 65–80.

Maniu, L., & Maniu, G. C. (2014). Educational Marketing: Factors Influencing the Selection of a University. SEA - Practical Application of Science, II(3), 37–42. http://sea.bxb.ro/Article/SEA_5_5.pdf

Mulyandi, M. R., & Sani, E. P. (2020). Pengaruh E Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada E Commerce Di Indonesia). Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 3(1), 41–49.

Nuryadin, M. T., Sangen, M., & Albusairi, S. A. (2018). ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA DALAM MEMILIH PROGRAM STUDI PADA JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 5(2), 107–124. https://jwm.ulm.ac.id/id/index.php/jwm/article/view/125

PDDikti. (2023). Profil Program Studi. Ppdikti.kemendikbud.go.id. https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_prodi/QzYyQjk2OUEtNzc1OS00NzNDLTg0QzktNjVERjJCMTQxNjEz/20221

Pratama, A., & Padjadjaran, U. (2017). Factors Affecting Students’ Learning Interest in an Accounting Study Programme: A Study in Bandung City, West Java, Indonesia. Review of Integrative Business and Economics ResearchOnlineCDROM, 6(2), 295–311.

Rahardjo, S., & Firdaus, M. R. (2015). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Status Mahasiswa Dalam Memilih Kuliah (Studi Pada Lembaga Pendidikan Dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) Business College- Cabang Banjarmasin). Jurnal Wawasan Manajemen, Vol. 3. No, 45–60.

Suciati, P., & Maulidiyanti, M. (2019). Kekuatan 7P Bauran Pemasaran Terhadap Pilihan Mahasiswa Berkuliah Di Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(1). https://doi.org/10.7454/jsht.v2i1.61

UPT TI. (2023). Profil Politeknik Negeri Madiun. Https://www.pnm.ac.id/tentang/profil. https://www.pnm.ac.id/tentang/profil

Wijaya, D. (2016). Pemasaran Jasa Pendidikan (B. S. Fatmawati (ed.)). Bumi Aksara.

Wulandari, S. A. (2020). Analysis of Factors Influencing the Decision of Students and Alumni in Choosing Akademi Komunitas Negeri Sidoarjo. 782–788. https://doi.org/10.5220/0009505807820788

Zikmund, William G., Barry J. Babin., Jon C. Carr, & M. G. (2013). Business Research Methods (Ninth Inte). Cengage Learning.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i1.19286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo