Pengaruh Implementasi Relationship Marketing dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome Pada PT Telkom Indonesia Witel Riau Daratan Pekanbaru

Syofiatul Safitri, Salsa Alkila, Meyzi Heriyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi relationship marketing dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan Indihome pada PT Telkom Indonesia Witel Riau Daratan Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan kuantitatif dengan model penelitian explanatory research. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang ditentukan menggunakan teknik accidental sampling dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dan instrumen penelitian melalui uji validitas, uji reliabel, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relationship marketing (X1) berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan pelanggan (Y), citra merek (X2) berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan pelanggan (Y), dan relationship marketing (X1) dan citra merek (X2) secara simultan berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan pelanggan (Y).


Keywords


Hubungan Pemasaran; Citra Merek; Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2022). https://apjii.or.id/content/read/39/559/Laporan-Survei-Profil-Internet-Indonesia-2022 (Diakses pada tanggal 26 Juni 2022)

Batari, A., Bima, M. J., & Rahman, Z. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen Mobil Ford. SEIKO : Jurnal of Management and Businessf Management and Business, 2(1), 1–10.

Istiqomawati, A. (2017). Pengaruh Dimensi Relationship Marketing terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Pada BPR Argodana Pudak Payung Semarang). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 18(1), 28.

Karina, M. K., & Sari, D. P. (2021). Pengaruh Relationship Marketing dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Mustika Ratu Pada Gerai Dan+Dan Jakarta. Jurnal Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 10(2), 79–91.

Kartika, C., Hidayat, F., & Krinala, E. (2019). Pengaruh Relationship Marketing, Komunikasi Pemasaran Dan Citra Perusahaan Terhadap Niat Perilaku Konsumen Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Vasa Hotel Surabaya. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen, 6(02), 1–14.

Kristanto, C. (2017). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Maskara Brilliant Bayu Zada. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6.

Provider Internet yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia. (2022). databoks.katadata.co.id (Diakses pada tanggal 26 Juni 2022)

Rahardjo, D. T., & Yulianto, A. E. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Mie Setan Di Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10, 1–18.

Sianipar, G. J. . (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Ojek Online (Studi Pada Pelanggan GrabBike Di Kota Medan). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 19, 183–196.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. In Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Top Brand Index. (2022). topbrand-award.com (Diakses pada tanggal 26 Juni 2022)




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i1.19329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo