Pengaruh Reputasi Perusahaan, E-Recruitment, Dan Kompensasi Terhadap Minat Melamar Kerja Di Kabupaten Bekasi
Abstract
Angka pengangguran yang masih tinggi di kabupaten Bekasi merupakan permasalahan untuk saat ini, salah satunya disebabkan oleh ketertarikan calon karyawan terhadap melamar pekerjaan pada sutau perusahaan. Jika suatu pencari kerja masih banyak memilih maka angka pengangguran akan semakin tinggi yang dibarengi angka angkatan kerja baru juga tinggi pada setiap tahunnya. Oleh karena itu penelitian ini betujuan untuk mengetahui persepsi pencari kerja tentang reputasi perusahaan, e-recruitment, dan kompensasi yang diberikan terhadap minat melamar kerja. Jenis penelitin yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode pengumpulan data menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang di tujukan kepada para pekerja yang sudah dinyatakan diterima di perusahaan di kabupaten bekasi dengan menggunakan teknik non probability sampling untuk mengetahui tanggapan. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda untuk membuktikan uji hipotesis penelitian. Data yang telah memenuhi uji validitas, uji reabilitas serta uji asumsi klasik kemudian diolah menggunakan SPSS 26 untuk mendapatkan persamaan regresi. Sehingga di dapat hasil penelitian berdasarkan perhitungan SPSS dinyatakan bahwa reptutasi perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melamar kerja, e-recruitment berpengaruh positif dan signifikan serta kompensasi tidak memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat melamar kerja di kabupaten Bekasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariandi, F. (2018). Pengaruh Metode Pembayaran Kompensasi Terhadap Kinerja Tutor. Perspektif, XVI (1), 84–90. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/view/3106
Arjanto, D. (2022). Sebanyak 220.000 Warga Kabupaten Bekasi Jadi Pengangguran. https://metro.tempo.co/read/1515072/ternyata-sebanyak-220-000-warga-kabupaten-bekasi-jadi-pengangguran
Ekhsan, M., & Fitri, N. (2021). Pengaruh Employer Branding Terhadap Minat Melamar Pekerjaan dengan Reputasi Perusahaan Sebagai Variabel Mediasi. Ekonomi Bisnis, 1. https://doi.org/10.47709/jebma.v1i2.975
Erlinda, F., & Safitri, R. (2020). The Relationship Between Employer Branding, Corporate Reputation, And Recruitment Web On Intention To Apply. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 7(8), 1572. https://doi.org/10.20473/vol7iss20208pp1572-1583
Hamali, A. Y. (2018). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kedua: Yogyakarta: CAPS.
Hasibuan, Malayu S. P. 2019. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.
Herwin, & Ferryal, A. (2018). PENGARUH REPUTASI PERUSAHAAN DAN REPUTASI VENDOR T. Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB), 3, 353–364.
Husna, J., Prasetya, A., Shadiqin, S., Pungki, B., Muhaimin, Y., & Artikel, I. (2021). Efektivitas Metode Rekrutmen Melalui Media Sosial (E-Recruitment). 2(1), 45–54. https://doi.org/10.26623/jisl
Indah, F. D., & Hendratmoko, C. (2022). Pengaruh kompensasi, karakteristik pekerjaan, tanggung jawab sosial perusahaan dan reputasi perusahaan terhadap minat melamar pekerjaan. Ekonomi Dan Manajemen, 19(2), 257–267.
Kasmir. (2019). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Prenada media Group.
Latansa (2020). Pengaruh Reputasi Perusahaan Terhadap Minat Melamar Pekerjaan Pada Mahasiswa Unes. Skripsi. Universitas Negri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/40841/1/1511413086.pdf
Mujanah, S. (2019). Manajemen Kompensasi. Surabaya: CV. Putra Media Busantara (PMN)
Munawaroh, S., & Ekhsan, M. (2019). Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja Dan E-Recruitment Terhadap Minat Melamar Kerja (Studi Kasus Generasi Z Wilayah Cikarang Utara). Skripsi. Universitas Pelita Bangsa.
Purborini, P. S., & Ananda, Basid. Rezqi. (2022). Pengaruh Employer Branding terhadap Intensi Melamar Pekerjaan di Perusahaan BUMN dengan Reputasi Perusahaan Sebagai Pemediasi (Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Pertamina). Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 08, 103–114.
Puri, W., & Wisnu, S. (2020). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPERAN DALAM PELAKSANAAN E-RECRUITMENT PADA PT. CIPTA ANEKA SELERA. Majalah Ekonomi, 25(2).
Rahmawati, R., & Dyah, Ratnasari. Siwi. (2021). Pengaruh online recruitment dan persepsi pencari kerja terhadap niat melamar pekerjaan (studi pada mahasiswa semester akhir di kota malang. EKONIKA Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 6(2), 266. https://doi.org/10.30737/ekonika.v6i2.1500
Riadi, Muchlisin. (2022). Reputasi Perusahaan (Pengertian, Aspek, dan Indikator). Diakses pada 27/3/2023, dari https://www.kajianpustaka.com/2022/06/reputasi-perusahaan.html
Ricadona, pia. (2021). Pengaruh Proses Rekrutmen dan Reputasi Perusahaan Terhadap Peningkatan Jumlah Karyawan di PT. Mitra Berkat Terpilih. Prosiding: Ekonomi Dan Bisnis, 1(1).
Shalahuddin, S., Sari, M. F., & Hidayat, N. (2022). Peran Kompensasi dan E-Recruitment: Analisis Minat Melamar Pekerjaan Pada Calon Karyawan/Pegawai Generasi Millenial. At-Tadbir: Jurnal Ilmiah Manajemen, 6(1), 66. https://doi.org/10.31602/atd.v6i1.6088
Sinambela. (2019). Manajemen kinerja : pengelolaan, pengukuran, dan implikasi kinerja / Prof. Dr. Lijan Poltak Sinambela, Dr. Sarton Sinambela (Cetakan ke-1). PT Rajagrafindo Persada.
Sujarweni, V. Wiranti. (2019). Metodeologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi : Pendekatan Kuantitatif. Pustaka Baru Press.
DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i1.19333
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.