Pengaruh Digital Marketing Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Di Pantai Botutonuo

Srisetia Ningrum, Mohammad Agus Salim Monoarfa, Andi Juanna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Digital Marketing Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Di Pantai Botutonuo. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dimana metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar kepada pengunjung di Pantai Botutonuo. Jumlah sempel yang digunakan berjumlah 91 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung. Daya tarik wisata tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung. Digital marketing dan daya tarik wisata secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung di Pantai Botutonuo.

 


Keywords


Pemasaran Digital; Daya Tarik Wisata; Minat Berkunjung

Full Text:

PDF

References


Adimayu, Y., & Ernawati, S. (2020). Pengaruh Daya Tarik dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Berkunjung Pada Pantai Lawata Kota Bima. Jurnal Mala'bi STIE Yapman, 3.

Adinda, S. (2019). Pengaruh Media Sosial Instagram @exploremalang Terhaap Minat Berkunjung Followers ke Suatu Destinasi.

Ahmad, N. S., Musa, R., & Harun, M. H. M. (2016). The Impact of Social Media Content Marketing (SMCM) towards Brand Health. Procedia Economics and Finance, 37(16), 331-336. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(16)30133-2

Anugrah, K. (2018). Optimalisasi Usaha Kuliner di Obyek Wisata Hiu Paus Desa Botu Barani Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Jurnal Pariwisata Pesona, 03(2), 191-204. https://doi.org/10.26905/jpp.v3i2.2463

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Revisi). Rineka Cipta.

Berhanu, K., & Raj, S. (2020). Heliyon the Trustworthiness of Travel and Tourism Information Sources of Social Media : Perspectives of International Tourists Visiting Ethiopia. Heliyon, 6(January). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e03439

Bhuiyan, M. A. H., Darda, M. A., & Hasan, M. R. (2021). Tourist perception and satisfaction on safari tourism at Bangabandhu Sheikh Mujib Safari Park in Bangladesh. International Journal of Geoheritage and Parks, 9(4), 430-440. https://doi.org/10.1016/j.ijgeop.2021.11.005

Buluhan, A. M. A. (2021). Pengaruh Pengelolaan Pariwisata Terhadap peningkatan Peluang Usaha Masyarakat di Objek Wisata Botutonuo Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango.

Cats, O., & Ferranti, F. (2022). Voting with one's feet: Unraveling urban centers attraction using visiting frequency. Cities, 127(May), 103773. https://doi.org/10.1016/j.cities.2022.103773

Chaffey, D. (2011). E-Business and E-Commerce Management: Strategy, Implementation, and Practice. Harlow: Peason Education Limited.

Chang, J. R., & Chang, B. (2015). The Development of a Tourism The Development of a Tourism Attraction Model by Using Fuzzy Theory. Mathematical Problems in Engineering. https://doi.org/10.1155/2015/643842

Cooper, C., Fletcher, J., Gilbert, D., & Wanhill, S. (1993). Tourism Principles and Practice. Pearson Education UK.

Dolega, L., Rowe, F., & Branagan, E. (2021). Going digital? The impact of social media marketing on retail website traffic, orders and sales. Journal of Retailing and Consumer Services, 60(January), 102501. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102501

Edi, A. P. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Jasa Transportasi (Studi Pada Pelanggan Taxi Motor 86 Di Seleman).

Ernawati, S. (2021). Pengaruh Daya Tarik wisata Terhadap Minat Berkunjung di Kawasan Amahami Kota Bima. Insight Management Journal, 1(2), 50-54. https://journals.insightpub.org/index.php/imj

Fawaid, A. (2017). Pengaruh Digital Marketing System, Terhadap Daya Saing Penjualan Susu Kambing Etawa. IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 4(1), 104-119. https://doi.org/10.19105/iqtishadia.v4i1.1134

Ferdinand, A. (2002). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstansi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. : Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Ketujuh. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gon Chung, M., Dietz, T., & Liu, J. (2018). Global relationships between biodiversity and nature-based tourism in protected areas. Ecosystem Services, 34, 11-23. https://doi.org/10.1016/j.ecoser.2018.09.004

Grover, P., Kar, A. K., & Janssen, M. (2019). Diffusion of blockchain technology: Insights from academic literature and social media analytics. Journal of Enterprise Information Management, 32.

Habib, S., Hamadneh, N. N., & Hassan, A. (2022). The Relationship between Digital Marketing , Customer Engagement , and Purchase Intention via OTT Platforms. Jounal of Mathematics.

Hanifah, H. S. (2022). Peran Digital Marketing Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Garut : Store Atmosfer Variabel Moderating. Jurnal Algoritma, 18(2), 424-432. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.18-2.1033

Hendra, H., S, A. S. R., Jaya, R., & Nurfaika. (2021). Analisis Spasial Wisata Pantai Botutonuo Desa Botutonuo Menggunakan Foto Udara Orthofoto Hasil Pemotretan Dengan UAV. Jurnal Sains Informasi Geografi, 4(November), 58-67. https://doi.org/10.31314/j

Hidayanti, A. A., & Masyhudi, L. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Daya Tarik dan Lokasi Terhadap Minat Berunjung Wisatawan Di Desa Tete Batu Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 197-200. http://dx.doi.org/10.15252/emmm.202012488

Hossain, M. I., & Khanal, B. P. (2020). SWOT Analysis of Forest Protected Area Based Sustainable Tourism Development: A Case Study in the Lawachara National Park, Bangladesh. Journal of Tourism and Hospitality Education, 10, 71-89. https://doi.org/10.3126/jthe.v10i0.28734

Huang, X., Wang, S., Zhang, M., Hu, T., Hohl, A., She, B., Gong, X., Li, J., Liu, X., Gruebner, O., Liu, R., Li, X., Liu, Z., Ye, X., & Li, Z. (2022). Social media mining under the COVID-19 context : Progress, challenges, and opportunities. International Journal of Applied Earth Observation and Geoinformation, 113(March), 102967. https://doi.org/10.1016/j.jag.2022.102967

Ikhsanuddin. (2022). Pengaruh Iklan Sosial Media Instagram Terhadap Keputusan Berkuknjung ke Gili Ketapang Menggunakan @giliketapang_trip. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Ingrassia, M., Bellia, C., Giurdanella, C., Columba, P., & Chironi, S. (2022). Digital Influencers, Food and Tourism"”A New Model of Open Innovation for Businesses in the Ho.Re.Ca. Sector. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 8(1), 50. https://doi.org/10.3390/joitmc8010050

Isman, Patalo, R. G., & Pratama, D. E. (2020). Pengaruh Sosial Media Marketing, Ekuitas Merek, Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Ke Tempat Wisata. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 30-36. https://doi.org/10.21107/jsmb.v7i1.7447

Ivanta, Munarsih, Sudarsono, A., Ariyanto, A., & Akbar, M. F. (2021). Strategi Marketing Destinasi Wisata Curug Angkrek Pasca Covid-19. Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 595-605. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JAL/article/view/13527/7926

Jensen, J. F. (1998). "˜Interactivity': Tracking A New Concept In Media And Communication Studies. Nordicom Review, 12(1).

Juanna, A., Kusuma, C. A., Ningrum, S., & H Lapalanti, M. Z. (2022). A Survey Study on the Efficacy of a Tourism Website: a Case of Botutonuo Beach in the Province of Gorontalo. International Journal of Scientific and Management Research, 05(07), 147-155. https://doi.org/10.37502/ijsmr.2022.5712

Jushendirawati. (2021). Pengaruh Atraksi Wisata, Citra Destinasi dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Pada Wisata Warung Terapung (water) Amassangan Kecamatan Malangke Barat.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2005). Dasar-dasar Pemasaran. Prehallindo.

Kotler, P., Anitawat, A., & Susanto, A. B. (2000). Manajemen Pemasaran di Indonesia. Salemba Empat.

Kotler, P., Bowen, J. T., & Makens, J. C. (2006). Marketing for Hospitality and Tourism. Pearson Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 13. PT. Indeks.

Kotler, P., & Lane, K. K. (2016). Marketing Management 15th Edition. United States of America: Pearson Education.

Kristianti, T. R., & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Tingkat Kepercayaan Konsumen dan Minat Kunjungan Wisata Kuliner Kota Bogor. Prologia, 4(2), 393-401. https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6686

Kumar, D. P., Rajyalakshmi, K., & Asadi, S. S. (2017). Digital Marketing Strategical Role to Promote Technical Education in Andhra and Telangana: An Exploratory Study. International Journal of Civil Engineering and Technology, 8(10), 197-206.

Lamb, C. W., Hair, J. J. F., & McDaniel, J. C. (2001). Pemasaran, Jilid 1. Salemba Empat.

Latif, N., & Duludu, U. A. T. . (2021). Sikap Masyarakat Terhadap Pengembangan Wisata Pantai Botutonuo Kabupaten Bone Bolango. Jambura Journal of Community Empowermnt (JJCE), 2(2), 73-82.

Leuci, R., Wiles, E., Thackeray, Z., & Vella, G. (2022). Trends in sandy beach variability EThekwini Municipality, South Africa. Journal of Sea Research, 179(December 2021). https://doi.org/10.1016/j.seares.2021.102149

Li, H., & Su, T. (2022). SM-PageRank Algorithm-Based User Interest Model for Mobile Smart Tourism Platform. Wireless Communications and Mobile Computing. https://doi.org/10.1155/2022/6034500

Li, Z. (2022). Accurate Digital Marketing Communication Based on Intelligent Data Analysis. Scientific Programming. https://doi.org/10.1155/2022/8294891

Liu, Y., & Huang, X. (2021). Brand Digital Marketing under Intranet Security Control Based on the Machine Learning Classification Algorithm. Security and Communication Networks. https://doi.org/10.1155/2021/9977221

Lustono, & Permatasari, K. D. (2022). Pengaruh Media Sosial, Aksebilitas, Fasilitas, Event Pariwisata, dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Kunjung Wisatawan di Desa Pagak, Banjarnegara. 13(1), 41-52.

Ma, Z., Wahid, F., Baseer, S., Alzubi, A. A., & Khattak, H. (2022). Influence of COVID-19 on the Tourism Industry in China : An Artificial Neural Networks Approach.

Mangkunegara, A. P. (1998). Perilaku Konsumen. Bandung Eresco.

Marpaung, H., & Sahla, H. (2017). Pengaruh Daya Tarik Dan Aksesibilitas Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Ke Air Terjun Ponot Di Desa Tangga Kecamatan Aek Songsongan Kabupaten Asahan. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu UNA, 1151-1160.

Mat-Som, A. P., & Bader-Badarneh, M. (2011). Tourist Satisfaction and Repeat Visitation; Toward a New Comprehensive Model. World Academy of Science, Engineering and Technology, 50, 1106-1113.

Mayer, S., & Landwehr, J. R. (2018). Quantifying visual aesthetics based on processing fluency theory: Four algorithmic measures for antecedents of aesthetic preferences. Psychology of Aesthetics, Creativity, and the Arts, 12(4), 399-431. https://doi.org/10.1037/aca0000187

Mulyanto, H., & Wulandari, A. (2010). Penelitian: Metode dan Analisis. CV. Semarang: CV Agung.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Ngajow, M. T., Tawas, H. N., & Djemly, W. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Citra Objek Wisata Terhadap Minat Berkunjung Pada Objek Wisata Bukit Kasih Kanonang, Dengan Pandemi Covid 19 Sebagai Variabel Moderator. Djemly 101 Jurnal EMBA, 9(2), 92-100. www.corona.help.com,

Nifita, A. T., & Arisondha, E. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Taman Geopark Kabupaten Merangin. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 7(2), 169-180.

Nugraha, alvin satria, & Adialita, T. (2021). Pengaruh Sosial Media Marketing Terhadap Minat Berkujung Wisatawan Di Kota Bandung Melalui Nilai Yang Dipersepsikan (The Effect Of Social Media Marketing On The Visit Intention In Bandung Mediated By Perceived Value). Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 2(3), 195-212. https://doi.org/10.35912/jakman.v2i3.381

Nurbaeti, Rahmanita, M., Ratnaningtyas, H., & Amurullah. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesbilitas, Harga dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Objek Wisata Danau Cipondoh, Kota Tangerang. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(2), 269. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i2.33456

Park, J., Hyun, H., & Thavisay, T. (2021). A study of antecedents and outcomes of social media WOM towards luxury brand purchase intention. Journal of Retailing and Consumer Services, 58. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102272

Philp, M., Jacobson, J., & Pancer, E. (2022). Predicting social media engagement with computer vision: An examination of food marketing on Instagram. Journal of Business Research, 149(May), 736-747. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2022.05.078

Poluan, J. G., Mandey, S. L., & Massie, J. D. D. (2022). Analisis Digital Marketing Terhadap Revisit Intention Pada Objek Wisata Di Kota Tomohon Sulawesi Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi (JMBI UNSTRAT), 9(2), 723-741. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jmbi/article/view/43427%0Ahttps://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jmbi/article/download/43427/38136

Prihatnawan, A. B. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Pada Desa Wisata Di Kawasan Balkondes Borobudur [UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA]. http://reader.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/display/file/14244/9/

Priyatno, D. (2016). Belajar Cara Meenganalisis Data dan Cara Pengolahannya dengan SPSS. Gava Media.

Pumbu, F. (2021). Pengaruh Media Sosial (Instagam) @Exlore_Gorontalo Terhadap Minat Berkunjung Wisata di Gorontalo.

Rini, R. S., & Apriyanti. (2022). PENGARUH DAYA TARIK, AKSESBILITAS, HARGA, DAN PELAYANAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG PADA WISATA LEMBAH WILIS MADIUN. Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (SIMBA).

Sa'diyah, K., Kurniati, R. R., & Zunaida, D. (2019). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Asuransi PT. Prudential Life Assurance. Jiagabi (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga / Bisnis), 8(3), 163-169.

Sasmita, C. I., & Kurniawan, I. B. (2020). Pengaruh Promosi Sosial Media ( Digital Marketing ) Terhadap Minat Beli Chatime Wilayah Badung - Bali. Sintesa Prosiding 2020, November, 317-318.

Schwaighofer, V. (2014). Tourist Destination Image and Local Culture. Salzburg: Spring Gabler.

Simanjuntak, M., Setiawan, A., Nasrullah, Abdillah, L. A., Mistriani, N., Simarmata, J., Tjahjana, D., Sari, O. H., Banjarnahor, A. R., Triharjono, B. A., Purba, B., & Yendrianof, D. (2021). Pemasaran Digital Pariwisata Indonesia. Yayasa Kita Menulis.

Soewantoro, G. (1997). Dasar-Dasar Pariwisata. Andi Offset.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. ALVABETA CV.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Edisi Kedua. Bandung: Alfabeta.

Suprihatin, W. (2020). Analisis Perilaku Konsumen Wisatawan Era Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus Pariwisata di Nusa Tenggara Barat ). Jurnal Bestari, 19(1), 56-66.

Surentu, Y. Z., Warouw, D. M. D., & Rembang, M. (2020). Pentingnya Website Sebagai Media Informasi Destinasi Wisata Di Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Minahasa | Surentu | Acta Diurna Komunikasi. Acta Diurna Komunikasi, 2(4), 1-17. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/31117/29843

Susanto, B., & Astutik, P. (2020). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Obyek Wisata Edukasi Manyung. Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, xx(x), 46-56.

Sutama. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan R&D. Fairuz Media.

Suwantoro, G. (2002). Dasar-Dasar Pariwisata. Andi.

Tanjung, A., Bintarti, S., & Nurpatria, E. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata, dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Kunjung Pada Situ RawaGede. Ikraith-Ekonomika, 5(2).

Widagdyo, K. G. (2017). Pemasaran, Daya Tarik Ekowisata, dan Minat Berkunjung Wisatawan. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 7(2), 261-276. https://doi.org/10.15408/ess.v7i2.5411

Wiratini, N. N. A., Setiawina, N. D., & Yuliarmi, N. nyoman. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Pada Daya Tarik Wisata Di Kabupaten Badung. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 1, 279. https://doi.org/10.24843/eeb.2018.v07.i01.p10

Witt, S. F., & Moutinho, L. (1994). Tourism Marketing and Management Handbook. Second edition. Prentice Hall International.

Witt, S. F., & Moutinho, L. (2006). Tourism Marketing and Management Handbook. Prentice Hall.

Yoeti, O. A. (2008). Perencanaan dan pengembangan pariwisata. Pradnya Paramita.

Yusuf, R., Hatujulu, J. M., & Mii, D. A. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Desa Botutonuo Melalui Penguatan Budaya Maritim. Jambura History and Culture Journal, 4(1), 1-8.

ZAI, T. L. C. (2017). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Ulang Dengan Kepuasan Wisatawan Sebagai Variabel Mediasi Pada Objek Wisata Nias Selatan Provinsi Sumatera Utara.

Zhu, Y.-Q., & Chang, J.-H. (2016). The key role of relevance in personalized advertisement: Examining its impact on perceptions of privacy invasion, self-awareness, and continuous use intentions. Computers in Human Behavior, 65. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.08.048




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i1.19347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo