Analisis Kepuasan Pengguna Jasa Transportasi Online Maxim Untuk Meningkatkan Loyalitas Pengguna Di Kota Gorontalo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor kepuasan pengguna jasa transportasi online Maxim dan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap jasa transportasi online serta apa yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan loyalitas pengguna. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data triagulasi (gabungan). Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dengan pengguna jasa transportasi online Maxim. Teknik wawancara dilakukan dengan pedoman wawancara. Analisis data penelitian bersifat deskriptif. Berdasarkan hasil temuan dan analisis yang diperoleh, bahwa faktor-faktor yang ditemukan kepuasan pengguna terhadap jasa transportasi online adalah kemudahan akses, kecepatan layanan, harga yang terjangkau, keramahan driver serta kondisi kenderaan. penelitian ini juga menjelaskan bahwa tingkat kepuasan pengguna terhadap jasa transportasi online Maxim cukup tinggi, namun masih ada beberapa keluhan pengguna yang merasa tidak puas dengan layanan yang diberikan. Berdasarkan hasil tersebut, perusahaan dapat meningkatkan loyalitas pengguna dengan meningkatkan kemudahan akses dan kecepatan layanan, serta menjaga harga yang terjangkau dan untuk driver lebih ditingkatkan pelayanan kepada pengguna mulai dari keramahan, memakai atribut Maxim hingga kondisi kenderaan dalam penelitian in yang menjadi fokus penelitian pada Maxim motor.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andi arifuddin. (2021). Driver Maxim Adakan Konvoi Motor dan Mobil Terbesar di Gorontalo. Gopos.Id. https://gopos.id/driver-maxim-adakan-konvai-motor-dan-mobil- terbesar-di-gorontalo/
Apriliani, A., Budhiluhoer, M., Jamaludin, A., & Prihandani, K. (2020). Systematic Literature Review Kepuasan Pelanggan terhadap Jasa Transportasi Online. Systematics, 2(1), 12. https://doi.org/10.35706/sys.v2i1.3530
Didin Fathihudin & Anang Firmansyah. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. DEEPUBLISH.
Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148–159. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4941
Henry Dewantara, A. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Ojek Online Maxim. Naskah Publikasi, 3–5.
Husain, W., Taan, H., & Niode, I. Y. (2023). Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Toko Az- Zahra Kota Gorontalo. 5(3), 894–901.
Meithiana. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press. Nursapiah. (2020). Penelitian Kualitatif. Wal Asri Publishing.
Quora. (2019). Apa saja alasan driver meminta pembatalan pesanan ke custumer? https://id.quora.com/Apa-saja-alasan-driver-meminta-pembatalan-pesanan-ke- customer
Rahajeng Kusumo Hastuti. (2019). Terungkap! Ini Alasan Ojol Maxim Berikan TarifMurah.CNBCIndonesia. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20191227155223- 37126096/terungkap-ini-alasan-ojol-maxim-berikan-tarif-murah
Redaksi. (2022). Eksistensi Ojek Online terhadap Kemudahan Akses Masyarakat. Kompasiana.https://www.kompasiana.com/jantsenam1759/6386727708a8b53e9d01e6 82/eksistensi-ojek-online-terhadap-kemudahan-akses-masyarakat
Robinhot Gultom & Siti Normi. (2020). Analisis Kepuasan Pengguna Jasa Transportasi Taksi Berbasis Aplikasi Online Untuk Meningkatkan Loyalitas Pengguna (Studi Pada Gojek, Dan Grab Di Kota Medan). Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX, 3(Maret 2020 – Agustus 2020), 1–10.
Ropiyadi Alba. (2020). Ojek Online, Mengatasi Masalah dengan Masalah. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/ropiyadi19360/ojek-online- mengatasi-masalah-dengan-masalah?
Salim & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Citapustaka Media.
Setyaningsih, E., Ismawan, E., & Hidayat, T. (2019). Analisa Tingkat Kepuasan Pelanggan Transportasi Online Maxim di Balikpapan. STMIK Borneo Internasional, 3(1), 33–38.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.
Syifa Fauziah. (2019). Ini masalah yang sering dikeluhkan oleh pelang gan ojek online. Brilio.Net. https://www.brilio.net/serius/ini-masalah-yang-sering-dikeluhkan-oleh-pelanggan-ojek-online-1911109.html
Taan, H. (2021). Konsep Dasar Perencanaan Pemasaran Dan Proses Penyusunannya. Jurnal Manajemen, 5(February), 6.
Umar, L. A., Taan, H., & Kango, U. (2022). Pengaruh Kepuasan dan Switching Barrier terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(2), 238–252.
Usman, N. A. S., Mendo, A. Y., & Abdussamad, Z. (2018). Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Demajor Cafe Kota Gorontalo. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 1–12. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB/article/view/7006
Utari, D., & Amanda, N. R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Transportasi Online Maxim Di Kota Palembang. JEMBATAN (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Auditing, Dan Akuntansi), 6(2), 121–127. https://doi.org/10.54077/jembatan.v6i2.62
DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i1.19388
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.