Pengaruh Komunikasi, Sumber Daya dan Sikap Pelaksana Terhadap Kinerja Organisasi dalam Implementasi Kurikulum Muatan Lokal di Provinsi Gorontalo

Siti Rahmatia Machieu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi (communications), sumber daya (resources) dan sikap pelaksana (dispotitions or attitudes) secara parsial dan simultan terhadap kinerja organisasi dalam implementasi Kurikulum Muatan Lokal di Provinsi Gorontalo. Pendekatan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian adalah expost facto. Desain penelitian ini berupa kausalitas. Teknik analisis data yang digunakan yakni regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) komunikasi (communications) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi dalam implementasi Kurikulum Muatan Lokal di Provinsi Gorontalo dengan nilai determinan sebesar 24,90%. (2) sumber daya (resources) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi dalam implementasi Kurikulum Muatan Lokal di Provinsi Gorontalo dengan nilai determinan sebesar 22,90%. (3) sikap pelaksana (dispotitions or attitudes) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi dalam implementasi Kurikulum Muatan Lokal di Provinsi Gorontalo dengan nilai determinan sebesar 36,10%. (4) Komunikasi (communications), sumber daya (resources), dan sikap pelaksana (dispotitions or attitudes) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja organisasi dalam implementasi Kurikulum Muatan Lokal di Provinsi Gorontalo dengan nilai determinan sebesar 82,90% sementara sisanya sebesar 17,10% dapat dijelaskan variabel lain seperti struktur birokrasi, mental pelaksana kebijakan, sistem yang digunakan, jejaring kerja sama serta interpretasi dan pemahaman pelaksana mengenai kebijakan peraturan daerah.

Keywords


Kinerja Organisasi; Implementasi Kurikulum; Muatan Lokal

Full Text:

PDF

References


Agustino, L. (2008). Dasar- dasar Kebijakan Publik. Bandung: Penerbit Alfabeta

Idi, A. (2014). Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktik, Jakarta: Rajawali Pers.

Kadji, Y. (2008). Implementasi Kebijakan Publik “Dalam Perspektif Dalam Realitas”. Tulung Agung: Penerbit Cahaya Abadi

Muhammad, M. & Barnawi. (2011). Kebijakan Publik di Bidang Pendidikan, Jogjakarta:Ar-ruzz Media

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Rosdakarya

Supriyanto, H. P. & Widowati, N. (2018). Hubungan Komunikasi dan Sikap dengan Implementasi Kebijakan Pajak Reklame di Kawasan Simpang Lima Semarang. Jurnal. Administrasi Publik Universitas Diponegoro

Wantu, S. M.; Hamim, U; Tamu, Y; & Lukum, R. (2015). Kebijakan Pemerintah Lokal Etinisitas dan Multikulturalisme. Yogyakarta: Interpena Yogyakarta.

Winarno, B. (2014). Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta: Media. Pressindo

Windiani. (2018). Implementasi Peraturan Daerah Tentang Pelayanan Publik Di Kota Surabaya. Jurnal Sosial Humaniora, Vol.1 No.2.

Zilfa, Rohil. (2016). Desentralisasi Pendidikan; Studi Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Jembrana Nomor 15 Tahun 2006 Tentang Rintisan Wajib Belajar 12 Tahun. Jurnal JOIES: Journal of Islamic Education Studies Volume 1, Nomor 1, Juni 2016; p-ISSN 2540-8070, e-ISSN 2541-173X.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i1.19436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo