Pengaruh E-Service Quality Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Dan Minat Beli Ulang Terhadap Spotify Premium Di Indonesia

Yanti Mayasari Ginting, Elvera Elvera, Noviandry Yuliany, Sastra Mico

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari E – Service Quality dan Harga terhadap Kepuasan dan Minat Beli Ulang Spotify Premium. Populasi penelitian ini adalah seluruh masyarakat Indonesia yang menggunakan Spotify Premium. Ukuran sampel diambil berdasarkan formula Roscoe, sampel yang diperoleh adalah 100 sampel. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah pengambilan sampel non-probabilitas menggunakan teknik pengambilan sampel purposive. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Model Persamaan struktural (SEM). Hasil penelitian menunjukan bahwa E – Service Quality dan harga berpengaruh terhadap Kepuasan, E – Service Quality dan Harga secara langsung tidak signifikan mempengaruhi Minat Beli Ulang, Kepuasan memediasi hubungan antara Harga terhadap Minat Beli Ulang, kepuasan memediasi hubungan antara e service quality terhadap minat beli ulang.

Keywords


E–Service Quality; Harga; Kepuasan; Minat Beli Ulang

Full Text:

PDF

References


Adisaputro, Gunawan. 2014. “Manajemen Pemasaran (Cetakan Ke-2). Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.”

Anggraini, Ni Putu Nita, I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi, and Dedik Pratama Putra. 2020. “The Influence of Experiential Marketing and E-Service Quality on E-Satisfaction and Repurchase Intention.” Journal of International Conference Proceedings 3(2): 50–58.

Arif, Moh Erfan. 2019. “The Influence of Electronic Word of Mouth (Ewom), Brand Image, and Price on Re- Purchase Intention of Airline Customers.” Jurnal Aplikasi Manajemen 17(2): 345–56.

Asari, N. 2001. “A Study of Service Quality from Perspective of Customer at Universiti Teknology Malaysia, Skudai, Johor.”

Bisnis, Program Manajemen, Program Studi Manajemen, Universitas Kristen Petra, and Jl Siwalankerto. 2016. “PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GO-JEK MELALUI KEPUASAN PELANGGAN.” 4(2): 95–100.

Candra, Sevenpri, and Mita Juliani. 2018. “Impact of E-Service Quality and Customer Value on Customer Satisfaction in LocalBrand.” Binus Business Review 9(2): 125–32.

Dewa, N. K. 2009. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli (Studi Kasus StarOne Di Area Jakarta Pusat.”

Elisa. 2020. “PENGARUH E - SERVICE QUALITY TERHADAP MINAT BELI ULANG TIKET DI KAI ACCESS DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Mahasiswa

Fakultas Ekonomi Unesa Pengguna Aplikasi Kai Access).” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 8(3): 999–1005.

Ely Kurniawati. 2021. “KONSUMEN THE INFLUENCE OF PRICE AND QUALITY OF SERVICE ON

CONSUMER SATISFACTION PENDAHULUAN Pasar Merupakan Tempat Bertemunya Penjual Dan Pembeli Untuk Melaksanakan Transaksi Jual Beli . Kehidupan Masyarakat Perkotaan Maupun Di Pedesaan Semakin Meningkat.” 10(NOVEMBER): 647–64.

Ferdinand, A. 2002. “Kualitas Strategi Pemasaran: Sebuahstudi Pendahuluan.” Sains Pemasaran Indonesia. Ghozali, Imam. 2013. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi., Badan

Penerbit Universitas Diponegoro., Semarang.”

Gitosudarmo, Indriyo. 2008. “Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Cetakan Keempat. BPFE, Yogyakarta.” Harianto. 2013. “Analisa Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image, Dan Atmosfer Terhadap Loyalitas Konsumen

Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Konsumen Kedai Deja-Vu Surabaya.” Jurnal Manajemen Pemasaran.

Hasan, (2013:173). 2013. “Maketing Dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS.”

Hikmah, Alfi Nurul, and Sulis Riptiono. 2020. “Pengaruh Customer Engagement Dan E-Service Quality Terhadap Online Repurchase Intention Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Marketplace Shopee.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA) 2(1): 89–100.

Imran, Moch Irzad Aditya. 2018. “Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Makanan Di Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Alauddin Kota Makassar.” Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis 2(1): 50–64.

Jeanne Ellyawati, Liana V. Sihotang,. 2020. “Overall Store Price Image (OSPI), Antecedents, and Its Effect on Repurchase Intention.” Jurnal Manajemen 24(3): 460.

Kamilla, Wandha Fatharany, Dinda Kayani, and Putri Bestari. 2022. “Pengaruh Popularitas Nct Dream Sebagai Brand Ambassador Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Mie Lemonilo ( Studi Pada Masyarakat Di Kota Bandung ).” 5(September): 3701–8.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2009. “Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Macana Jaya Cemerlang.” Kotler, P., & Amstrong. 2007. “Manajemen Pemasaran. Edisi Keduabelas. Jilid Kesatu.”

———. 2008. “Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.”

Kotler, Philip. 1980. “Marketing Management: Analysis, Planning, and Control. 4th Ed. London: Prentice-Hall, Inc.”

Kumala, Octaviantika Benazir. 2012. “Pengaruh Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Tune Hotels Kuta Bali. Skripsi. Universitas Indonesia, Jakarta.”

Kusdyah, I. 2012. “Persepsi Harga, Persepsi Merek, Persepsi Nilai, Dan Keinginan Pembelian Ulang Jasa Clinic Kesehatan (Studi Kasus Erha Clinic Surabaya).” Jurnal Manajemen.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. “Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.” Maimunah, Siti. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen

Dan Loyalitas Konsumen.” IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN 1(2): 57–68.

Muharam, Hari, Harmon Chaniago, Endraria Endraria, and Amran Bin Harun. 2021. “E-Service Quality, Customer Trust and Satisfaction: Market Place Consumer Loyalty Analysis.” Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi 8(2): 237.

Nasution, Laila Hadri. 2006. “PEMANFAATAN INTERNET GUNA MENDUKUNG KEGIATAN

PERKULIAHAN MAHASISWA PROGRAM PASCASARJANA UNIMED.”

Nita, Nellvian, and Ina Ratnasari. 2022. “Pengaruh E-Service Quality Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Marketplace Shopee.” J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains) 7(2): 867.

No, Vol. 2022. “LUCRUM : Jurnal Bisnis Terapan.” 2(4).

Oktarini, Riri. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Aplikasi Gojek Di Kota Tangerang.” Jurnal Sekretari Universitas Pamulang 6(2): 248.

parasuraman, A., Zeithaml, V. A., dan Malhotra, A. 2005. “‘E-S-QUAL A Multiple-Item Scale for Assessing Electronic Service Quality’.” service Research 7, No. X.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A. and Berry, L. L. 1985. “A Conceptual MoParasuraman, A., Zeithaml, V. A. and Berry, L. L.Del of Service Quality and Its Implication.” Journal of Marketing.

Prayoni, Ida Ayu, and Ni Nyoman Rsi Respati. 2020. “Peran Kepuasan Konsumen Memediasi Hubungan Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Dengan Keputusan Pembelian Ulang.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 9(4): 1379.

R. Ratika Zahra1, Nofha Rina2. 2018. “PENGARUH CELEBRITY ENDORSER HAMIDAH RACHMAYANTI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ONLINE SHOP MAYOUTFIT DI KOTA BANDUNG.” 6(5): 613–16.

Razak, N. S. A., Marimuthu, M., Omar, A., & Mamat, M. 2014. “Trust And Repurchase Intention On Online Tourism Services Among Malaysian Consumers.”

Ridwan, Muhammad, and Sintya Noviyanti. 2022. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Pembelian Ulang.” Kinerja 4(1): 53–66.

Ririn Zullaihah1, Harini Abrilia Setyawati2. 2021. “Analisis Pengaruh Iklan, Identitas Merek, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Pada Pengguna Smartphone Merek Oppo Di Kebumen).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA) 3(1): 169–84.

Rizky, M. F., & Yasin, H. 2014. “Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan.” Jurnal Manajemen & Bisnis.

Saga, Umbu, Ana Kaka, Caecilia Wahyu, and Estining Rahayu. 2019. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi.” Manajemen Oleh: (2): 428–39. https://prosiding.respati.ac.id/index.php/PSN/article/view/234.

Sangadji, Dr Etta Mamang, M.Si & Dr. Sopiah, M.M., Mpd. 2013. “Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertasi Himpunan.”

Sangadji dan Sopiah (2013). 2019. “Kepuasan Pelanggan Terhadap.” Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana

(1): 85–95. http://etd.uum.edu.my/4168/4/s810949_abstract.pdf.

Santoso, Agus, and Atik Aprianingsih. 2017. “The Influence of Perceived Service and E-Service Quality To Repurchase Intention the Mediating Role of Customer Satisfaction Case Study: Go-Ride in Java.” Journal of Business and Management 6(1): 12.

Sari, Desi Nilmala. 2015. “Hubungan Citra Diri Dan Kepuasan Konsumen Akan Merek Dengan Minat Beli Produk Bermerek Surfing.” Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 3(1): 77–87.

Sugiyono (2017:277). 2019. “Penerapan Personal Selling Dan Product Knowledge Tenaga Penjual Terhadap Keputusan Pembelian Produk Multimanfaat Pada Bank Tabungan Negara (Persero) Kantor Cabang Syariah Cirebon.” Jurnal Bisnis dan Pemasaran 9(2): 52–62.

Suryani, T. 2013. “Perilaku Konsumen Di Era Internet: Implikasinya Pada Strategi Pemasaran.”

Tj, Hery Winoto, and Melitina Tecoalu. 2022. “The Role of Customer Satisfaction in Mediation the Influence of Brand Image and Price on Repurchasing Interest.” Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Hery 5: 1690–97.

Tjiptono. 2015. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pelanggan Biro Jasa Lo Ise Kabupateh Asahan.”

Tjiptono & Chandra. 2012. “Pemasaran Strategik (2nd Ed.).” Tjiptono, Fandy. 2016. “Manajemen Jasa. Edisi Keempat.”

Wiryana, Novandy Yusanida, and Rezi Erdiansyah. 2020. “Pengaruh E-Service Quality Dan Perceived Value Terhadap Repurchase Intention Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Mediasi Pada Bisnis E- Commerce.” Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan 4(5): 217.

Zaki, M., and Saiman Saiman. 2021. “Kajian Tentang Perumusan Hipotesis Statistik Dalam Pengujian Hipotesis Penelitian.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4(2): 115–18.

Zeithaml, V., & M.J. Bitner. “McGraw-Hill International Edition.”




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i2.19453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo