Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Pembelian Tiket Bioskop TIX.ID Dan M.TIX Di Bandar Lampung

Wisnu Dharma Putra, Hepiana Patmarina

Abstract


Penelitian ditujukan guna memahami pengaruh persepsi kemudahan, promosi, serta harga pada minat beli pelanggan perihal transaksi dalam membeli tiket bioskop dengan memakai TIX ID dan M.TIX di kotaBandar Lampung. Populasinya merupakan seluruh masyarakat Bandar Lampung yang memiliki aplikasi TIX ID atau M.TIX. Pengambilan sampel meggunakan non-probability sampling melalui pemakaian purposive sampling technique yaitu rumus z-score sehingga diperoleh sampel sebesar 100 responden. Jenis penelitian memakai penelitian kuantitatif. Metode analisis data yang dipergunakan merupakan analisis deskriptif serta regresi linier berganda. Penelitian memberikan jika uji t (parsial) menyatakan bahwa persepsi kemudahan terpengaruh positive serta signifikan pada minat beli, promosi tidak terpengaruh pada minat beli, dan harga terpengaruh positive serta signifikansi pada minat beli. Sedangkan Uji-F (simultan) menyatakan persepsi kemudahan, promosi serta harga secara bersamaan terpengaruh pada minat beli pelanggan ketika membeli tiket bioskop memakai TIX ID dan M.TIX di kota Bandar Lampung.


Keywords


Persepsi Kemudahan; Promosi; Harga; Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Agustina, S., Lestari, E., & Susanti, R. A. D. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui E-Commerce (Studi Empiris Pengguna Shopee Pada Mahasiswa UNITRI) (Doctoral dissertation, Fakultas Manajemen Universitas Tribhuwana Tunggadewi).

Erinawati, F., & Syafarudin, A. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, promosi terhadap keputusan. Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 1(1), 130-146.

Fadhilah, N., & Quranisari, S. H. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi M-Tix Dan Tix Id Dalam Pembelian Tiket Bioskop Di Kalangan Mahasiswa. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(5), 153-162.

Fitri, S., Nasution, Z., & Simanjuntak, D. (2022). Pengaruh Harga, Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Toko khanza

Aeknabara. REMIK: Riset dan E-Jurnal Manajemen InformatikaKomputer, 6(3),408-417.

Patmarina, H., & Wiratama, M. F. (2016). Analisis Pengaruh Harga Jual dan Biaya Promosi Terhadap Nilai Penjualan Motor Yamaha Mio M3 pada PT Langgeng Prima Mandiri di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 6(2). http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/jmb/article/view/837

Putra, M.B. (2019). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Dalam Pembelian Tiket Bioskop Menggunakan TIX ID Di Bandar Lampung. Skripsi. Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

Saifudin, G. A. (2022). PENGARUH PROMOSI, PERSEPSI HARGA, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SHOPEE SAAT

PANDEMI (Studi Kasus Pada Masyarakat Boja Kabupaten Kendal). JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI, 29(53).

Sati, R. A. S., & Ramaditya, B. B. A. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan E-Money (Studi Kasus Pada Konsumen Yang Menggunakan Metland Card).

Septyadi, M. A. K., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature Review Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone: Harga Dan Promosi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 301-313.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i1.19500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo