Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Fashion Di Kota Bandar Lampung

Clara Samantha Purba, Tri Lestira Putri Warganegara

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan mempengaruhi Kinerja Pemasaran. Responden dalam penelitian ini merupakan 30 pemilik usaha UMKM Fashion di Kota Bandar Lampung. Explanatory research dengan pendekatan kuantitatif dipakai dalam jenis penelitian ini. Menggunakan program IBM SPSS Statistic 26, analisis linear berganda merupakan teknik analisisnya. Penelitian ini menghasilkan Y = 3,188 +0,646 +0,299 +et. Hasil perhitungan secara parsial membuktikan bahwa Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan secara signifikan mempengaruhi Kinerja Pemasaran. Hasil uji simultan diperoleh Fhitung = 46,995 dengan taraf signifikasi 0,000 < 0,005. Koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 0,777, hal ini berarti bahwa pembelian yang dilakukan oleh masyarakat di Kota Bandar Lampung terhadap UMKM Fashion sebesar 77,7%, selebihnya yaitu 22,3% dipaparkan oleh variable lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kinerja Pemasaran. Hal ini berarti bahwa semakin besar Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan, maka semakin baik pula kinerja pemasaran. Saran bagi Pemilik Usaha UMKM Fashion di Kota Bandar Lampung perlu mempelajari tentang orientasi kewirausahaan melalui penemuan baru, memiliki keberanian dalam pengambilan resiko, percaya pada kemampuan diri sendiri, dan merencanakan kedepannya. Penerapan pengetahuan ini diperlukan untuk mencapai kinerja pemasaran yang baik.

Keywords


Orientasi Pasar; Orientasi Kewirausahaan; Kinerja Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Afandi, P. (2018). Manajemen sumber daya manusia (Teori, konsep dan indikator). Riau: Zanafa Publishing, 3.

Dewi, N. M. P., & Ekawati, N. W. (2017). Peran Keunggulan Bersaing Dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi UKM Laundry di Kecamatan Kuta Selatan). Manajemen Unud, 6(9), 4947–4977.

Erwanto, Y., Sugiyono, S., Rohman, A., Abidin, M. Z., & Ariyani, D. (2012). Identifikasi daging babi menggunakan metode pcr-rflp gen Cytochrome b dan pcr primer spesifik gen amelogenin. Agritech: Jurnal Fakultas Teknologi Pertanian UGM, 32(4), 95965.

Fatmawati, R. A., Pradhanawati, A., & Ngatno, N. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran Pada Warung Kucingan/Angkringan Di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(3), 351–362.

Hatta, I. H. (2015). Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Kapabilitas Pemasaran dan Kinerja Pemasaran. Jurnal Aplikasi Manajemen, 13(4), 653–661.

Idar, R., & Mahmood, R. (2011). Entrepreneurial and marketing orientation relationship to performance: The SME perspective. Interdisciplinary Review of Economics and Management, 1(2), 1–8.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian pendidikan. Pustaka Setia.

Mayasari, I., & Warganegara, T. L. P. (2022). PENGARUH SELF-EFFICACY DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA DI MASA PANDEMI COVID-19. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(9), 1887–1900.

Narver, J. C., & Slater, S. F. (1990). The effect of a market orientation on business profitability. Journal of Marketing, 54(4), 20–35.

Oktavianus, L. C., Randa, F., Jao, R., & Praditha, R. (2022). Kinerja Keuangan dan Reputasi Perusahaan: Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 13(2), 218–227.

Sari, F. A. P. W., & Farida, N. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Inovasi Produk Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Umkm Kuningan Juwana Kabupaten Pati). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(3), 345–352.

Supardi, S., Yusril, M., Zamri, A. T., & Ak, U. A. (2021). Analisis Bauran Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kabupaten Kampar. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah, 15(1), 107–113.

Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada produk kosmetik. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(1), 11–18.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i1.19505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo