Peranan Motivasi Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Barbershop Chillbarberman Di Bandar Lampung

Hepiana Patmarina, Nurul Anisa

Abstract


Beban pekerjaan yang berat lambat laun akan menurunkan motivasi dan kinerja karyawan yang pada akhirnya akan mengganggu pencapaian tujuan organisasi. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui peranan motivasi kerja dalam meningkatkan kinerja karyawan Barbershop Chillbarberman Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari wawancara informan sebanyak 4 orang yaitu pemilik, dan 3 orang karyawannya. Menggunakan teknik analisis data melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) motivasi yang telah diberikan pemimpin kepada karyawan berupa pujian, penghargaan, gaji dan bonus, kenyamanan kerja, dan fasilitas-fasilitas mendukung mampu mendorong semangat kerja bagi karyawan agar lebih baik dalam bekerja dan tercapainnya tujuan perusahaan. (2) dilihat dari kualitas pekerjaan dinilai sudah baik, tetapi dari segi kuantitas masih kurang optimal penyebabnya kurangnya jumlah tenaga kerja sehingga dalam melayani konsumen tidak tepat waktu yang telah ditentukan. (3) masih kurangnya fasilitas seperti ruangan khusus bagi karyawan untuk istirahat serta tidak disediakannya minum untuk karyawan. (4) selain motivasi yang diberikan pimpinan juga ada motivasi dalam diri karyawan itu sendiri untuk meningkatkan kinerja mereka.

Keywords


Motivasi Kerja; Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Amirullah. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia dan Perilaku Organisasi Pendekatan Riset. Malang: Sinar Akademia Malang.

Bahri, S., & Nisa, Y. C. (2017). Pengaruh Pengembangan Karir Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 9–15.

Kasmir. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.

Kholizah, N., Mayvita, P. A., & Artiningsih, D. W. (2020). Pengaruh Seleksi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Glow Supermarket Banjarmasin. Journal Universitas Islam Kalimantan MAB, 1(2), 1–14.

Nagara, A. O. A., & Emaputra, A. (2020). Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Barbershop dengan Metode Service Quality (Servqual) dan Importance Performance Analysis (IPA) Studi Kasus XYZ Barbershop. Jurnal Rekayasa Industri, 2(8), 97–104.

Patmarina, H., & Tommy. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai CV. Jaya Makmur Sentosa (JMS) Di Bandar Lampung. Lampung: Universitas Bandar Lampung.

Rahman, Y. A. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Tsaqofah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 1–23. https://doi.org/10.58883/tsaqofah.v4i2.84

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Jakarta: Cipta Media Nusantara.

Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Iffah, J. D. N., … Sofiyana, M. S. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UNISMA Press.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i1.19522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo