Strategi Digital Marketing Menggunakan Whatsapp Business Pada Warung Makan Menwari

Giovani Benediktus Ridanto Wicaksono, Fahrul Husna Kusuma Arga, Arif Bayu Sadewa, Edwin Susanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengisi celah pengetahuan tersebut mengenai strategi pemasaran dalam Whatsapp Business dan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana memanfaatkan WhatsApp Business sebagai alat pemasaran yang efektif khususnya pada warung makan Menwari. Media sosial adalah media berbasis online internet. Pengguna memiliki kemampuan untuk berinteraksi dan menampilkan diri kepada khlayak luas baik secara langsung atau dengan penundaan atau tidak, meningkatkan nilai konten buatan pengguna dan persepsi interaksi dengan orang lain. WhatsApp Business merupakan aplikasi percakapan yang dirancang khusus untuk keperluan Business, yang memungkinkan perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka secara langsung melalui aplikasi ini. Alat analisis yang digunakan adalah wawancara dengan pemilik Menwari. Hasil penelitian ini adalah beberapa cara tentang meningkatkan strategi pemasaran pada Menwari melalui media WhatsApp Business.

Keywords


WhatsApp Business; Digital Marketing; Media Sosial

Full Text:

PDF

References


D. Budiarto, I., & Iswanto, D. (2020). WhatsApp business usage among Indonesian MSMEs: Barriers and opportunities. Journal of Small Business and Entrepreneurship Development, 3, 73–81.

Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic inquiry. Sage Publications.

M, M., Musa, & M, N, A. (2019). WhatsApp as a digital marketing tool for Small-Medium Enterprises (SMEs) in Malaysia. Journal of Contemporary Management Sciences, 4, 1–15.

Miftahul Azizah, Z., Manajemen Bisnis Syariah, J., Ekonomi Dan Bisnis Islam, F., & Islam Negeri Sayyid Ali, U. (2023). Strategi Pemasaran Menggunakan Whatsapp Bisnis Pada Lathifa Shop. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(1), 11–25.

Q, M, P. (2015). Qualitative research & evaluation methods: Integrating theory and practice.

Sohail, M. S., Sabri, M. F., & Sohail, A. (2018). Exploring the use of WhatsApp as a tool for improving restaurant customer experience. Journal of Retailing and Consumer Services, 40, 261–269.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i2.19545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo