Penerapan Metode Material Requirement Planning (MRP) Di PT. Jempol Berkat Sejahtera

Jennifer Cendana, Yusuf S Barusman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan persediaan kebutuhan bahan baku yang dilakukan oleh PT. Jempol Berkat Sejahtera serta untuk mengetahui biaya minimum yang dapat diperoleh PT. Jempol Berkat Sejahtera untuk persediaan bahan baku. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah perhitungan perhitungan Material Requirement Planning (MRP) dengan menentukan terlebih dahulu Master Production Schedule (MPS), Bill of Material (BOM), Catatan Persediaan serta Jumlah Komponen.  Kesimpulan hasil dari penelitian ini adalah dengan adanya kebijakan perusahaan, pembelian rata – rata bahan baku biji kopi tahun 2020 sejumlah 7,128kg dan tahun 2021 sejumlah 9,242,4kg, sedangkan menurut Metode Economic Order Quantity (EOQ) jumlah pembelian bahan baku yang optimal tahun 2020 sejumlah 103,581kg dan tahun 2021 sejumlah 116,817kg. Dengan kebijakan perusahaan total biaya persediaan bahan baku biji kopi tahun 2020 adalah sebanyak Rp. 33.732.200 dan pada tahun 2021 adalah sebanyak Rp. 41.581.760 sedangkan dihitung dengan menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) total biaya persediaan bahan baku biji kopi pada tahun 2020 adalah sebanyak Rp. 3.573.594,4 dan pada tahun 2021 adalah sebanyak Rp. 4.160.360,8. Frekuensi pemesanan perusahaan sebelumnya pada tahun 2020 dan 2021 adalah 5 kali dalam setahun, sedangkan dengan metode EOQ pemesanan lebih efisien 1 kali dalam setahun. Sedangkan saran yang dapat diperoleh adalah berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan metode Material Requirement Planning (MRP) yang telah dilakukan terhadap data yang diperoleh dari PT. Jempol Berkat Sejahtera, perusahaan perlu menerapkan sistem Material Requirement Planning (MRP) dalam melakukan proses produksi jangka panjang untuk perencanaan kebutuhan bahan baku. Dalam hal ini metode MRP dapat membantu perusahaan dalam melakukan perencanaan kebutuhan bahan baku setiap item produk secara efektif dan efisien, sehingga proses produksi tidak akan mengalami kendala dan semua dapat terlaksanakan sesuai kapasitas yang direncanakan serta semua orderan dapat terpenuhi tepat waktu.

Keywords


Material Requirement Planning (MRP); Economic Order Quantity (EOQ)

Full Text:

PDF

References


A Afriliana -2018- Books.Google.Com. Teknologi Pengolahan Kopi Terkini.

A Chandradevi, NB Puspitasari. Performa: Media Ilmiah Teknik…, 2016 – jurnal.uns.ac.id. Penerapan Material Requirement Planning (MRP) dengan Mempertimbangkan Lot Sizing dalam Pengendalian Bahan Baku pada PT. Pharos, Tbk.

Agustrimah, Yuli, Agustin Sukarsono Dan Sukarni. 2020. Perencanaan Kebutuhan Bahan Baku Dengan Metode Material Planning (MRP) Pada Proses Produksi Almamater Di Home Industry Kun Tailor Tulungagung. Jurnal Sains Dan Teknologi.

Anggraeni, Rani. 2007. IPB (Institut Pertanian Bogor). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Produk Mie Instan Di PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk.

Efendi, MB Dan A Mayasari. 2021. Perencanaan Kebutuhan Bahan Baku Pada Proses Produksi Tas Dengan Menggunakan Metode Requirement Planning (MRP). Jurnal Penelitian Bidang Inovasi Dan Pengelolaan Industri.

George, R. Terry, Dan Leslie W Rul. 1999. Dasar - Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Ginting, Rosnani. 2007. Sistem Produksi. Edisi Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Gitosudarmo, Indriyo. 2002. Manajemen Operasi. Edisi 2, BPFE. Yogyakarta.

Heizer, Jay Dan Barry Render. 2011. Operations Management, Buku 1 Edisi Ke Sembilan. Salemba Empat: Jakarta.

Heizer, Jay Dan Render, Barry. 2005. Operations Management. Jakarta: Salemba Empat.

Kusuma, Hendra. 2009. Manajemen Produksi: Perencanaan Dan Pengendalian Produksi, Edisi 4. Andi: Yogyakarta.

Paulina, Yohana. 2015. Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Penerapan Metode Material Requirement Planning (MRP) Pada Proses Produksi Cokelat Jogja Istimewa.

Rangkuti, F. 2004. Manajemen Persediaan Aplikasi Di Bidang Bisnis. Erlangga: Jakarta.

Saputro, RN. 2018. Analisis Perencanaan Kebutuhan Bahan Baku Gula Dengan Metode Material Requirement Planning (MRP) Di PT. Pg Candi Baru. Jurnal UNTAG.

Sofyan, Diana Khairani. 2013. Perencanaan Dan Pengendalian Produksi. Edisi Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjuju Soendari – Bandung, UPI. Stuss, Magdalena & Herdan, Agnieszka, 2012. Metode Penelitian Deskriptif.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i2.19573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo