Pengaruh Customer Relationship Management, Brand Image, Dan Service Quality Terhadap Loyalitas Nasabah KUR Pada Bank BRI Unit Tangkerang Pekanbaru
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Customer Relationship Management, Brand Image, dan Service Quality terhadap loyalitas nasabah pada Bank BRI Unit Tangkerang Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah statistik deskriptif dan kuantitatif dengan model penelitian explanatory research. Adapun Sampel dalam penelitian ini berjumlah 88 responden yang ditentukan menggunakan accidental sampling dan menggunakan kuesioner untuk teknik pengumpulan data. Dari analisis data dengan model pengukuran, model struktural dan pengujian hipotesis diperoleh hasil bahwa customer relationship management berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas dengan path value 0,001 < 0,05 dan t- statistik 3.291 > 1,96, Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas dengan path value 0,000 < 0,05 dan t-statistik 3,643 > 1,96, serta Service Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas dengan path value 0,001 < 0,05 dan t-statistik 3,270 > 1,96.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
Bentler, P. M., & Bonett, D. G. (1980). Significance tests and goodness-of-fit in the analysis of covariance structures. Psychological Bulletin, 588-606
Buttle, F. (2007). Customer Relationship Management (manajemen hubungan pelanggan) concept and Tools. Malang: Bayumedia Publishing.
Diaztama, V. (2021). Pengaruh bagi hasil dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Padangsidimpuan. IAIN Padangsidimpuan.
Ibrahim, A., Hidayah, T., Stone, A. S., Saymona, Y., Anggelah, T., & Adilah, S. R. (2021). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Apotek Mega Mulia. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 8(6), 256–266.
Indonesia. Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan. Lembaran Negara RI Tahun 2004 Nomor 5, Sekretariat Negara. Jakarta.
Indonesia. Undang - Undang No 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jakarta.
Rizaldi, M. L., & Hardini, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image Dan Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Indomaret Kelurahan Padurenan, Bekasi Timur. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 14(2).
Sholihin, M., & Ratmono, D. (2021). Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 7.0 untuk hubungan nonlinier dalam penelitian sosial dan bisnis. Penerbit Andi.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i2.19585
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.