Pengaruh Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Di Bandar Lampung

Made Dino, Nurdiawansyah Nurdiawansyah

Abstract


Riset penelitian yang dijalankan ini untuk mencari tahu apakah sanksi pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di Bandar Lampung. Penenlitian ini memakai desain yang berbentuk kulaitatif. Adapun cara menganalisa datanya menggunkan bantuan aplikasi SPSS 23. Dari hasil riset yang telah selesai diperoleh kesimpulan bahwa ada sanksi pajak yang berpotensi pengaruh pada kepatuhan menjalankan pajak. Terutama UMKM di Bandar Lampung. Sosialisai akan pentingnya menjalankan pajak adalah kewajiban para paratur pegawai pajak sendiri. Tujuan dari sosialisasi ini agar warga menyadari bahwa ada manfaat yang besar Ketika melaksanakan keawajiban pajak dan ada juga kerugian yang akan diterima saat meninggalkan pajak.

Keywords


Sanksi Pajak; Kepatuhan Wajib Pajak

Full Text:

PDF

References


Green. (1991). Health Promotion Planning; An Educational and Environtmental Approach. London: Mayfield Publishing Company.

Huda, A., & Basri, Y. M. (2015). Pengaruh Persepsi Atas Efektifitas Sistem Perpajakan, Kepercayaan, Tarif Pajak dan Kemanfaatan Npwp terhadap Kepatuhan Membayar Pajak (Studi Empiris pada Wajib Pajak UMKM Makanan di Kpp Pratama Pekanbaru Senapelan). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Ekonomi, 2(2), 1–15.

Limanseto, H. (2021). UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia. Retrieved May 2, 2023, from https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia

Mardiasmo. (2016). Perpajakan (Edisi Revisi). Yogyakarta: Andi Offset.

Prawagis, F. D., Zahroh, Z. A., & Mayowan, Y. (2016). Pengaruh Pemahaman Atas Mekanisme Pembayaran Pajak, Persepsi Tarif Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM (Studi Pada Wajib Pajak Yang Terdaftar Di KPP Pratama Batu). Jurnal Perpajakan (JEJAK), 10(1), 1–8.

Rochmat, S. (2011). Asas dan Dasar Perpajakan. Bandung: PT. Eresco.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Utami, A. D. (2017). Pengaruh Pemeriksaan Pajak, Kesadaran Pajak, Penerapan Self Assessment System, Dan Sanksi Administrasi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada 5 Kantor Pelayanan Pajak Di Jawa Barat). Bandung: Skripsi Unpas.

Yadnyana, I. K., & Sudiksa, I. B. (2011). Pengaruh Peraturan Pajak Serta Sikap Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Koperasi Di Kota Denpasar. Jurnal Akuntansi, 17(2), 197–206.

Yunianti, L. N., Putri, N. K., Sudibyo, Y. A., & Rafinda, A. (2019). The Influence Of Awareness, Moral Obligations, Tax Access, Service Quality And Tax Sanctions On Taxpayer Compliance In Paying Motor Vehicle Tax. Journal of Accounting and Strategic Finance, 2(1), 1–13.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i2.19593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo