Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Penggunaan Konsumen Menggunakan Aplikasi Agoda

Fadhail Pattan Pratama, Azizty Nafa Salsabella, Krista Yohana Rahmadeka

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk melihat seperti apa persepsi tentang ekuitas merek mempengaruhi keputusan konsumen untuk menggunakan aplikasi Agoda. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang pengumpulan datanya menggunakan wawancara kepada 4 informan. Teori Ekuitas Merek dan Ekuitas Merek Berbasis Konsumen adalah teori yang dipergunakan peneliti kali ini. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa keputusan konsumen tersebut dapat dipengaruhi oleh Ekuitas Merek Pelanggan yang didalamnya memuat empat hal, yaitu Kualitas Merek, Kesadaran Merek, Asosiasi Merek serta Loyalitas Merek.

Keywords


Agoda, Ekuitas Merek, Kualitas Merek, Kesadaran Merek, Asosiasi Merek

Full Text:

PDF

References


Fafan Suryo Nugroho, Hedi Pudjo Santosa (2019), "Memahami Persepsi Brand Equity Dari Sisi Commited Customer Serta Perjalanan Keputusan Memilih Aplikasi Traveloka (Studi Deskriptif Kualitatif Berdasar Customer Based Brand Equity Pada Aplikasi Traveloka)", Undip E-Journal, Interaksi Online, Vol. 7, No. 3, pp. 174-178, Jul. 2019.

Faridah Ishak, Noor Hasmini Abd Ghani (2013), “A Review Of The Literature On Brand Loyalty And Customer Loyalty”, Business Journal, 2013.

Ida Miharti (2023), "Membangun Brand Equity Bagi Organisasi Bisnis", Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, Vol.5, No. 3, January 2023.

Jacinta Wiranto (2011), “Hubungan Antara Citra Merek Dengan Ekuitas Merek”, Jurnal Manajemen Maranatha (JMM), Vol.10 No.2, 2011.

Kasman Pandiangan, Masiyono, Yugi Dwi Atmogo (2021), "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Brand Equity: Brand Trust, Brand Image, Perceived Quality & Brand Loyalty", Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, Vol.2, Issue 4, Maret 2021.

Kotler dan Keller (2009), “Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi 13”, Jakarta: Erlangga, 2009.

Kristanto, V. H. (2018), “Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI)”, Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018.

Nujulia (2013), “Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Pasta Gigi Pepsodent (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat)”, Jurnal Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, Vol.2, 2013-2014.

Utari Nur Sania, Sabran, Nilam Anggar Sari (2022), “Apakah Brand Image Dan Brand Attitude Berpengaruh Terhadap Brand Equity”, Jurnal Ekonomi & Manajemen Indonesia 22, Vol 30-34, 2022

Yusuf, A. M. (2014), ”Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan”, Jakarta: Kencana, 2014.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i2.19604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo