Analisis Perilaku Konsumtif Terkait Dengan Penggunaan Flash Sale Dan Pembayaran Spaylater di Kota Tasikmalaya

Syahdan Syauqi Mussaffa, Frans Budi Kashira, Muhammad Praya Kays Hakim, Rifqi Irfan Fayadh, Syti Sarah Maesaroh

Abstract


Penelitian ini bermaksud untuk meneliti bagaimana perilaku konsumsi konsumen daring dipengaruhi oleh diskon flash sale dan metode pembayaran SPayLater. Strategi purposive sampling digunakan untuk memilih 60 responden sebagai sampel penelitian. Uji asumsi klasik, uji reliabilitas, uji t, dan uji F digunakan untuk menilai data yang telah dikumpulkan. Dengan nilai signifikansi kurang dari alpha (0,05) dan nilai t/f hitung lebih besar dari nilai t/f tabel, hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua faktor independen secara signifikan mempengaruhi perilaku konsumen. Berdasarkan hasil uji asumsi klasik, data terdistribusi secara normal dan tidak terdapat masalah multikolinearitas, autokorelasi, maupun heteroskedastisitas. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa alat penelitian ini cukup stabil.

Keywords


Perilaku Konsumtif; Flash Sale; Spaylater

Full Text:

PDF

References


Alfadda, H. A., & Mahdi, H. S. (2021). Measuring Students’ Use of Zoom Application in Language Course Based on the Technology Acceptance Model (TAM). Journal of Psycholinguistic Research, 50(4), 883–900. https://doi.org/10.1007/s10936-020-09752-1

Britannica. (2023). stimulus-response theory.

Cochran, W. (1977). Sampling Techniques Third Edition. John Wiley & Sons.

Herlina, Destriana Widyaningrum, & Giovanny Theotista. (2023). Tipologi Financial Technology Paylater: Technology Acceptance Model (TAM). Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 2(1), 207–216. https://doi.org/10.55927/fjmr.v2i1.2417

Hilmi, Dzul, L., Pratika, & Yeyen. (2021). PAYLATER FEATURE: IMPULSIVE BUYING DRIVER FOR E-COMMERCE IN INDONESIA. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(2), 63–76.

Melinda, Lesawengen, L., & Waani, F. (2022). Perilaku Konsumtif Dan Kehidupan Sosial Ekonomi Mahasiswa Rantau (Studi Kasus Mahasiswa Toraja Di Universitas Sam Ratulangi Manado). JURNAL ILMIAH SOCIETY, 2(1).

PT Shopee International Indonesia. (2020). [SPayLater - Limit & Aktivasi] Apa itu SPayLater? [SPayLater - Limit & Aktivasi] Apa Itu SPayLater?

Puglia, D. (2017). SOCIAL MEDIA USE AND ITS IMPACT ON BODY IMAGE: THE EFFECTS OF BODY COMPARISON TENDENCY, MOTIVATION FOR SOCIAL MEDIA USE, AND SOCIAL MEDIA PLATFORM ON BODY ESTEEM IN YOUNG WOMEN. University of North Carolina.

Putri, F. A., & Iriani, S. S. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Pinjaman Online Shopee PayLater. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 818. https://doi.org/10.26740/jim.v8n3.p818-828

Rakhmawati, N. A., Permana, A. E., Reyhan, A. M., & Rafli, H. (2021). ANALISA TRANSAKSI BELANJA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Teknoinfo, 15(1), 32. https://doi.org/10.33365/jti.v15i1.868

Rompas, R., Pangemanan, S., & Tulung, J. (2020). BUY NOW, PAY LATER: DETERMINANTS OF PAY LATER SERVICE AFFECTING THE LIFESTYLE OF SOCIETY. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(4).

See-To, E. W. K., & Ngai, E. W. T. (2019). An empirical study of payment technologies, the psychology of consumption, and spending behavior in a retailing context. Information & Management, 56(3), 329–342. https://doi.org/10.1016/j.im.2018.07.007

Viona, V., Yohanes, K., Steffanie, L., Farady Marta, R., & Isnaini, M. (2021). Narasi Shopee Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi E-Commerce Di Era Modern. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 46–65.

Wahyudi. (2022). PENGARUH FLASH SALE, CASHBACK DAN GRATIS ONGKOS KIRIM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF KONSUMEN MUSLIM. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY.

Widianto, T., & Octaviani, A. (2020). ANALISA SIKAP BELANJA ONLINE DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN BELANJA KONSUMEN PADA EVENT FLASH SALE SHOPEE. EXCELLENT, 7(1), 37–46. https://doi.org/10.36587/exc.v7i1.624




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i2.19614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo