Strategi Pengembangan Bisnis Untuk Meningkatkan Penjualan Pada UMKM ADIBAH SOCK di Kabupaten Purbalingga
Abstract
Penelitian dilakukan dengan tujuan dapat mengembangkan strategi bisnis secara efisien agar meningkatkan penjualan ADIBAH SOCK di Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif, serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan pemilik ADIBAH SOCK dan observasi langsung di lokasi usaha. Data kemudian akan dianalisis menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian diambil kesimpulan UMKM ADIBAH SOCK menunjukkan strategi pengembangan yakni pengembangan pasar maupun produk, dan inovasi pasar secara tekun yang dapat mengoptimalkan kegiatan promosi, kualitas produk, inovasi produk kaos kaki, serta perusahaan perlu mengoptimalkan kekuatan yang ada serta mengoptimalkan peluang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
David, Fred R. (2005). Manajemen Strategi. Jakarta: Salemba Empat.
E, A. R. P. S., & Selatan, K. T. (2023). Analisis Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Penjualan pada UMKM Kreatif Situ Lengkong Panjalu Kabupaten Ciamis di Masa Endemik. 2(1), 71–76.
Ermaya, S. K., & Darna, N. (2019). Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi Kasus: Industri Kecil Kerupuk). Business Management and Entrepreneurship Journal, 1(3), 207–210.
Ernawati, S. (2021). Strategi Pengembangan Umkm Tenun Untuk Meningkatkan Sosial Ekonomi Di Kota Bima. 190–197. https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5167
Gürel, E., & Tat, M. (2017). SWOT analysis: atheoretical review. Journal of Internasional Social Research, 10(51).
Hambali, A., & Andarini, S. (2021). Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas (Bmc) Dan Swot Analysis Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Pada Piring Seng Coffee & Co Tunjungan Surabaya. Journal of Applied Business Administration, 5(2), 131–142. https://doi.org/10.30871/jaba.v5i2.2969
Irawan, I. C., & Dwijayanti, A. (n.d.). Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Sentra Industri Sepatu Cibaduyut Bandung. 16–24.
Kotler,P dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12, Jakarta: Erlangga
Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi (GP Press Group)
Putra, A. F. P. (2020). Strategi Pengembangan Model Bisnis Klaster Industri Tomat Krispi Daumato Berdasarkan Analisis SWOT dan BMC. Journal of Industrial View, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.26905/jiv.v2i1.4211
P. joko Subagyo. (2011). Metode Penelitian dalam Teori dan Praktik. Yogyakarta: Penerbit Rineka Cipta
Rangkuti, Freddy. (2013). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Solehah, R., Destiarni, R. P., & Muti’ah, D. (2022). STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS UMKM JAMU TRADISIONAL MADURA MELALUI PENDEKATAN ANALISIS SWOT ( Studi kasus : UMKM Jamu Tradisional Madura Di Kabupaten Pamekasan) BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY IN MEDICINE TRADITIONAL SMEs IN MADURA THROUGH SWOT ANALYSIS APPR. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 8(1), 480. https://doi.org/10.25157/ma.v8i1.6931
Supriyati. (2011). Metodologi Penelitian. Bandung: Labkat Press.
Suwarni, E., & Handayani, M. A. (2021). Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah Keripik Pisang Dengan Pendekatan Business Model Kanvas. Mbia, 19(3), 320–330. https://doi.org/10.33557/mbia.v19i3.1177
Zulkarnain, Z., Saputra, M. G., & Silvia, D. (2020). Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Pendekatan Business Model Canvas Pada Pt Pitu Kreatif Berkah. Journal Industrial Servicess, 6(1), 55. https://doi.org/10.36055/jiss.v6i1.9476
DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i2.19667
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.