Pengaruh Kredit Usaha Rakyat (KUR) Terhadap Perkembangan Usaha: Survei Pada BRI Unit Suwawa

Citra Ningsih Korompot, Rizan Machmud, Andi Juanna

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kredit usaha rakyat (KUR) terhadap perkembangan usaha (Survei Pada BRI Unit Suwawa)”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif kolerasional dengan jumlah sampel 82 orang Nasabah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, kuesioner, dokumtasi serta teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi berganda. Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kredit usaha rakyat (KUR) terhadap perkembangan usaha (Survei Pada BRI Unit Suwawa). Besar pengaruh kredit usaha rakyat terhadap perkembangan usaha mencapai 25,9% sedangkan sisanya sebesar 74,1% dipengaruhi oleh penelitian lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Kredit Usaha Rakyat; Perkembangan Usaha

Full Text:

PDF

References


Agustina. (2016). Analisa Faktor-Faktor yang mempengaruhi Pertumbuhan Laba denggan Ukuran perusahaan sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikrokil vol 6, No 01, 83-101.

Anggraini Nasution. (2003). Peranan Kredit Usaha Rakyat Bagi Pembangunan UMKM. Jurnal Ekonomi dan Keuangan

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ayodeji. (2015). “A Comparative Discourse Analysis of Western and Local (Nigerian) Media Depictions of the Presidential Pardon of Diepreye Alamieyeseigha”. Journal of Communication and Media Technologies, Vol 5: 1 Januari 2015.

Eva Valentina Ginting. (2020). Pengaruh Internal Marketing terhadap Organizational Performance di Erha Clinic dengan Market Orientation Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Vol. 4 No. 1. Tahun 2020.

Farhana Muhammad. (2017). Pengaruh Kredit Usaha Rakyat Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Dan Kecil Di Desa Selagik Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat (Studi Kasus Bank Bri Unit Terara). PEK, HAL 38 - 48 Volume 1, Nomor 1, Juli 2017

Ibrahim Johanes. (2004). Kartu Kredit; dilematis antara kontrak dan kejahatan. Bansung: Refika Aditama

Inggarwati, K., Kaudin, A. (2010). Peranan Faktor-Faktor Individual dalam Mengembangkan Usaha, Studi Kuantitatif pada Wirausaha Kecil di Salatiga. Integritas, Jurnal Manajemen Bisnis. Vol.3. No.2 (185- 202)

Januar. (2007). Sistem Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Malayu S.P. Hasibuan., (2009). Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Zuhri. (2013). Analisis Pengembangan Usaha Kecil Home Industri Sangkar Ayam Dalam Rangka Pengentasan Kemiskinan. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Volume 2, Nomor 3, Desember 2013.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i2.19674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo