Mengelola Komunikasi Pemasaran Digital Cafe Kopi Praketa Menggunakan Instagram

Gilang Priambodo, Rizki Fa'iq Pradana, Waliyudin Naufal Alzhafir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran digital oleh Cafe Kopi Praketa menggunakan Instagram. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang digunakan diperoleh dari Metode observasi non-partisipatoris pada media sosial Instagram milik Cafe Kopi Praketa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari penerapan komunikasi pemasaran digital pada media sosial Instagram milik Cafe Kopi Praketa menunjukkan sudah cukup maksimal. Pemasarannya yang menggunakan konten feeds, instastory dan highlight serta promosi dan event yang ditawarkan pada Instagram Praketa cukup menarik para pelanggan untuk datang ke Cafe Kopi Praketa untuk membeli produknya.

Keywords


Komunikasi Pemasaran Digital; Strategi Pemasaran; Instagram

Full Text:

PDF

References


Amalia Muntaha, D., Mukti Lazuardi Anggomulyo, A., & Aras, M. (2022). Analisis strategi komunikasi pemasaran Kedai Ngopi Dhisik dalam menciptakan ketenaran merek melalui instagram. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(8). https://ngopidhisik.business.site/

Asri Shaputri, D., & Sufyan Abdurrahman, M. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen Pada Cafe Coffee Di Bandung (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Morning Glory Coffee. http://www.pikiran-rakyat.com/wisata/2015/11/23/350975/bandung-ditetapkan-sebagai-destinasi-wisata-

Dhia, M., Sandy, A. N., Prasetyo, D., Komunikasi, I., Nginden, S.-A., & Timur, I. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Brain Coffee Melalui Media Sosial Instagram (Vol. 2, Issue 1).

Jefkins, F. (1997). Periklanan. Erlangga.

Jumbari, L. (2022). The Role Of Public Relations In Enhancing Corporate Image Of Government Institutions: A Case Study Of Kenya Films And Classification Board.

Kotler, & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Edition). Pearson Pretice Hall.

Kurnia, I., & Tresna Wiwitan. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Bahagia Kopi melalui Media Sosial Instagram. Bandung Conference Series: Public Relations, 3(1). https://doi.org/10.29313/bcspr.v3i1.6782

Kurnianto, Y. T. (n.d.). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Pemasaran Minuman Di Banjarbaru (Studi Pada Akun Instagram @tempatbiasa.kopi).

Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2018). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18–33.

Lukitaningsih, A. (2013). Iklan Yang Efektif Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. In Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan (Vol. 13, Issue 2).

Mulia, H. (2019). The Influence of Public Relations on Consumer Purchasing Decisions: Study on CV. Ranjang 69 Garut. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(3). https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i3.1593

Mustika, T., Tahery, R., Sudaryanyto, E., & Romadhan, M. I. (n.d.). Strategi Digital Marketing Pada Instagram @Naykopi Dalam Membangun Brand Awareness 1.

Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1

Rizky, S., & Dewi Setiawati. (2020). Penggunaan Media Sosial Instagram Haloa Cafe Sebagai Komunikasi Pemasaran Online. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2). http://jurnalfdk.uinsby.ac.id/index.php/JIK

Seitel, F. P. (2017). The practice of public relations.

Wikipedia. (2023, March 3). Purwokerto (Kota). https://id.wikipedia.org/wiki/Purwokerto_(kota)

Zahira Ali, A., & Prasetio, A. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Yang Terintegrasi Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Deskriptif Toko Kopi Tuku Melalui Akun @tokokopituku). https://www.bbc.com/indonesia/trensosial-40478792




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i2.19683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo