Analisis Pengaruh Promosi dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Surakarta

Vigo Rama Dhani, Weny Retno Hutami, Pebrianti Utami, Fanda Vibriyani Sesariya, Joshepine Wahyu Widianto, Marjam Desma Rahadhini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan online customer review terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuatitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yaitu pengguna aplikasi Shopee di Surakarta. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengguna aplikasi Shopee di Surakarta dan tidak diketahui jumlahnya atau infinit. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling berjumlah 50 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, 2) online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, 3) promosi dan online customer review secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 47,4 % yang berarti variabilitas keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh promosi dan online customer review sebesar 47,4 %. Hal ini menunjukan bahwa promosi dan online customer review akan mempengaruhi keputusan pembelian. Promosi dan online customer review merupakan kunci peran strategi yang penting untuk menjadi pertimbangan dalam keputusan pembelian pada aplikasi Shopee.


Keywords


Promosi; Online Customer Review; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Ilham Bima Anugrah, I. N. (2021). Determinan keputusan pembelian di Shopee: online customer review, brand image dan promosi . Management and Business Review, 239‐250.

Mohammad Abdul Ghoni, E. S. (2022). Pengaruh Brand Image, Online Customer Review dan . Jurnal Mirai Management, 9.

Rahadhini, MD. 2017.Riset Pemasaran.Muarakarya.Surabaya

Ratih Anggoro Wilis, A. F. (2022). The Effect of Digital Marketing, Influencer Marketing and Online Customer Review on Purchase Decision: A Case Study of Cake Shop "Lu’miere". PETRA INTERNATIONAL JOURNAL OF BUSINESS STUDIES, 155-162.

Rimna Regina, E. S. (2021). The Effect of Online Customer Review and Promotion through E-Trust on the Purchase Decision of Bukalapakin Medan City . International Journal of Research and Review , 236-243.

Windy Widiyawati, S. (2022). PENGARUH PROMOSI, KEPERCAYAAN, DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW . Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 356-366.

Yuni Siti Nuraeni, D. I. (2021). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI . Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 439-450.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i2.19705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo