Pengaruh Self Efficacy Dan Locus of Control Terhadap Kompetensi Guru SMA Negeri 1 Suwawa

Yunita Gaib, Raflin Hinelo, Mohammad Agus Salim Monoarfa

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pengaruh Self Efficacy dan Locus of Control terhadap Kompetensi Guru SMA Negeri 1 Suwawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif kolerasional dengan jumlah sampel 45 orang Guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, kuesioner, dokumtasi serta teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi berganda. Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Pengaruh Self Efficacy dan Locus of Control terhadap Kompetensi Guru SMA Negeri 1 Suwawa. Besar self efficacy dan locus of control terhadap kompetensi guru mencapai 23,1% sedangkan sisanya sebesar 76,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Keywords


Efikasi Diri; Locus of Control; Kompetensi Guru

Full Text:

PDF

References


Ardiana, I.D.K.R. Brahmayanti, I.A. dan Subaedi. (2010). Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. Vol.12 (1) : 42-55.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar. (2017). Metode penelitian psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baron, Robert A. & Byrne, Donn. (2003). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Budiadi, Dwi. (2013). Pengaruh Kompetensi Dosen, Self Efficacy, Locus Of Control, Fasilitas Pembelajaran Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi. Cahaya Aktiva. Vol.03 No.01, Maret 2013.

Crider, Andrew B. (2003). Psychology. Scott, Foresman & Company.

Elis, Yunianti. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran dan Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika SIswa SMA Negeri 1 Parigi, (Parigi: Universitas Tadulako).

Hakim, Chairul., dan Komarudin. (2020). Self Efficacy Locus Of Control Dan Kompetensi Serta Pengaruhnya Kepada Kinerja (Studi Kasus Pengusaha Umkm Di Kecamatan Darmaraja, Sumedang Barat - Indonesia). Jurnal Computech & Bisnis. Vol 14. No 1.

Hardianto, Gusriko. dkk. (2014). Hubungan Antara Self-efficacy Akademik dengan hasil Belajar Siswa. Jurnal Konselor. Vol 3, No 1, 2014.

Kustini dan Suharyadi, F. (2004). Analisis Pengaruh Locus of Control, Orientasi Tujuan Pembelajaran, dan Lingkungan Kerja terhadap Self-Efficacy dan Transfer Pelatihan. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi. Vol 7, No 1.

Munthe, Bernawi. (2009). Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Musfah, Jejen. (2012). Peningkatan Kompetensi Guru: Melalaui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Ormrod, Jeanne Ellis. (2008). Psikologi Pendidika. Jakarta: Erlangga, 2008.

Rizky, Anggita Novanda., Fasikhah, Siti Suminarti. (2019). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kompetensi Emosi Guru Sekolah Luar Biasa Di Kota Malang. Jurnal Riset Aktual Psikologi. Vol 10. No 1.

Sardogan E. M., Kaygusuz, C. ve Karahan, T. F. (2006). A Human Relations Skills. Training Program, University Students' Locus of Control Levels, Mersin

Situmorang, J.B. dan Winarno. (2008). Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Pendidik. Klaten: Macanan Jaya Cemerlang.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Suprihatiningkrum, Jamil. (2014). Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Yusuf, Syamsu., Nurihsan, Juntika. (2008). Teori kepribadian. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i1.19716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo