Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Say Story House Di Surakarta
Abstract
Bisnis kuliner Say Story merupakan sebuah tempat kuliner yang menjual makanan dan minuman masa kini, dengan produk yang bervariasi dan beragam. Laporan mini riset ini dibuat dengan tujuan untuk signifikansi pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Say Story di Surakarta dan untuk menganalisis signifikansi persepsi harga terhadap kepuasan konsumen Say Story di Surakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah dengan perolehan data berupa data primer dandata sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah beberapa konsumen Say Story. Sampel dalam penelitian ini adalah responden konsumen Say Story sejumlah 100 orang dengan pemilihan responden yang dilakukan secara acak dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen Say Story di Surakarta dan ada hubungan antara persepsi harga dengan kepuasan konsumen Say Story di Surakarta.Hasil uji F diperoleh nilai hitung 56,339 dengan p-value sebesar 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi (adjusted R ) sebesar 0,528. Artinya besarnya sumbangan pengaruh variabel kualitas pelayanan (X1), persepsi harga (X2) terhadap kepuasan konsumen (Y) sebesar 52,8%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alma, Buchari. 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.
Anonim. 2019. Pedoman Penyusunan Usulan Penelitian dan Skripsi Fakultas Ekonomi, Fakultas Ekonomi UNISRI. Surakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.
Assauri, S. 2018. Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep dan Strategi). Raja Grafindo Persada. Depok.
Dewi, Agung dan Prayoga. 2021. “Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Langkah Coffee Shop”. Jurnal Ekonomi. Vol. 2, No. 2, Hal. 102-108.
Febriana dan Prabowo. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada Tanam Coffeeshop Kaligarang Semarang”. Jurnal Mirai Manajemen. Vol. 7, No. 1, Hal. 298-306.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariare Dengan Program IBM SPSS 25 (edisi sembilan). Universitas Diponegoro. Semarang.
Kotler, P. and Keller, Kevin Lane. 2017. Marketing Management, 14 th Edition, ISBN:978-0- 13-210292-6, Global Edition, England: Published by Pearson Education Limited. Publishing as Prentice Hall.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2018. Principles of Marketing. Edisi 12. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.
Mariansyahdan Syarif. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Café Kabalu”. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen. Vol. 3, No. 2, Hal. 134-146.
Palelu, Tumbuan dan Jorie. 2022. “Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Kamsia Boba di Kota Lawang”. Jurnal EMBA. Vol. 10, No. 1, Hal. 68-77.
Peter J. Paul dan Jerry C. Olson. 2014. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran.
Salemba Empat. Jakarta.
Rustiawan. 2022. “Pengaruh Cita Rasa dan Persepsi Harga terhadap K Konsumen Smooth Chesee Tea Tasikmalaya”. Jurnal Jempper. Vol. 1 Hal. 277-282.
Silfiana dan Aswad. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Minuman Nyoklat Klasik Bu Dendy Tulungagung”. Jurnal Ilmiah Multidisiplin. Vol. 1, No. 8, Hal. 2636-2643.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Tjiptono, Fandy. 2016. Pemasaran Strategik. Andi Offset. Yogyakarta.
Umar, Husein. 2015. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Rajawali. Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i2.19717
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.