Analisis Strategi Keunggulan Bersaing Dengan Pendekatan SWOT Pada UMKM Azkia Collection, Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi

Friska Erista Pebriyanti, R.R Wening Ken Widodasih

Abstract


Perkembangan fashion dapat dipengaruhi adanya perkembangan kultur diberbagai kalangan, sehingga setiap fashion memiliki target pasar tersendiri dalam penjualannya, maka cara strategi sebuah fashion agar tetap unggul diberbagai kalangan dibutuhkan strategi keunggulan sebuah produk dalam bersaing terutama dengan analisis SWOT.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi tentang keunggulan bersaing pada pendekatan analisis SWOT di UMKM Azkia Collection, Cikarang Selatan  Kabupaten Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu jenis penelitian yang di lakukan fokus pada obyek penelitian yang alami sesuai dengan keadaan yang nyata, hal ini dapat di identifikasi melalui faktor internal dan faktor eksternal, IFAS DAN EFAS, serta matriks SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan bahewa faktor internal atau IFAS memperoleh nilai keseluruhan 3,22 sedangkan faktor eksternal atau EFAS memperoleh nilai keseluruhan 3,13. Hal ini dapat di lihat dapat mengoptimalkan kekuatan dan peluang serta meminimalisir kelemahan dan ancaman yang ada.

Keywords


Analisis SWOT; Keunggulan Bersaing; UMKM

Full Text:

PDF

References


Ani Susilowati, Ahmad Yusuf, Bilqis Fitri Amanda, Ayu Wahyuni, & Vicky F Sanjaya. (2020). Analisis Strategi Keunggulan Bersaing Dengan Pendekatan Analisis Swot Dan Metode Qspm (Studi Kasus Murbay Konveksi). Jurnal Health Sains, 1(3), 124–129. https://doi.org/10.46799/jsa.v1i3.52

Febriansyah Anugrah Irsa. (2022). Fenomena Tren Fashion jalanan dalam presfektif komunikasi lintas budaya. In kumparan.com. Entretainment.

Hayati Nur Rasulistina. (2021). Pemulihan Perekonomian Indonesia setelah kontraksi Akibat Pandemi Covid-19. In DJKN. KPKNL Banjarmasin.

Sidik, R. (2020). Strategi Bersaing Dengan Metode Swot Pada Ukm Kerajinan Tas Purnama Tanggulangin. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Politiik, 1(2), 56–67.

Silitonga Parlagutan. (2017). Manajemen UMKM dan sumber daya manusia (Christian Putri (Ed.); Ed.1-Yogya). Perpustakaan Nasional.

Yatminiwati, M. (2019). Manajemen Strategi: Buku Ajar Perkuliahan Bagi Mahasiswa. In Widya Gama Press.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i2.19755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo