Pengaruh Media Sosial, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Restoran Mujigae

Fatimah Az Zahra, Salman Paludi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh media sosial, persepsi harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian di Restoran Mujigae. Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli di Restoran Mujigae. Metode yang digunakan adalah teknik accidental sampling. Sample yang diuji dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda. Pengujian hipotesis dapat dilihat dari hasil uji F untuk hasil secara simultan, dan uji T untuk hasil secara parsial. Dari penelitian ini didapat hasil uji F sebesar 0,000 < 0,05, dan uji T untuk variabel sosial media sebesar 0,000 < 0,05, variabel persepsi harga sebesar 0,019 < 0,05, dan variabel kualitas produk 0,004 < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media sosial, persepsi harga, dan kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial maupun simultan. Nilai koefiesien determinasi variabel media sosial, variabel persepsi harga, dan variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 71,06%, dan untuk sisanya 28,94% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak ada dipenelitian ini.


Keywords


Media Sosial; Persepsi Harga; Kualitas Produk; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, A. R., & Soliha, E. . (2020). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah, 6(3), 96. https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i3.5612

Ariella, R. I. (2018). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid.” PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(2), 215–221.

Armstrong, K. &. (2008). Tipe-Tipe Perilaku Keputusan Pembelian, Kotler dan Armstrong (2008).

Arora, A., Bansal, S., Kandpal, C., Aswani, R., & Dwivedi, Y. (2019). Measuring social media influencer index- insights from facebook, Twitter and Instagram. Journal of Retailing and Consumer Services, 49, 86–101. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.03.012

BENABIO, J. (2012). Social Media: The Basics. In Skin & Allergy News (Vol. 43, Issue 10). https://doi.org/10.1016/s0037-6337(12)70402-3

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173

Firmansyah. (2018). Perilaku Konsumen. December.

Firmansyah. (2019). Pemasaran (Dasardan Konsep).

Gunelius, S. (2011). 30-Minute Social Media Marketing : Step-By-Step Techniques To Spread the Word About Your Business Fast and Free.

Indriyani, R., & Suri, A. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Motivasi Konsumen Pada Produk Fast Fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 25–34. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.25-34

Kamaruddin, M. J., & Pebianti, V. (2023). Pengaruh Kreativitas Produk Dan Pemanfataan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kebijakan PSBB Sebagai Variabel Moderating Pada UMKM Di Jakarta. 6(1), 1–13.

Kotler, P. &, & Amstrong, G. (2018). Principles of MARKETING 17edision. In Pearson Education.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012a). Principles of Marketing (Fourteenth Edition) Keputusan Pembelian. https://books.google.dk/books?id=maqJSQAACAAJ

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012b). Principles of Marketing (Fourteenth Edition) Kualitas Produk.

Pardede, R., Manajemen, M., Mulia, U. B., Haryadi, T. Y., Manajemen, A. M., & Mulia, U. B. (2017). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk. Journal of Business & Applied Management, 10(1).

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen (Persepsi).

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2018). Schiffman & kanuk 2018.

Sugianto Putri, C. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli. Performa : Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(5), 594–603.

Sugiyono, P. D. (2018). STATISTIK NONPARAMETRIS untuk Penelitian.

Tjahjono, E. J., Ellitan, L., & Handayani, Y. I. (2021). Product Quality and Brand Image Towards Customers’ Satisfaction Through Purchase Decision of Wardah Cosmetic Products in Surabaya. Journal of Entrepreneurship & Business, 2(1), 56–70. https://doi.org/10.24123/jeb.v2i1.4023

Vaclavik, V. A., & Christian, E. W. (2008). Essentials of Food Science (Vol. 4, Issue 1).




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i2.19758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo