Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Butik Coltura Karanganyar

Nur Muhammad Yusuf, Febrianti Febrianti, Munika Puspitasari, Dicky Ardiansah Sidauruk, Reni Windiastutik, Marjam Desma Rahadhini

Abstract


Usaha Butik adalah salah satu sektor industri yang selalu berkembang di Indonesia. usaha butik memiliki potensial yang besar untuk tumbuh dan berkembang karena didukung sumber bahan baku melimpah dan perajin yang terampil dan kompeten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Butik Coltura Karanganyar. Jenis Penelitian dalam penenlitian ini yaitu dengan menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi adalah konsumen yang membeli produk di Butik Coltura Karanganyar dengan jumlah sampel berjumlah 49 responden. Analisis penelitian ini menggunakan alat analisis uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Butik Coltura Karanganyar. 2). Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelin pada Butik Coltura Karanganyar. Sumbangan pengaruh independen Promosi (X1), dan Kualitas Produk (X2) Terhadap Keputusan Pembelian (Y) sebesar 28.6%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel promosi dan variabel kualitas produk mempengaruhi keputusan pembelian.


Keywords


Promosi; Kualitas Produk; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Warsito (2020). Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: STIA LAN Press.

Amalia, Tita (2019. Kualitas produk, merek, dan desain pengaruhnya terhadap keputusan pembelian sepeda Motor Yamaha Mio, JurnalEMBA, Vol 1, No. 3, Juni : 2303-1174.

Arikunto, Suharsimi, 2017. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Arkana, Setya. 2018. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS ( Center for Academic Publising Service)

Arsena, 2018. tentang Pengaruh Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada pembeli smartphone Nokia series X di BEC Bandung). Jurnal Ekonomi Universitas Parahyangan

Bilson Simamora. 2017. PerilakuKonsumen (Panduan Riset Sederhana untuk mengenali Konsumen).PT Buku Seru. Jakarta

Citraningrum Khoirunnisa, & Septian Panglipurningrum, Y. (2021). EXCELLENT:Jurnal Manajemen,Bisnis dan Pendidikan The Effect Of Quality Products, Prices And Promotions On The Purchase Decision Of Batik Marjuki Hadi In Pasar Klewer Surakarta. 8(2), 177–188. https://e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/excellent

Ervina. L. (2019). tentang Analisis Pengaruh Desain Produk Dan Promosi Terhadap Kemantapan Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Citra Merek (Studi pada Customer Distro Jolly Roger Semarang). Jurnal Ekonomi Undp Semarang.

Freddy Rangkuti. 2018. Riset pemasaran dan Perilaku Konsumen, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hasna Nadiya, F., & Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). http://prosiding.unimus.ac.id

Iriana, Sulistya, M. 2017. Kewirausahaan, Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Salemba Empat

Isyana, I (2020. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: Gramedia terjemahan Rangkuty Fredy 2018.

Kuncoro, Mudrajad. 2018. Metode kuantitatif. Teori dan aplikasi untuk bisnis dan ekonomi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Morissan, M. 2017. Metode Penelitian Survei. Cet-2. Jakarta : Kencana

Riyani, E. W., Kasim, K. T., Robustin, T. P., Widya, S., & Lumajang, G. (2019). Dampak Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk 3Second pada Mahasiswa di STIE Widya Gama Lumajang. http://jkm.stiewidyagamalumajang.ac.id/index.php/jrm|26

Sentosa, B., & Tsalisah, M. N. (2021). PENGARUH PROMOSI, CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK TENUN IKAT (Studi Kasus CV Paradila Parengan Maduran). In Journal of Management and Accounting (Vol. 4, Issue 2).

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Tjiptono, 2016. Pemasaran Jasa, Bayumedia: Malang Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta

Yuliantie, E. (2021). Effect Of Product Quality, Price Perception, And Promotion On Purchase Decisions At Pand’s Muslim Department Store.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i2.19759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo