Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Ayam Pada Geprek Mak Puji

Afifah Devi Lestari, Amaranila Prehastanti, Natalia Shinta Puspitasari, Rahus = Chandra Syah, Marjam Desma Rahadhini

Abstract


Di era sekarang persaingan bisnis sangat ketat salah satunya Ayam Geprek. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yaitu pelanggan Ayam Geprek Mak Puji di Ngawi. Populasi peneliti ini adalah seluruh pelanggan Ayam Geprek. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random samling berjumlah 50 responden. Metode analisis yang digunakan adalah Uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan 1. Kualitas Produk secara signifikan berpengruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan, 2. Kualitas pelayanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, 3. Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan pada Kepuasan Pelanggan. Koefisien determinasi ini sebesar 63%. Hal ini berarti bahwa 63% variabel kepuasan pelanggan dijelaskan oleh variabel kualitas produk dan kualitas pelayanan sisanya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.


Keywords


Kualitas Produk; Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Gofur, A. (2022). Analysis of Product Quality, Service Quality, and Customer Satisfaction at Waroeng Special Sambal “SS” West Jakarta. In Majalah Ilmiah Bijak (Vol. 19, Issue 1). http://ojs.stiami.ac.id

Kencana, P. N. (n.d.). The Effect of Price and Service Quality on Customer Satisfaction of PT Huda Express Courier Services at Mcdonald’s Bintaro Restaurant. http://ojs.unm.ac.id/index.php/administrare/index

Permatasari, D., Wahyuningsih, T. H., Ilmu, S. T., Ykpn, M., & -Indonesia, Y. (2020). CAKRAWANGSA BISNIS Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan Richeese Factory Cabang Sudirman Yogyakarta. 1(1). http://journal.stimykpn.ac.id/index.php/cb

Saraswati Yuni Diah. (2021). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN, TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN BEBEK DAN AYAM GORENG PAK NDUT DI SAMARINDA. Administrasi Bisnis, 9.

Saripudin, A., Oktriawan, W., & Kurniasih, N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Saung Manglid. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 2(01), 48–57. https://doi.org/10.52593/mtq.02.1.03

Worotikan Alfiana Lidya, Massie James D. D., & Tawas Hendra. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS MAKANAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN IKAN BAKAR KINAMANG. EMBA, 9(3).




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i2.19784

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo