Strategi Pengembangan Usaha Melalui Analisis SWOT Pada Toko Buku “Demak” di Pilar Cikarang Utara

Lailun Nur Aulia, R.R Wening Ken Widodasih

Abstract


Tujuan dari peneliti ini untuk mengetahui Strategi Pengembangan Usaha dalam mengembangkan penjualan pada Toko Buku “Demak” dengan metode Analisis SWOT. Pengembangan suatu usaha merupakan tanggung jawab dari setiap pengusaha atau wirausaha yang membutuhkan pandangan kedepan, motivasi dan kreativitas. Teknik analisi SWOT merupakan suatu teknik untuk mengenali berbagai kondisi yang menjadi basis bagi perencanaan strategi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif untuk mengetahui strategi apa yang digunakan Toko Buku “Demak” di Pilar Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Sedangkan untuk sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Untuk mengumpulkan data dilkukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penerapan analisis SWOT, hal ini dapat diidentifikasi melalui faktor internal dan eksternal, IFAS dan EFAS serta Matriks SWOT, yang menunjukan bahwa faktor internal IFAS mendapatkan total keseluruhan 3,26 dan faktor eksternal EFAS mendapatkan total keseluruhan 2,54, hal ini dapat dilihat bahwa secara faktor internal perusahaan kuat dalam proses persaingan serta dapat melihat peluang yang ada dan secara faktor eksternal perusahaan mampu meminimalisir anacaman dan evaluasi terhadap kelemahan. Hasil penelitian ini Toko Buku “Demak” menerapkan strategi yang baik dalam mempertahankan bisnisnya. Seperti menyediakan stok barang sebelum barang habis, sedangkan faktor pendukung seperti lokasi yang sangat strategis. Meskipun juga terdapat faktor penghambatnya seperti adanya pesaing menjual barang-barang yang sejenis.

Keywords


Strategi Pengembangan Usaha; Usaha Mikro Kecil Menengah; Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


David Sinaga, E., Artikel, R., & Kunci, K. (2017). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MELALUI ANALISIS STRENGTH WEAKNESS OPPORTUNITY THREAT (SWOT) DAN IDENTIFIKASI KEBUTUHAN KONSUMEN PADA USAHA PRODUKSI SEPATU INFORMASI ARTIKEL A B S T R A K. https://ejurnalunsam.id/index.php/jurutera

Dwi Mulyani, D. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Gula Aren Berdasarkan Metode Analisis SWOT (Studi Kasus Kecamatan Lawe Bulan, Kabupaten Aceh Tenggara). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 7(2). www.jim.unsyiah.ac.id/JFP

Nazarudin, M. H. (2020). MANAJEMEN STRATEGIK. Noer Fikri Ofset.

putu krisna adwitya sanjaya. (2021). BUKU UMKM (KRISNA & NURATAMA, 2021) (M. K. Muh. Yunus, S.Sos. (Ed.)). CV. Cahaya Bintang Cemerlang.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i2.19785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo