Analisis Swot Dalam Penentuan Strategi Pengembangan Wisata Pantai Taulaa

Dewi Indrayani Hamin, Yayu Isyana Pongoliu

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah membuat evaluasi terhadap semua kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, yang terdapat pada Objek wisata Pantai Taula’a sehinga Pemerintah atau calon investor swasta bisa memaksimalkan peluang dan kekuatan, dan pada saat yang sama dapat meminimalisir kelemahan dan ancaman. Serta bisa menetukan strategi yang tepat apakah bisa membuka kembali obajek wisata Taula’a sebagai salah satu sumber peningkatan PAD. Metode perencanaan strategis Secara umum adalah untuk mengevaluasi faktor-faktor yang berpengaruh dalam usaha mencapai tujuan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Analisis SWOT berperan penting dalam bisnis karena tujuannya untuk membuat kerangka situasi dan kondisi dalam suatu perusahaan dari sudut pandang SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunuties, Threats). Analisis SWOT membandingkan antara faktor eksternal peluang dan ancaman dengan faktor internal kekuatan dan kelemahan. Faktor internal dimasukan kedalam matrik yang disebut matrik faktor strategi internal atau IFAS (Internal Strategic Factor Analisis Summary). Faktor eksternal dimasukkan kedalam matrik yang disebut matrik faktor strategi eksternal EFAS (Eksternal Strategic Factor Analisis Summary). Dari perhitungan Tabel Eksternal internal di peroleh titik X: 0,229883 dan Y: 2,66418.

Keywords


Strategi Pengembangan; Pariwisata; SWOT

Full Text:

PDF

References


Amrulloh, H., Mahmudah, M. 2020. Pembelajaran IPA SD/MI yang Menyenangkan. Malang: Pustaka Learning Center

Bilan, Y., Mishchuk, H., Roshchyk, I., Kmecova, I. 2020. An Analysis of Intellecutal Potential and its Impact on the Social and Economic Development of European Countries. Journal of Competitiveness. 12(1):22–38. https://doi.org/10.7441/joc.2020.01.02.

Safron, D. 2018. Penciptaan Kaligrafi Arab Teknik Timbul Dari Bahan Silikon. Skripsi. Medan: Universitas Negeri Medan

Sholikhan, M., Prasetyo, S.Y.J., Hartomo, K.D. 2019. Pemetaan Lokasi UMKM Kaligrafi Kabupaten Kudus Dengan Metode Location Based Service Sebagai Media Promosi Berbasis WebGIS. ICM Indonesian Journal of Computing and Modeling. 2(1): 8–16

Syafe’i, I. 2017. Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah : Jurnal Pendidikan Islam. 8(1): 61–82. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2097

Zarnuji, A., Amrulloh, H., Azizah, I.N. 2018. Pengabdian Masyarakat Berbasis Riset: Pemanfaatan Sekam Padi Menjadi Kertas Sebagai Media Kaligrafi. Lampung Tengah: Wali Songo Sukajadi.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i1.19798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo