Dampak Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Motivasi Konsumen Pada Produk Pakaian Kaos

Bahtyar Hardyansyah Syihab, Abdul Qadir Hakimi, Muhammad Jihadi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi konsumen; mengetahui medias sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian; mengetahui motivasi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan dengan penyebaran kuesioner ke 100 responden menggunakan 12 pertanyaan yang ajukan pada masyarakat berumur 21 sampai 30 yang berlokasi di Malang. Pengamatan awal dilakukan selama satu bulan sejak awal Febuari 2023. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Data diproses dan dianalisis menggunakan analisis SEM PLS. Berdasarkan pembahasan, maka hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: 1) medias sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi konsumen; 2) medias sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian; 3) motivasi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian


Keywords


Sosial Media; Motivasi; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Adolf, L. P. M., Lapian, S. L. H. V. J., Tulung, J. E., Pascal, L., Adolf, M., & Lapian, S. L. H. V. J. 2020. The Effect of Social Media Marketing and Word of Mouth on Purchase Decisions At Coffee Shops in Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 126–135.

Aliyah, K. A. 2017. Pengaruh Promosi Melalui Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian dengan Viral Marketing Sebagai Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Steak & Resto Karanganyar). Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Surakarta: Institut Agama Islam Negeri Surakarta

Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Mitra Wacana Media. Jakarta

Assael. 2017. Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Viral Marketing Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen SFA Steak & Resto Karanganyar. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Surakarta: Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Badan Pusat Statistik. 2019. Jumlah Penduduk Kecamatan Sukun Menurut Kelurahan dan Jenis Kelamin, 2011-2020. BPS Kota Malang.

Batee, M. M. 2019. Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 2(2), 313-324.

Buckley, C., & Clark, H. 2017. Fashion and everyday life: London and New York. Bloomsbury Publishing.

Dewi, S. K., Siburian, P. S., & Indriastuti, H. 2017. Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen, 9(2), 105-110.

Istiqomah. 2017. Penggunaan Media Sosial Dengan Tingakt Agresivitas. Jurnal Insight Fakultas Psikologi, 13, 2.

Kotler Philip dan Kevin L. Keller, 2016. Manajemen Pemasaran, Global Edition. Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Lukito, W. A. 2020. Pengaruh Promosi dengan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Ortuseight Pada Masyarakat Tanjung Morawa. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 1(2), 90-95.

Mavilinda, H. F. 2020. Analisis Pengaruh Motivasi Hedonik Terhadap Pembelian Impulsif Melalui Pencairan Produk Sebagai Variabel Yang Memediasi (Studi Kasus Pada Produk Fashion di Media Sosial Instagram). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 18(2), 97–112

Mulyansyah, G. T., & Sulistyowati, R. 2021. Pengaruh digital marketing berbasis sosial media terhadap keputusan pembelian kuliner di kawasan G-Walk Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1097-1103.

Nasrullah, Rulli. 2016. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Puspita, Diestutiace Lucky., Edy Yulianto., Sunarti. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Charles & Keith di Tunjungan Plaza Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya. Vol.34. No1 Mei 2016.

Puspitarini, D. S. and R. Nuraeni. 2019. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Vol. 3, 2019.

Robbins Stephen P, 2016, Perilaku Organisasi, Jilid 1 & 2, Alih Bahasa: Hadyana Pujaatmaka, Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta

Safdar, S., Goh, K., & Choubak, M. 2020. Clothing, identity, and acculturation: The significance of immigrants’ clothing choices. Canadian Journal of Behavioural Science/Revue canadienne des sciences du comportement, 52(1), 36.

Samsudin, Sadili, 2015, Manajemen Sumber Daya Manusia, Pustaka Jaya, Bandung.

Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2014. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Penelitian Pemasaran. Bogor: Katalog Dalam Terbitan (KDT).

Tjiptono, 2015, Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i2.19801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo